Kamis

KamisT05.56

Menggunakan Pertamax Turbo Pada Motor, Bagaimana Efeknya?

Pertamax Turbo untuk Motor
Bahan bakar minyak atau BBM sempat menuai pro kontra saat isu kenaikan dan kelangkaan. Hal ini lumrah terjadi karena BBM lambat laun menjadi bahan pokok yang harus dipenuhi bagi masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor. Saya sendiri pengguna pertamax, dan cukup tertarik dengan adanya pertamax turbo ini. Fakta di lapangan menerangkan bahwa BBM dengan oktan tinggi dapat memicu pembakaran lebih baik salah satu BBM oktan adalah Pertamax Turbo.

Pertamax turbo menawarkan performa mesin lebih baik dan efisiansi bahan bakar yang optimal. Namun ketika pertamax turbo digunakan pada kendaraan bermotor dengan CC yang rendah, banyak masyarakat yang ragu atas klaim dari pertamax turbo tersebut.

Pertamax turbo hadir guna menggantikan pertamax plus yang memiliki angka RON 95 di Indonesia. Konidisi ini sama halnya dengan sesuatu yang terjadi pada pertamax yang menggantikan premix yang telah ditarik dari peredran karena dicurigai memiliki kandungan timbal yang tidak baik bagi kendaraan. Lantas bagamana fakta sebenarnya ketika pertamax turbo digunakan pada motor, berikut ulasannya

Benarkah Pertamax Turbo Efektif Untuk Motor ?

Apakah pertamax turbo efektif untuk motor

Bahan bakar non subsidi dari pertamina ini seyogyanya direkomendasikan untuk kedaraan yang memiliki mesin dengan performa tinggi. Jika membahas tantang pertamina turbi digunakan pada motor sebaiknya digunakan pada motor yang memiliki kapasitas mesin besar. Dikarenakan bahan bakar ini memiliki spesifikasi yang digunakan untuk kendaraan tertentu contohnya motor atau mobil dengan kompresi mesin 11-13:1 atau memiliki turbocharged.

Berbanding terbalik, jika pertamax turbo digunakan pada motor dengan CC yang rendah maka yang terjadi adalah bahan bakar tidak akan terbakar dengan sempurna. Alhasil pemakaian menjadi tidak efisien dan boros selain itu dapat menimbulkan flek pada mesin karena mengalami pembakaran lebih dari yang dibutuhkan oleh mesin.

Efek Samping Pertamax Turbo Pada Motor Dengan CC Rendah

Pertamax Turbo
Dampak yang terjadi ketika pertamax turbo digunakan pada motor dengan CC rendah adalah munculnya bercak merah seperti darah pada mesin. Kondisi ini banyak dialami oleh pengguna kendaraan bermotor dengan CC rendah yang memaksakan menggunakan pertamax turbo tentu dampak yang lebih parah adalah kerusakan pada kendaraan.

Oleh karenanya gunakan bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan jangan sampai mengikuti tren dengan pertamax turbo namun mengorbankan kendaraan. Lalu adakah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh pertamax turbo, berikut adalah kelebihan dan kekurangan pertamax turbo

Kelebihan Pertamax Turbo

Sebelum membahas tentang kelebihan, ada baiknya kita berkenalan dengan pertamax turbo terlebih dahulu. Pertamax turbo merupakan bahan bakar yang berasal dari pertamina yang didesain khusus untuk kendaraan dengan CC tinggi, mobil sport dan juga kebutuhan balapan. Pertamax turbo dengan RON 98 pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2016, pertamax turbo termasuk bahan bakar dengan kedudukan paling tinggi disbanding bahan bakar lain. Pertamax turbo merupakan bahan bakar khusus yang diproduksi di kilang Balongan Indramayu Jawa Barat.

Pertamax turbo dibandrol dengan harga 11.200 harga tersebut akan terus berubah seiring kedang perubahan harga minyak bumi. Pertamax turbo termasuk bahan bakar non subsidi untuk itu harga per liternya akan terus berubah. Pertamina mengklaim bahwa pertamax turbo sangat mumpuni dalam memenuhi kebutuhan bahan bakar kendaraan yang memiliki CC tinggi. Pada strategi promosinya pertamina sengaja menggandeng lamborgini dalam event balap internasional, hal ini menunjukkan bahwa pertamax turbo hanya diperuntukkan bagi kendaraan dengan karakteristik dan spesifikasi tinggi. Berikut adalah kelebihan yang ditawarkan oleh pertamax turbo :

1. Penyempurna Pertamax Versi Sebelumnya

Pertamax turbo adalah penyempurna pertamax plus dimana pada pertamax turbo terdapat Ignition Boost Formula (IBF) yang dapat digunakan untuk meningkatkan driveability atau kelincahan saat kendaraan digunakan.

2. Meningkatkan Performa Mesin

Pertamina turbo mampu meningkatkan performa mesin sehingga tenaga yang dihasilkan dapat keluar secara maksimal.

3. Menyempurnakan Pembakaran

Memiliki kadar oktan yang tinggi dapat berfungsi menyempurnakan system pembakaran bahan bakar yang dapat menjadikan kendaraan semakin irit.
Dapat Meningkatkan Perfoma Kendaraan
Dikarenakan torsi dan juga tenaga yang dikeluarkan semakin besar maka kendaraan yang memakai pertamax turbo akan jauh lebih cepat dibanding dengan yang memakai bahan bakar biasa.

4. Kendaraan Terasa Lebih Ringan.

5. Ramah Lingkungan

Pertamax turbo sudah memenuhi standarisasi euro 4 sehingga dapat dikatakan ramah lingkungan.

Kekurangan Pertamax Turbo

Jika ditarik kebelakang, pertamax turbo adalah bahan bakar yang dikambangkan oleh pertamina dan lamborgini untuk mesin dengan CC yang tinggi. Pertamax turbo juga pernah menjadi bahan bakar lamborgini pada turnamen balapan pada tahun 2016. Lalu adakah kekurangan yang dimiliki oleh pertamax turbo? Berikut pembahasannya

1. Mahal

Dengan memasang harga yang mahal, pertamina seolah sudah mampu untuk memetakan pertamax turbo untuk kalangan atas tentu dengan kendaraan yang memiliki spesifikasi khusus pertamax turbo.

2. Tidak Semua Kendaraan Cocok

Pertamax turbo di desain bagi kendaraan yang memiliki kompresi mesin 11 – 13 : 1 serta mobil yang memiliki fasilitas turbocharger dan supercharged.

3. Penyebaran Belum Merata

Penyebaran pertamax turbo belum merata di seluruh SPBU di Indonesia oleh karenanya pengguna pertamax turbo belum begitu banyak.

Nah, jadi begitulah ulasan tentang pertamax turbo kelebihan serta efek yang ditimbulkan jika maksa menggunakan pertamax turbo pada kendaraan yang memiliki CC rendah. Tetap patuhi spesifikasi kendaraan agar dapat digunakan secara optimal dan juga nyaman. Semoga dapat membantu, sampai ketemu di pembahasan berikutnya!

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi