Senin

SeninT18.17

Fitur-fitur Twitter yang Bakalan Muncul di Masa Depan, Netizen Siap-siap!

Kalau ditanya, apa fitur yang paling aku tunggu dari platform twitter? Maka jawabannya adalah fitur edit tweet. Entah apa nama fitur tersebut nantinya, yang penting fitur ini berguna banget bagi aku pribadi yang seringkali typo. Dan mungkin di antara kalian banyak yang menginginkan fitur tersebut juga. Ya, kan?

Baru-baru ini, jagat twitter diramaikan oleh munculnya kabar, bahwa pihak twitter sedang mempersiapkan fitur Undo Send, yakni fitur untuk menarik cuitan dalam waktu 5 detik

Fitur ini pertama kali diberitahukan kepada publik Oleh akun @wongmjane yang dalam cuitannya, ia menyebut bahwa pihak twitter sedang mempersiapkan fitur "Undo Send" timer. 

Namun, netizen mempertanyakan tentang fitur tersebut. Banyak yang bertanya apa bedanya fitur Undo Send dengan fitur delete tweet? Yang pada intinya, sama-sama menghapus tweet tersebut nantinya. Dan banyak juga yang berkomentar bahwa fitur ini tidak menambah fungsi apapun.


Makin seru nih, kalau aku ya sepakat dengan netizen, sebenarnya gini, yang kita butuhkan itu adalah fitur "edit tweet" dimana ketika terjadi kesalahan penulisan atau ejaan, kita dapat mengeditnya. Karena sering kali aku menemukan teman-teman yang ketika typo mereka langsung buat utas : "typo, seharusnya bla bla bla"

Nah, kan pihak twitter harusnya mempertimbangkan hal itu. Benar, nggak?

Selain fitur Undo Send, pihak twitter mungkin akan meluncurkan beberapa fitur lainnya yang menurut mereka "potensial" untuk masa depan. Fitur-fitur tersebut pertama kali dikonfirmasi oleh akun @MattNavarra pada Juli 2020 lalu, yang menyatakan bahwa mungkin saja fitur ini dipertimbangkan untuk "paid/subscription service".
Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut listnya:

FITUR-FITUR TWITTER DI MASA DEPAN, BAGAIMANA MENURUTMU? 


1. Custom Colors 


Fitur ini memungkinkan untuk mengubah warna font dan warna tema. Dan dapat diaplikasikan dalam berbagai bentuk, seperti links, mentions, hastags, dan icons, yang dapat muncul sesuai warna yang kalian pilih. 

So, what do you think about it? Apa fitur ini perlu atau tidak? Please, komen di bawah dan jelasin alasannya. Oke, next

2. Video Publishing


Biasanya maksimal upload video di Twitter itu 2.20 menit ya, maka dengan fitur ini, pengguna dapat upload video di platform twitter dengan durasi hingga 5 kali lipat lebih lama, dengan resolusi maksimal 8192 x 8192

Bagus sih ya, biar pengguna nggak ribet harus potong videonya karena durasi. Tapi i dont know, bakal worth atau nggak, secara kan twitter harusnya fokus sama cuitan ya, apa nantinya bisa menggeserkan fungsi utamanya? Hemm, what do you think, guys? 

3. Badges


Dengan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan badge di profil, yang menandakan "pekerjaan kita". Contohnya misal aku, seorang blogger nanti bisa mendapat badge yang menunjukkan blog.

Got it! I love this. Menurut aku pribadi, so cool, ketika kamu dan profesimu menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri dan mendapatkan badge khusus. Tapi sih ya, kadang ada juga yang merasa bahwa ini media sosial, untuk jangan terlalu over terhadap diri kita, pekerjaan, dan lain sebagainya. Ya, bebas beropini sih. Tapi bagi aku, ini inovasi yang bagus.

What about you, guys?

4. Auto Responses


Fitur yang bisa digunakan untuk membalas (reply) dengan otomatis. Fiks, menurut aku, fitur ini perlu dikaji ulang ya. Sebab, sebagai pengguna Twitter, yang kita butuhkan adalah respon manusia yang nyata.

Menurut kalian? Coba komen di bawah, biar pembaca yang lain bisa tau alasan kalian, pro atau kontra.

5. Social Listening


Fitur yang memungkinkan kamu untuk tahu, seberapa besar potensi orang-orang yang membicarakan kamu, termasuk volumenya, orang atau bisnis yang membicarakan tentangmu, dan apa yang mereka bicarakan. Mungkin ini semacam analisis gitu ya.

Untuk kemajuan suatu perusahaan, it's okay, and beneficial. The good ones. Let's see it

6. Brand Surveys


Dengan fitur ini, brand dapat melakukan Survey terhadap pengguna Twitter, tentang ketertarikan mereka, dan bagaimana pengguna tersebut mengomentari produk yang sedang dijual. 

W.. Wait, lalu apa fungsi fitur polling atau jajak pendapat yang telah ada di Aplikasi twitter? Hemm mari kita lihat bersama 

7. Custom Stickers and Hastags


Love this so much! Kalian sering melihat Hastag yang di ujungnya ada emoji-nya? Nah, dengan fitur ini, pengguna yang tergolong "paid/subscription service" bakal bisa custom stiker dan hastags sesuai keinginannya. 

8. Recruiting


Memungkinkan untuk terkoneksi dengan brand-brand, yang sedang looking for positions, atau ingin melakukan rekruitmen suatu brand. For me, it's truly beneficial. Karena selama ini, banyak banget pengguna yang melakukan "Twitter Please Do Your Magic" untuk mendapatkan suatu pekerjaan

Namun dengan akan adanya fitur ini, sepertinya bagus karena diberikan ruang khusus bagi pelamar dan yang ingin merekrut. Selain itu, menurutku agenda ini dapat meningkatkan kesadaran brand-brand di seluruh dunia untuk mengaktifkan kanal media sosial mereka, terutama twitter untuk kemajuan bisnis dunia. 

Gimana menurut kalian? Komen aja di bawah. Next. 

9. User Roles


Aku sering mendapati teman-teman yang menggunakan admin untuk mengelola akunnya. (seleb, maybe 😂). Fitur ini memungkinkan seseorang dapat mengelola akun kita tanpa harus memberi tahukan akses seperti email dan password. Jadi semacam kita mengizinkan akun A untuk ikut mengelola akun tersebut.

Apakah kalian termasuk pengguna Twitter yang sering open admin? 😂 Komen di bawah

10. Education


GOOD! Dengan fitur ini, dapat memberikan ruang yang lebih baik bagi teman-teman yang ingin belajar suatu informasi tertentu. Jadi, nanti mungkin semacam ada ruang khusus jika kamu minat edukasi di bidang blogging, misalnya. Kamu bisa ikut kelas blogging. Atau mungkin yang suka materi bahasa Inggris, bisa memungkinkan berkumpul dan membahas hal tersebut lebih intens di ruang yang disediakan.

Bermanfaat kan? Aku berharap sih, fitur ini bisa ada tanpa harus mengurangi porsi untuk berinteraksi layaknya media sosial lainnya.

Oke, cukup dulu, guys.. Bagaimana menurut kalian? Fitur mana yang perlu, dan fitur mana yang harus dikaji lagi, aku ingin tau pandangan kalian. Komen di kolom komentar di bawah. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi