Rabu

RabuT09.10

Pahami Cara Menabung yang Benar untuk Kebutuhan Masa Depan

Cara Menabung yang Benar

Bagi sebagian orang, menabung bukan merupakan hal yang mudah. Banyak sekali godaan yang bisa saja mengganggu kita kapan saja sehingga banyak yang tidak menabung dengan alasan yang beragam, mulai dari godaan belanja sesuatu yang tidak penting, hingga kebutuhan mendadak. Sebenarnya apa yang bisa kita lakukan untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal seperti itu?

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tulisan tentang Cara Menabung yang Benar untuk mempersiapkan kebutuhan masa depan. Silakan disimak dengan cermat.

1. Buat "Tujuan" Rencana Menabung

Hal pertama dan yang paling dasar adalah membuat tujuan, apa yang hendak ingin kita capai dengan uang tabungan tersebut. Misalnya rumah, untuk tabungan hari tua, dan lain sebagainya. Yang penting jelas tujuannya dan itu benar-benar hal yang ingin kamu capai.

Lebih mudahnya, jika kamu memang pemula dalam menabung, kamu harus membuat rencana bulanan, berapa persen uang bulanan yang kamu sisihkan untuk menabung, lalu berkomitmen untuk melakukan hal itu secara berulang setiap bulan.

2. Hindari Membeli Barang yang "Kurang" Perlu

Belanja memang kadang suka bikin kalap. Bener apa bener? Jadi, tips kedua yang bisa kalian lakukan adalah hindari membeli barang yang dirasa kurang perlu. Maksudnya gimana, sol? Jadi ketika kita berbelanja, maka fokus pada apa yang ingin kita beli, kalau bisa tahan untuk tidak tergoda pada barang-barang lain yang bahkan tidak terlalu penting.

3. Lakukan Budgeting

Tips menabung

Tips yang ketiga lakukan Budgeting. Kamu bisa tetap jalan-jalan, nongkrong atau ngafe, itu semua tetep bisa lakukan, asal ada syaratnya. Budgeting! Bikin persentase berapa uang yang disisihkan untuk keperluan seperti ini. Misal 30 persen dari uang bulanan untuk jalan-jalan atau nongkrong. Nah ya berarti tidak boleh lebih dari segitu. Dan tetap kawal tujuan utama. Kalau perlu dibikin wallpaper atau note khusus baik di smartphone, atau di meja kerja. Itu sangat membantu.

4. Hindari Membeli Barang dengan Sistem Cicilan

Yup, ini tolong benar-benar diterapkan jika kamu menginginkan tujuanmu tercapai. Ya, benar. Hindari membeli barang apapun dengan sistem cicilan. Mengapa? Karena biaya cicilan cenderung lebih mahal, dan kadang itu yang mengacaukan agenda menabung bulanan kamu. Sebisa mungkin hal seperti itu dihindari. Kalau mau beli sesuatu, langsung cash, jangan cicilan bulanan lah, tahunan. Karena sistem finansial kita kadang mengalami fluktuasi (naik-turun), jadi untuk mengantisipasi agar tetap pada jalur menabung, maka hindari beli sesuatu dengan sistem cicilan. Okay..

5. Berinvestasi dan Cari Penghasilan Tambahan

Cara menabung untuk masa tua

Yang terakhir, ini juga penting. Investasi. Ada banyak teknik dan jalan untuk berinvestasi ini, loh. Kamu bisa melakukan investasi emas, investasi reksa dana pasar uang, investasi saham, tanah, dan lain sebagainya. Jadi dengan berinvestasi berarti kita punya "aset" selain uang, sehingga nilainya akan terus menerus meningkat dari masa ke masa. Pertimbangkan hal itu.

Kemudian juga cari penghasilan tambahan. Saya sudah menulis banyak tentang hal ini. Bisa nanti dibaca sendiri. Seperti artikel peluang usaha sampingan untuk karyawan, ada juga artikel tentang bisnis sampingan ibu rumah tangga, dan lain sebagainya. Selengkapnya bisa dibaca di bagian bisnis.

Senang rasanya saya bisa berbagi tips menabung untuk membantu teman-teman yang kesusahan dalam menabung. Semoga tips yang sedikit ini bisa bermanfaat. Dan komen di bawah ya, kalau kamu memiliki pertanyaan apapun. InsyaAllah akan saya jawab. Have a nice Day!

Related Posts

2 komentar:

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi