Kamis

KamisT14.41

Daftar 11 Urban Legend Paling Terkenal di Indonesia

Urban Legend Indonesia

Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Indonesia juga tidak terlepas dari cerita mistisnya. Kisah mistis tersebut bahkan kerap disangkut pautkan dengan legenda atau budaya yang ada di Indonesia. Beberapa diantaranya seperti ilmu hitam maupun urban legend atau lebih sering disebut sebagai hantu paling menakutkan.

Istilah urban legend sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu dan tersebar dari mulut ke mulut sampai saat ini. Sekalipun sebenarnya belum ada bukti otentik yang bisa membuktikan kehadiran sosok ini, ternyata masyarakat masih cukup kental untuk mempercayai segala kisahnya. Nah, apakah kalian penasaran siapa saja urban legend Indonesia paling terkenal? Ini dia!

Ini dia, Urban Legend Terkenal dan Populer di Kalangan Masyarakat Indonesia 


1. Nenek Gayung

Siapa yang tidak mengenal sosok makhluk halus bernama nenek gayung? Sosok ini kerap disebut-sebut oleh masyarakat Indonesia. Makhluk halus satu ini sebenarnya terkenal karena begitu sering diperbincangkan oleh warga. Sebagian masyarakat mengatakan bahwa sosok nenek gayung ini sering kali menampakkan diri di pinggir jalan.

Tidak sedikit orang mengatakan sebenarnya penampilan nenek gayung tidak seram, pasalnya sosok tersebut hanya mengenakan pakaian sederhana. Hanya saja, kemunculannya selalu membawa gayung dari batok kelapa. Kemudian di tangan lainnya membawa tikar yang digunakan untuk memandikan jenazah di jaman dahulu.

Bagaimana postur tubuhnya? Menurut cerita dari mulut ke mulut, nenek gayung memiliki postur tubuh yang tidak terlalu tinggi. Kebaya berwarna hitam dan putih adalah ciri khas dari penampilan nenek gayung. Bahkan, yang membuat seram adalah rambutnya yang berwarna hitam sedikit beruban disertai dengan tatapan tajam dari mata sipit nan pucat.

2. Hantu Jeruk Purut

Kisah tragis seorang pastor yang terbunuh pada masa kolonial Belanda ini dikenal dengan nama hantu Jeruk Purut. Sosoknya dipercaya selalu berkerian di Taman Pemakaman Umum Jeruk Purut untuk mencari kuburannya sendiri.

Menurut pengakuan orang yang pernah melihatnya, sosok hantu Jeruk Purut ini sering berjalan-jalan dengan menenteng kepalanya. Tidak hanya itu, terdapat pula seekor anjing yang berwarna hitam legam dengan mata merah menyala.

3. Kakek Cangkul

Jika urban legend pertama adalah nenek gayung, maka urban legend yang tidak kalah terkenal di Indonesia adalah kakek cangkul. Sosok ini dikenal sebagai suami dari nenek gayung. Konon, sosok ini kerap muncul berjalan-jalan dengan membawa cangkul berkarat. Menurut cerita, kakek gayung masih bergentayangan karena jasadnya tidak dikuburkan dengan layak.

4. Mr. Gepeng

Semasa kalian duduk di bangku sekolah pasti tidak asing dengan sosok Mr. Gepeng, bukan? Urban legend satu ini dikenal sebagai sosok yang kerap muncul di toilet-toilet gedung pencakar langit dan sekolah.

Menurut cerita, hantu ini memiliki wajah bule namun mukanya gepeng dan hancur. Kematiannya disebabkan karena terjepit pintu lift. Bahkan, saking seramnya, banyak orang mempercayai bahwa hantu ini bisa dipanggil dengan melakukan ritual khusus.

5. Kuntilanak Merah Terowongan Casablanka

Pernah jalan-jalan ke Terowongan Casablanka di Jakarta? Apabila pernah, pasti kalian tidak asing mendengar cerita mistis bernama kuntilanak merah. Meski begitu, sejauh ini belum ada cerita jelas yang mengisahkan tentang asal muasal setan ini muncul.

Namun, menurut orang-orang disekitar bagi setiap kendaraan yang hendak lewat di terowongan Casablanka harus membunyikan klakson sebanyak tiga kali. Pasalnya, apabila tidak dilakukan maka akan terjadi kejadian menyeramkan seeperti kecelakaan parah. Meski kedengarannya sepele, sebaiknya kalian memperhatikan hal ini, ya!

6. Wewe Gombel

Sosok hantu berambut panjang dengan payudara besar dan menggantung sudah bukan lagi hantu asing di telinga masyarakat Indonesia. Wewe Gombel, begitulah disebutnya. Hantu ini  sering menculik anak-anak yang kurang kasih sayang dari orang tua.

Konon, anak yang sudah diculik oleh wewe gombel harus dicari dengan penuh perjuangan. Pasalnya, beberapa orang harus membunyikan beberapa barang agar wewe gombel mau keluar dan menampakkan dirinya. Kemudian, anak yang sudah ditemukan harus mandi menggunakan air kencing agar baunya tidak dikenali oleh wewe gombel.

7. Nenek Gerondong

Pernah menonton serial film di Indonesiar berjudul “Legenda Gunung Merapi” ? Jika pernah, pasti kalian ingat dengan sosok Nenek Gerondong, bukan? Sebenarnya, Nenek Gerandong adalah sosok perempuan tua yang kerap meminta nasi kepada warga sekitar, sayangnya tidak ada orang yang mau memberinya karena wajahnya terlalu seram.

8. Kuyang

Urban legend di Indonesia paling terkenal adalah Kuyang. Hantu ini muncul di Kalimantan dengan ceritanya yang menyeramkan. Sosok ini merupakan seorang wanita yang hanya memiliki kepala dan organ dalam. Kuyang selalu terbang dan mengganggu orang yang sedang hamil guna memainkan janin yang ada di dalam perut.

9. Nyi Roro Kidul

Seorang ratu cantik yang mampu menyebrangi lautan dengan kereta kuda kencana disebut dengan Nyi Roro Kidul. Sosok ini bahkan terkenal sampai sekarang, Sebenarnya, Nyi Roro Kidul adalah sosok mitologis yang menjadi penguasa pantai laut selatan. Oleh karena itu, orang yang berkunjung ke pantai tersebut dilarang menggunakan baju berwarna hijau.

10. Kolor Ijo

Kasus pemerkosaan di kampung Cijengkol pada tahun 2003 sontak membuat nama hantu kolor ijo mencuat di masyarakat. Kisahnya bermula dari pengakuan seorang gadis yang diperkosa oleh sosok bertubuh besar dengan banyak bulu dan mengenakan celana bewarna hijau. Konon, sosok ini adalah seseorang yang sedang menyempurnakan ilmu hitamnya dengan cara memperkosa seorang wanita.

11. Si Manis Jembatan Ancol

Sosok ini merupakan urban legend yang paling tua dan paling terkenal di Indonesia. Konon Si Manis ini adalah seorang perempuan bernama Maryam yang memiliki paras sangat cantik dan selalu direbutkan oleh para lelaki. Karena frustasi, akhirnya ia bunuh diri dengan cara lompat ke jurang dan jasadnya terbawa arus.

Setelah membaca kesebelas urban legend yang ada di atas, manakah yang kalian percayai ada? Jika benar ada, apakah seram atau malah membuat kalian ingin berteman dengan mereka? Hii!! Ngeri, bukan? Pastikan kalian tidak melihat sosok-sosok di atas saat malam hari atau saat sedang sendirian, ya!

Related Posts

6 komentar:

  1. Paling sering itu denger yang namanya Mr. Gepeng, katanya mati terus badannya kegencet jadinya gepeng. Ampe sekarang kalo denger bikin merinding

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terngiang-ngiang sampe sekarang ya kakak hehehe

      Hapus
  2. Paling hits jaman aku sd di tahun 98 yaitu Mr. Gepeng..
    di ketok 7x yaa..ntr dia dateng!
    wkkkk dan anak kecil percaya aja..

    BalasHapus
  3. Waktu kecil q takut hantu, banas pati
    Bola api yg melayang biasanya muncul di sawah, hutan, tegalan di musim kemarau

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi