Sabtu

SabtuT04.24

5 Cara Menjaga Kondisi Tubuh di Masa Pandemi

Cara menjaga kesehatan tubuh saat pandemi
Kondisi pandemi yang terjadi saat sekarang ini membuat kita memerlukan perhatian ekstra terhadap kebugaran tubuh. Virus covid 19 terjadi akibat masuknya virus ke dalam tubuh dan virus tersebut menyerang saluran pernapasan manusia. 

Virus covid 19 akan menempel di area saluran nafas hingga paru paru. Virus ini akan menyebar melalui droplet batuk atau bersin. Organisasi kesehatan dunia telah menetapkan covid 19 sebagai pandemi global karena telah menyebar hampir ke seluruh area belahan dunia. 

Di awal penyebarannya tahun kemarin pemerintah menggalakan kampanye stay at home. Dimana semua aktivitas lebih terfokus dilakukan dirumah. Dengan harapan masyarakat Indonesia bisa terhindar dari covid 19. Banyak aktivitas diarahkan untuk dilakukan dirumah saja mulai dari bekerja, belajar sampai beribadah. 

Salah satu cara menjaga kondisi tubuh di masa pandemi dengan mengonsumsi multivitamin. Sebenarnya ada beberapa cara lagi yang bisa menjaga kondisi tubuh di masa pandemi. Berikut beberapa cara menjaga kondisi tubuh di masa pandemi : 

1. Mengonsumsi multivitamin 


 Multivitamin adalah produk kesehatan yang mengandung serangkaian vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tubuh manusia setidaknya membutuhkan tambahan nutrisi vitamin harian paling tidak 13 nutrisi.

 Kandungan multivitamin yang dibutuhkan manusia itu seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, asam folat, vitamin B12, vitamin D, vitamin E, biotin, kolin, inositol, kalsium, zat besi, magnesium, mangan, kalium dan zinc. Dengan mengkonsumsi multivitamin yang cukup maka tubuh kita akan terhindar dari beragam penyakit. 

2. Rajin mencuci tangan 


Pandemi Covid 19 menyebabkan kita lebih banyak perhatian terhadap kebersihan tangan. Karena virus bakteri covid 19 akan berhenti menyebar jika area tangan lebih terjaga kebersihannya. Rajin mencuci tangan merupakan salah satu cara yang paling mujarab dalam menghentikan penyebaran virus Covid 19. 

Cukup sediakan handwash dirumah dan selalu cuci kedua telapak tangan sehabis beraktivitas diluar rumah. Para ahli kesehatan menganjurkan mencuci tangan selama lebih kurang 20 detik untuk memastikan virus bakteri di area tangan terbasmi.

3. Menerapkan pola hidup sehat


 Terapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari hari. Seperti mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna dimana kandungan gizi yang lengkap kita santap sebagai menu sehari hari. Makanan 4 sehat berarti kita hendaknya mengonsumsi nasi, lauk pauk, sayur sayuran dan buah buahan, disempurnakan dengan susu. Sebenarnya pola makan 4 sehat 5 sempurna ini berarti tubuh kita telah terpenuhi oleh nutrisi lengkap seperti zat karbohidrat, lemak, protein, mineral dan multivitamin dari makanan kita. Jangan sering konsumsi makanan yang manis, asin dan mengandung lemak. Selingi aktivitas sehari hari dengan rajin berolahraga. 

4. Banyak mengkonsumsi air mineral 


 Menjaga daya tahan tubuh salah satunya dengan banyak mengkonsumsi air putih. Tubuh kita paling tidak membutuhkan air putih 8 gelas sehari berukuran 230 ml dengan total 2 liter. Air putih berguna untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh sehingga membuat tubuh kita terhindar dari dehidrasi

Karena sebanyak 60 persen bobot tubuh kita terdiri atas air. Cairan tubuh kita akan keluar melalui urine dan keringat ketika aktivitas kita lakukan. Dengan banyak mengonsumsi air mineral tubuh kita akan terjaga daya tahannya. Itu juga akan membuat kita terhindar dari sembelit, batu ginjal sampai keringnya kulit. 

5. Selalu berpikir positif 


 Tak dipungkiri berita tentang orang yang mengidap covid 19 terus di blow up di media massa. Hal ini membuat kita cemas berlebih. Perasaan cemas berlebih membuat imun tubuh semangkin menurun hingga menyebabkan banyak penyakit muncul. Dalam tinjauan ilmu kesehatan,dengan berpikir positif akan dapat mengurangi produksi hormon kortisol. 

Jika kita memiliki kadar hormon kortisol rendah maka kecil pula kita akan merasakan stress dan cemas berlebih. Jika kita berpikir positif selalu maka imun tubuh akan meningkat, tubuh akan menjadi kuat serta terhindar dari penyakit yang akan hinggap.

 Jangan sering merasakan cemas berlebih karena itu akan memengaruhi kondisi imun tubuh. Hasil penelitian mengemukakan jika perasaan positif akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. 

Related Posts

4 komentar:

  1. hai Isol, salam kenal.
    Iya ya konsumsi multivitamin sekarang itu jadi kebutuhan primer.
    Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh Allah SWT dan pandemi lekas berlalu aamin YRA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak, salam kenal juga. Iya bener, di masa pandemi seperti saat ini penting banget. Semoga selalu terjaga kesehatannya. Aamiin

      Hapus
  2. HArus banyak konsumsi air putih juga dan sebelum tidur saya juga selalu minum multiviamin !

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi