Rabu

RabuT12.29

Kumpulan Takjil Kekinian Untuk Buka Puasa 2021

Takjil kekinian
Memasuki bulan ramadhan 2021, kalian pasti sudah dibingungkan dengan menyusun rencana menu takjil. Bagaimana tidak? Momen spesial seperti bulan puasa memang sudah banyak dinanti oleh kaum muslim. Tidak heran jika banyak yang mencari referensi menu takjil kekinian untuk buka puasa 2021. 

 Apa Itu Takjil? 

 Makanan ringan yang disantap menjelang buka puasa biasa disebut dengan takjil. Istilah ini marak di Indonesia, meski sebenarnya kata takjil berasal dari serapan bahasa Arab. Berdasarkan bahasa Arab, takjil dimaknai sebagai sesuatu yang menyegarkan saat disantap waktu buka puasa. Biasanya berupa makanan ringan dengan rasa manis yang mudah didapat.

 Apabila mendengar kata 'Takjil' orang Indonesia pasti akan langsung tertuju pada kolak. Makanan ini merupakan santan manis yang berisi pisang, ketela, umbi jalar dan umbi-umbian lain yang direbus. Kemudian saat merebusnya dicelupkan pandan untuk menambah rasa sedap dan memperkuat aroma wangi. 

 Referensi Menu Takjil Kekinian Untuk Buka Puasa di Tahun 2021 

 Perlu diketahui, di Indonesia takjil tidak melulu berupa kolak, melainkan ada menu lain yang tidak kalah lezat. Apalagi di tahun 2021 ini, sudah banyak bermunculan menu takjil kekinian hasil kreasi masyarakat. Kira-kira apa saja menu takjil kekinian tersebut? Penasaran? Simak ulasan berikut ini! 

1. Silky Puding 

Silky Pudding
Bagi kalian yang suka menyantap takjil ringan dan manis, maka silky pudding adalah takjil paling direkomendasikan. Mengapa?Pasalnya makanan ini memiliki tekstur lembut dengan rasa manis yang pas. Apalagi jika disantap dalam keadaan dingin, yummy! Dijamin sensasi buka puasa kalian pastilega. Silky puding sendiri bisa kalian buat dengan mudah tanpa membutuhkan bahan-bahan yang murah.

 Makanan ini terbuat dari campuran tepung puding dan agar-agar. Kemudian ditambahkan gula dan perasa makanan alami guna menambah kenikmatan takjil ini. Bagaimana cara memakannya? Karena teksturnya yang lembut dan kenyal, maka sangat disarankan menggunakan sendok kecil saat menyantapnya. Tidak hanya itu, silky puding pada umumnya tidak disajikan menggunakan wadah serta tidak bisa dipegang dengan tangan. 

Selain itu, silky puding juga bisa kalian santap dengan cara unik, yakni menggunakan sedotan plastik. 

2. Dessert Box 

Takjil dessert box

 Siapa yang tidak kenal dessert box? Kaum milenial jaman sekarang pasti tidak asing lagi dengan makanan ini. Siapa sangka jika dessert box bisa jadi pilihan menu takjil untuk buka puasa di ramadhan tahun 2021 ini? Rasanya yang manis dan lumer di lidah akan membuat kalian ketagihan.

 Sepertinamanya,dessertboxmerupakanmakananpenutup(cake)yangadadidalamkotak makanan. Berbeda dengan dessert biasa yang disajikan di piring, dessert box bisa langsung dimakan daritempatnya. Makanan manis yang ditata dalam kotak bening ini biasanya terdiri dari beberapa lapisan seperti kue sponge, krim lembut, taburan bubuk coklat, biskuit sebagai toping, dan lain sebagainya. 

3. Klepon 

Klepon takjil

 Makanan khas Jawa yang tidak kalah trend di tahun 2021 adalah klepon. Makanan ini memang bukan tergolong cemilan kekinian, melainkan cita rasanya yang khas membuat makanan ini begitu digemari dan membuat penggemarnya tidak merasa bosan. Klepon merupakan makanan yang terbuat dari tepung sagu yang diberi warna hijau. Sebagai isian, di dalam klepon diberi gula merah kemudian dikukus menggunakan api sedang. Setelah matang, klepon berbentuk bulat akan dilumuri dengan parutan kelapa. 

 Makanan ini bisa kalian nikmati sebagai takjil buka puasa. Tekstur kenyal dan gula merah manis yang lumer di lidah dijamin akan membuat tenaga kalian kembali setelah berpuasa seharian. Apalagi jika kalian menyantap klepon didampingi dengan teh manis hangat, dijamin momen buka puasa akan semakin nikmat. 

4. Jus Kurma 

Jus kurma
Makanan asal negara Arab ini seolah menjadi santapan khas yang tidak pernah terlupa untuk buka puasa. Rasanya yang manis dan terdiri dari berbagai jenis membuat orang tidak pernah bosan menjadikannya takjil. Apalagi harga kurma di Indonesia juga semakin terjangkau dan mudah didapatkan. Jika selama ini kurma hanya dimakan dengan cara yang biasa, kini kalian bisa menyantapnya dengan sajian baru untuk takjil. 

Bagaimana? Yaitu dengan cara menjadikannya jus kurma. Takaran kurma bisa kalian sesuaikan dengan tingkat kemanisan yang diinginkan. Tidak hanya itu, usahakan mengambil kurma dalam jumlah ganjil ketika menjadikannya sebagai jus. Mengapa demikian? Pasalnya sunnah Nabi menganjurkan agar umatnya memakan kurma dengan jumlah yang ganjil. Bahkan, menurut penelitian medis, kurma yang disantap dalam jumlah ganjil bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk melengkapi asupan nutrisi selama berpuasa, kalian juga bisa menyandingkan roti bersama jus kurma. 

5. Es Garbis Serut 

 Selain keempat menu takjil di atas, kalian juga wajib mencoba es garbis serut sebagai takjil buka puasa nantinya. Takjil ini tidak kalah segar apalagi saat diminum dalam keadaan dingin. Untuk isiannya kalian bisa menambahkan cincau atau nata de coco yang masih fresh. Guna menambah nafsu makan, kalian juga bisa mengganti gula dengan sirup rasa-rasa. Usahakan memilih garbis yang masih segar agar santapan takjil kalian menjadi nikmat dan sehat. Lalu, bagaimana cara membuatnya?

 Cara membuatnya bahkan sangat mudah. Kalian hanya harus menyediakan buah garbis yang sudah matang, kemudian serut menggunakan serutan buah. Siapkan air matang yang sudah dicampur dengan gula manis atau sirup rasa-rasa. Masukkan serutan garbis yang sudah disiapkan. 

Kalian juga bisa memasukkan cincau yang sudah dipotong kotak kecil-kecil ke dalam es garbis serut. Itulah kumpulan takjil kekinian sebagai menu buka puasa di tahun 2021 ini.

 Semua daftar di atas bisa kalian jadikan referensi menu buka puasa, bahkan semua takjil tersebut bisa dibuat dengan mudah dan tidak menguras kantong. Bagaimana? Sudah siap menyambut ramadhan 2021?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi