Senin

SeninT12.12

Penting! Kenali Gejala Awal Menstruasi Pada Wanita

Gejala Menstruasi
Menstruasi adalah hal yang lumrah dialami seluruh perempuan didunia. Menstruasi disebabkan oleh luruhnya sel telur yang tidak dibuahi, atau terjadinya pendarahan dari rahim melalui vagina. Siklus ini sering disebut datang bulan karena terjadinya menstruasi umumnya adalah sekali dalam sebulan. Durasi menstruasi adalah 4 hari hingga 7 hari.

Perempuan yang akan mengalami menstruasi biasanya mengalami perubahan, yakni berubahya suasana hati karena dipengaruhi oleh hormon. Tak sedikit pula perempuan yang akan mengalami menstruasi tidak sadar akan perubahan itu. Daripada sulit menebak akan datangnya menstruasi, berikut adalah gejala yang muncul saat akan menstruasi.

Bagaimana Gejala Awal Menstruasi?



Gejala menstruasi awalnya terjadi pada 7 hari menjelang menstruasi, dimana terdapat tanda tanda secara fisik yang sekaligus dapat mempengaruhi emosional. Namun kadang perempuan tidak menyadari akan hal itu sehingga terkadang pula banyak orang disekitarnya merasa kurang nyaman akibat perubahan emosional tersebut.

Nyeri Payudara


Gejala ini terjadi saat 1 hingga 2 hari sebelum haid nyeri payudara ini cenderung sebentar. Meskipun cukup mengganggu saat beraktifitas, nyeri pada payudara memberi tanda bahwa aliran darah pada tubuh cenderung cepat.

Munculnya Jerawat


Munculnya jerawat tak hanya saat salah menggunakan kosmetik ataupun skincare, munculnya jerawat juga dapat dipicu jika akan menstruasi. Jerawat yang muncul biasanya hanya 1 atau 2 saja sebagai tanda perubahan hormon dan akan hilang jika waktu menstruasi akan tiba

Mengidam Makanan


Istilah mengidam tak hanya terjadi pada perempuan yang sedang hamil saja, mengidam juga terjadi ketika perempuan akan menstruasi. Masih akibat perubahan hormon, menstruasi juga mengakibatkan seorang perempuan mendadak ingin makan makanan yang sebelumnya tidak ingin dimakan, atau biasa disebut mengidam.

Keputihan 


Keputihan adalah keluarnya cairan putih dari vagina, hal ini sebagai tanda yang paling sering dipahami oleh perempuan. Jadi ketika muncul keputihan sudah dipastikan akan menstruasi kecuali ada masalah pada rahim dan juga vagina.

Kram Perut Bagian Bawah


Kram perut ini disebabkan oleh otot rahim yang mulai menegang. Kram ini lama lama akan menjadi nyeri seolah perut sedang di tekan dan diperas sangat kencang. Tak jarang nyeri ini akan menjalar hingga ke punggung.

Perut Tidak Nyaman


Jika seorang perempuan yang sedang hamil akan merasakan mual dan muntah atau morning sickness, perempuan yang akan menstruasi juga merasakan hal yang sama. Namun mual pada perempuan yang akan menstruasi lebih membuat pencernaan tidak nyaman seperti mual, muntah, kembung hingga diare.

Cara Meminimalisir Rasa Sakit Saat Menstruasi


Gejala menstruasi tentu dapat mengganggu mobilitas hingga pekerjaan seseorang, tak dapat dipungkiri bahwa ketika menstruasi perempuan dapat mengalami kekurangan darah yang sangat hebat akibat derasnya darah yang keluar pada saat menstruasi. Berikut adalah cara yang dapat dilakukan guna meminimalisir rasa sakit saat menstruasi, antara lain :

Letakan atau kompres perut bagian bawah dengan air hangat yang dapat dilakukan dengan memasukkannya kedalam botol atau dengan menggunakan sapu tangan. Hal ini dilakukan agar nyeri yang terjadi pada perut bagian bawah dapat berkurang.

Lebih banyak minum air putih, banyaknya darah yang keluar tak hanya mengakibatkan kekurangan darah namun dapat juga menyebabkan kurangnya cairan dalam tubuh.
Mengurangi makanan yang mengandung garam dan juga minuman yang mengandung kafein. Hal ini dilakukan guna mencegah pembengkakan pada rahim.

Berolahraga secara teratur juga dapat dilakukan agar aliran darah pada tubuh dapat berjalan dengan lancar.

Mengonsumsi makanan bergizi dan kaya akan zat besi serta dapat ditambah dengan konsumsi vitamin E guna meningkatkan kekebalan tubuh.

Tanda Jika Menstruasi Tidak Normal


Siklus menstruasi umumnya adalah 7 hari dalam 1 bulan namun ada beberapa perempuan yang mengalami menstruasi lebih dari waktu normal. Gejala yang timbul saat menstruasi terkadang perlu penanganan yang serius agar tidak memberikan dampak buruk. Gejala menstruasi yang terlalu parah dapat memicu gangguan pada rahim, beberapa gejala yang perlu penanganan khusus adalah :

Siklus menstruasi tidak normal dimana terdapat perempuan yang mengalami menstruasi lebih dari 14 hari, yakni mencapai 35 hari tiap bulan.
Warna darah tidak normal.

Jumlah darah yang keluar sangat banyak hingga mengharuskan ganti pembalut dalam waktu yang cukup sering.

Rasa nyeri yang berlebihan hingga mengganggu aktivitas dan juga pekerjaan,
Sering mengaluarkan gumpalan darah yang banyak dan cukup sering.

Siklus menstruasi tidak stabil, bahkan tidak mengalami menstruasi dalam waktu lebih dari 3 bulan.

Jika perempuan mengalami hal seperti diatas, ada baiknya langsung konsultasi pada dokter atau pihak yang berkompeten di bidang kesehatan. Karena gejala menstruasi yang tidak normal dapat menimbulkan penyakit dalam khususnya pada rahim. Beberapa kemungkinan yang akan terjadi ketika menstruasi tidak normal adalah timbulnya penyakit pada rahim, tumbuhnya kista dan juga dapat mengganggu siklus reproduksi lainnya.

Nah, uraian diatas adalah pentingnya mengenali sejak dini gejala gejala yang muncul saat menstruasi jangan sekali kali mengganggap remeh jika terjadi hal yang kurang baik di tubuh karena akibatnya akan fatal. Ada baiknya laki laki pun juga perlu untuk mengetahui hal hal yang terjadi pada perempuan saat menstruasi agar dapat menambah pengetahuan. Semoga uraian diatas dapat membantu, sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi