Sabtu

SabtuT16.55

Susu Tinggi Kalsium untuk Menguatkan Tulang dan Gigi

Siapa yang tidak suka minum susu? Minuman ini sangat tinggi kalsium sehingga cocok dikonsumsi bagi kalian yang ingin menjaga kesehatan tulang. Bahkan, susu dengan kandungan kalsium yang tinggi bisa memberikan berbagai manfaat. Apa saja? Bagi yang masih belum tahu, simak ulasan di bawah ini:

Perbedaan Susu Biasa dengan yang Tinggi Kalsium

Sejauh ini masih banyak yang kurang paham mengenai perbedaan susu biasa dengan yang tinggi kalsium, sehingga tidak heran jika salah mempersepsikan. Padahal, perbedaan tersebut sangat penting diketahui sebelum dikonsumsi. Mengingat setiap kandungan yang ada di dalam susu memiliki manfaat yang berbeda.

Susu biasa adalah susu yang bisa dikonsumsi sehari-hari, misalnya yang kandungan gulanya sedikit. Aturan meminumnya juga paling tidak dua kali sehari. Susu biasa ini sangat mudah diperoleh di berbagai toko makanan. Harganya juga cenderung lebih terjangkau di pasaran.

Sedangkan susu tinggi kalsium diperuntukkan khusus bagi orang yang ingin menjaga kesehatan tulang. Produksi susu di Indonesia sendiri sudah banyak mengeluarkan varian produk susu tinggi kalsium, mulai dari untuk bayi hingga lansia. Untuk harganya memang sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan susu biasa.

Inilah Tujuh Manfaat Susu Tinggi Kalsium yang Penting Diketahui

Setelah mengetahui perbedaannya, kalian juga harus mengetahui manfaat susu tinggi kalsium lebih dahulu. Jangan asal membeli karena sangat penting mengetahui kebutuhan nutrisi yang ada dalam tubuh kalian. Lantas, apa saja manfaat dari susu tinggi kalsium bagi tubuh dan kesehatan? Iniulasannya!

1. MenguatkanTulang

Manfaat pertama yang bisa kalian dapatkan jika mengkonsumsi susu tinggi kalsium adalah tulangmenjadisemakinkuat.Apalagijikakalianmeminumnyasaatmasihberusiabelia,

kemungkinan terkena osteoporosis ketika tua semakin kecil. Tetapi, apakah artinya susu tinggi kalsium hanya bisa memberikan hasil jika dikonsumsi di usia remaja?

Tentu saja tidak! Orang dewasa yang berusia di atas dua puluh lima tahun bahkan bisa merasakan manfaat ini. Hanya saja susu yang diminum harus sesuai dengan usia dan takaran yang dianjurkan. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan dengan dokter, ya?

2. Memperkuat Gigi

Susu dengan kandungan kalsium yang baik bisa membantu memperkuat gigi kalian. Mengkonsumsi susu ini akan membuat gigi kalian tidak mudah berlubang dan permukaannya tidak mudah rusak.

3. Bisa Mencerahkan Kulit

Siapa sangka jika ternyata susu yang memiliki kandungan kalsium tinggi bisa membuat kulit lebih cerah? Kalian pasti tidak menyadarinya, bukan? Untuk mendapatkan manfaat ini, kalian dianjurkan mengkonsumsinya satu gelas per hari.

Kandungan nutrisi yang ada di dalam susu tinggi kalsium akan membantu tubuh terlihat lebih cerah. Tidak hanya itu, kandungan asam laktat turut berfungsi sebagai enzim yang menghaluskan kulit. Selain laktat, susu tinggi kalsium juga mengandung asam amino.

Asam amino dan antioksidan dapat membantu menjaga kelembapan kulit, mencegah iritasi akibat kerusakan lingkungan dan dari racun lingkungan. Akan tetapi, jika kalian mengalami alergi terhadap susu, maka jangan dikonsumsi karena akan memperburuk kondisi kulit.

4. Efektif Menurunkan Berat Badan

Tahukah kalian bahwa ada peneliti menunjukkan, bahwa wanita yang minum susu rendah lemak setiap hari, efektif menurunkan berat badan. Pasalnya, di dalam susu tinggi kalsium kebanyakan rendah lemak dan low sugar.

Bagaimana cara mengkonsumsinya? Caranya adalah dengan menambahkan segelas susu ke dalam menu sarapan. Misalnya roti, sereal, gandum dan lain sebagainya. Bisa juga diminum bisa setelah sarapan pagi.

5. Mengurangi Tingkat Stres

Apabila kalian merasa lelah dan penat setelah beraktivitas sepanjang hari, maka sebelum tidur konsumsilah susu tinggi kalsium. Susu ini akan membantu otot syaraf kalian yang kaku dan tegang. Dokter gizi juga membuktikan bahwa susu tinggi kalsium dapat meningkatkan energi di pagi hari.

6. Menjaga Kesehatan Jantung

Susu menjadi sumber kalium yang dapat meningkatkan vasodilatasi dan menurunkan tekanan darah. Hal ini dibuktikan dengan adanya sebuah studi yang dipimpin oleh Dr. Mark Houston Direktur Institut Hipertensi. Letaknya berada di Rumah Sakit St. Thomas, Tennessee.
Menurutnya, asupan kalsium yang tinggi dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular penyebab tekanan jantung. Tidak hanya itu, studi tersebut bahkan menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi 4069 mg kalsium per hari, memiliki risiko kematian lebih kecil.
Selain minum susu, kalian juga bisa menunjangnya dengan mengkonsumsi makanan lain. Seperti misalnya, jeruk, tomat, kacang, bayam dan masih banyak lagi. Bahkan kalian juga bisa makan yogurt, pisang ataupun prime. Hanya saja, untuk takaran ideal sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

7. Membentuk Otot dengan Cepat

Seperti yang diketahui, susu tinggi kalsium merupakan salah satu susu berkualitas tinggi. Pada susu tersebut terkandung asam amino esensial. Susu tinggi kalsium.bisa kalian dapatkan dari susu sapi murni yang belum dicampur dengan gula.

Susu tinggi kalsium kaya akan lemak jenuh yang dapat mencegah massa otot menjadi lebih kuat, sehingga energi dalam tubuh terjaga dengan baik. Apalagi mempertahankan jumlah otot adalah hal yang sangat penting, guna mendukung sistem metabolisme tubuh.
Selain itu, kalian juga memerluka protein susu yang dapat mendukung pertumbuhan dan perbaikan otot. Hal ini diutarakan menurut Today's Dietitian. Analisa yang dilakukannua menunjukkan bahwa lebih dari 20 uji klinis menunjukkan bahwa peningkatan asupan susu dapat meningkatkan massaotot.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat susu tinggi kalsium yang bisa kalian rasakan jika mengkonsumsinya. Kini, kalian tidak perlu ragu untuk mengkonsumsinya apalagi jika ingin menambah tinggi badan dengan cepat. Semoga ulasan di atas bermanfaat,ya?

Related Posts

2 komentar:

  1. yess, aku doyan susu dari kecil Faisol
    apalagi sekarang untuk rasa rasanya makin beragam aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener, sekarang udah bervariasi ya mbak

      Hapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi