Rabu

RabuT17.02

Cara Mudah Edit Thumbnail Video Youtube Via Android

Cara Edit Thumbnail Video Youtube
Seringkali saya melihat channel yang menarik, mereka memiliki video yang berkualitas. Dan tentunya saat saya pertama kali melihat hal tersebut, yang paling menonjol adalah Thumbnail-nya. Benar, Thumbnail video itu sepertinya cukup menarik untuk dibahas.

Thumbnail Video Youtube merupakan salah satu hal yang cukup penting dalam menarik viewers atau penonton bagi sebuah channel Youtube. Bahkan, menjadi sebuah penentu apakah menarik atau tidak untuk ditonton, sehingga seorang Youtuber harus memperhatikannya.

Pada kesempatan kali ini, saya akan mengulas tentang bagaimana tutorial untuk mengedit Thumbnail Video Youtube agar menarik minat penonton untuk mengklik video kita, serta bagaimana langkah-langkah yang saya lakukan untuk membuat Youtube poster dengan mudah.

Alasan Thumbnail Video Youtube Harus Diedit

Jadi, biasanya setelah selesai upload video ke youtube, pihak Youtube otomatis memberikan Thumbnail otomatis yang mungkin bagi sebagian orang tidak menarik untuk diklik. Ada 3 pilihan dari mereka, dan kadang foto pilihan tersebut tidak sesuai dengan keinginan dan maksud kita. Oleh karena itu, kenali penyebab kenapa Thumbnail Video Youtube harus diedit.

  1. Ukuran Thumbnail terlalu besar, sehingga ada beberapa bagian yang mungkin terpotong
  2. Ukuran Thumbnail Video terlalu kecil, sehingga resolusinya pecah
  3. Tidak mewakili isi video seluruhnya
  4. Dan banyak alasan lainnya

Cara Membuat Thumbnail Video Youtube Menggunakan Fotor

Jadi sebelum ke pembahasan edit Thumbnail Video Youtube, kita terlebih dahulu membahas tentang bagaimana cara membuat Thumbnail Video? Jadi, saya menggunakan tools dari fotor. Nah, fotor sendiri adalah tools online yang bisa digunakan untuk mengedit foto, membuat Thumbnail Youtube, bisa juga untuk membuat banner twitter, dan kebutuhan visual lainnya.

Saya menggunakan fotor, karena di sini kita bisa eksplorasi banyak hal, seperti bisa menambah elemen, mengubah font, dan lain sebagainya, dan semua itu sudah disediakan, jadi tinggal dipakai saja. Oleh karena itu, langsung saja buka fotor.com kemudian ke bagian sign in, tinggal Login jika sudah memiliki akun, jika belum memiliki akun bisa pilih register (di bawahnya), bisa juga Login menggunakan Facebook, agar lebih mudah.

Sebenarnya untuk mengedit gambar di sini sangat mudah, asalkan kita memiliki kreativitas, sehingga bisa mempercantik Thumbnail Video Youtube. Berikut langkah-langkahnya!

  1. Cukup buka bagian desain
  2. Pilih Youtube ThumbnailFotor
  3. Kalian akan diarahkan ke laman kosong untuk mulai mengedit
  4. Upload foto yang ingin diedit
  5. Mulai desain sesuai kreativitasmuFotor

Kebetulan aku akan mengedit video yang sudah dipublish di channelku, tentang pembelajaran Tashrifan, karena aku merasa Thumbnail videonya kurang menarik jadi harus aku edit terlebih dahulu.

Begini hasilku dalam membuat Thumbnail Youtube dengan mudah, bahkan hanya butuh waktu 10 menit saja, Thumbnail sudah jadi. Lihat, bandingkan dengan foto saja tanpa editing, tentu berbeda, bukan? Pasti lebih menarik ketika kita mendesain foto tersebut, dengan menambahkan berbagai elemen menarik. Selamat mencoba!

Cara Mengatur atau Mengedit Thumbnail Video Youtube di Android

Setelah kita berhasil membuat desain untuk thumbnail video, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana cara kita mengedit ke video yang sudah diupload.

Oke, sebelum masuk kepada langkah-langkahnya, syarat yang pertama yang harus ada di Android kalian, adalah aplikasi Youtube Studio, karena kita akan menggunakan aplikasi tersebut untuk mengedit Thumbnail Video Youtube. Sesudah download, berikut langkah-langkah selanjutnya.

  1. Login ke aplikasi Youtube Studio, lalu akan ditampilkan video-video di channel kita
  2. Pilih video mana yang ingin diedit Thumbnail-nya
  3. Lalu klik ikon pensil di kanan atas
  4. Lalu klik ikon pensil lagi di pojok kiri atas
  5. Pilih Thumbnail Custom
  6. Tinggal pilih foto mana yang akan dijadikan sebagai Thumbnail Video Youtube
  7. Lalu klik save
  8. Dan berhasil

Demikian tutorial ini, saya buat dengan semudah dan segampang mungkin. Karena, kita semua sedang membutuhkan tutorial tentang hal tersebut, jadi saya berinisiatif untuk berbagi tutorial mengedit Thumbnail Video Youtube Via Android dengan Mudah.

Bagaimana, teman-teman? Apa ada yang ingin ditanyakan tentang proses editingnya, mungkin, atau tentang Tools dari fotornya sendiri. Let me know, okay? Kita terbuka untuk diskusi tentang apapun itu. Kalau ada kesalahan juga, bisa beri tahu aku melalui kolom komentar. Have a nice Day. 

Related Posts

4 komentar:

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi