Selasa

SelasaT17.25

Ketahui Manfaat Olahraga Badminton untuk Kesehatan

Manfaat badminton untuk Kesehatan

Berolahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh bagi orang yang melakukannya. Banyak olahraga yang bisa dilakukan, salah satunya olahraga badminton.

Olahraga ini mudah dilakukan oleh semua kalangan, tak terkecuali, baik tua, muda, semua bisa melakukan olahraga yang digemari hampir mayoritas penduduk di Indonesia. Banyak juga atlet bulutangkis yang menjadi favorit banyak kalangan, seperti Kevin Sanjaya, Jonatan Christie, dan banyak lagi.

Manfaat Badminton Bagi Kesehatan

Manfaat Badminton untuk Tinggi Badan
Selain itu, olahraga badminton memiliki segudang manfaat, baik bagi kesehatan fisik hingga kesehatan mental secara tidak langsung. Sadar atau tidak, setiap bagian tubuh yang bergerak aktif, dapat membantu meningkatkan fit dan daya tahan tubuh, dan ini sangat diperlukan di era-era pandemi seperti saat ini.

Berikut rangkuman 5 Manfaat Olahraga Badminton bagi Kesehatan Tubuh

1. Bantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat badminton yang pertama, yakni dapat membantu menurunkan berat badan. Bukan tanpa alasan, olahraga badminton sendiri masuk dalam kategori olahraga kardio, yakni sejenis latihan untuk memperkuat fungsi jantung. Semakin kuat jantung, maka semakin lancar pula darah mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Dengan badminton juga, dapat membantu menurunkan resiko obesitas. Kenapa? Karena dapat membakar kolesterol dalam tubuh, dan mereduksinya menjadi kolesterol baik atau HDL. Kegiatan seperti ini akan memberikan dampak yang signifikan untuk menurunkan lemak berlebih pada tubuh kita.

Dibanding olahraga lainnya seperti sepak bola, renang, dan berlari, badminton dipercaya mampu membakar paling banyak kalori, yakni hingga 450 kalori per jamnya.

2. Manfaat Badminton untuk Tinggi Badan

Selain mampu membakar kalori, olahraga badminton juga bermanfaat untuk meningkatkan tinggi badan, lho. Hal ini bukan tanpa sebab, pasalnya olahraga badminton memanfaatkan seluruh otot tubuh saat bergerak. Dan juga, dalam berolahraga, seringkali menggunakan tangan maupun kaki, alhasil pertumbuhan tulang di daerah tangan dan kaki menjadi lebih cepat. Sehingga tak jarang, banyak atlet bulutangkis atau badminton yang memiliki postur tubuh ideal dan tinggi badan yang proporsional.

3. Membuat Kulit Lebih Cerah dan Awet Muda. Kok bisa?

Bisa, penjelasannya mudah. Dengan bermain badminton, tubuh kita mengeluarkan keringat dengan maksimal. Sehingga, akan mengangkat kotoran-kotoran yang menutup pori-pori di kulit kita, dan membuat tubuh lebih bersinar tentunya.

4. Bantu Jaga Kepadatan Tulang

Dalam tubuh manusia, tulang berperan sangat penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan kita. Semakin tua, manusia akan mengalami resiko osteoporosis atau pengeroposan tulang. Untuk meminimalisirnya, hendaklah generasi muda rutin berolahraga, terutama berolahraga badminton karena manfaatnya yang dapat membantu menjaga kepadatan tulang-tulang di tubuh kita.

Hal ini reasonable (beralasan), sebab aktivitas bermain badminton mengaktifkan sel-sel pembentuk tulang, sehingga tulang dapat tumbuh dengan baik dan tentunya menekan resiko osteoporosis.

5. Menghindari Resiko Penyakit Berbahaya

Teman-teman, banyak resiko penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes, bahkan penyumbatan aliran darah, terjadi karena pola hidup yang tidak sehat. Banyak pakar kesehatan menyarankan agar kita senantiasa melakukan olahraga dengan rutin. Sebab, dengan berolahraga, tubuh mampu menciptakan imunitas yang baik, yang kehadirannya sangat berpengaruh dalam kesehatan tubuh manusia.

Seperti halnya badminton. Olahraga ini mampu mengeluarkan banyak keringat, sehingga hal itu yang dapat membuang racun yang ada di dalam tubuh secara otomatis.

Wah, Saya Ingin Lapangan Khusus untuk Bermain Badminton, bagaimana caranya?

Saya memiliki rekomendasi khusus jasa pembuatan lapangan untuk bermain badminton baik indoor maupun outdoor, yakni jasapembuatanlapangan.id yang mana, harga karpet badminton bervariatif, dan kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim mereka. Keren sekali, bukan?

Demikian teman-teman, jadi kesimpulannya, badminton memiliki banyak sekali manfaat untuk Kesehatan diri kita, seperti menurunkan berat badan kita, dapat meningkatkan tinggi badan, mencerahkan kulit dan membuatnya awet muda, bisa menjaga kepadatan tulang, bahkan hingga menurunkan resiko terkena penyakit berbahaya.

Hal ini menjadi reminder atau pengingat bagi diri saya sendiri, untuk tetap semangat dan berusaha berolahraga untuk sama-sama merasakan manfaat seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Oh iya, jika ada kritik atau saran, atau ilmu lebih yang berkaitan dengan manfaat badminton yang tidak diketahui oleh saya pribadi, bisa komentar langsung di kolom yang disediakan. Terima kasih telah membaca artikel ini. Semoga harimu menyenangkan :)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi