Jumat

JumatT14.14

Pengertian Istilah Ngabuburit dalam Bulan Suci Ramadhan

Bulan suci Ramadhan sebentar lagi akan tiba suasana khidmat khas Ramadhan perlahan mulai terasa. Umat islam sering mengadakan acara keislaman dalam mengisi Bulan yang penuh rahmat ini. Mulai dari yang biasa hingga tak biasa, salah satunya adalah tradisi menunggu buka puasa atau sering dikenal dengan istilah ngabuburit.

Banyak sekali masyarakat yang sengaja menunggu buka puasa dengan melakukan kegiatan kegiatan keislaman. Namun ada juga yang mengisi dengan hanya berjalan jalan menikmati keindahan senja atau ngabuburit. Lantas bagaimana asal usul istilah ngabuburit tersebut, berikut ulasannya.

Bagaimana Asal Usul Istilah Ngabuburit?
Istilah ngabuburit diambil dari Bahasa Sunda yakni “burit” yang berarti sore hari atau menjelang maghrib. Sama dengan Jawa, Sunda memiliki istilah tersendiri dalam menyebut kurun waktu selama 24 jam yakni isuk isuk atau pagi, beurang atau siang hari, burit atau sore hari dan peuting atau malam hari. Selain ngabuburit terdapat juga istilah ngabubeurang atau menunggu siang.

Ngabuburit merupakan kata kata yang memiliki struktur khas Sunda yakni menggunakan awalan “nga” + pengulangan suku kata awal pada kata dasar + kata dasar sehingga terciptalah kata kata Ngabuburit. Tak hanya menunggu sore yang ketika bulan Ramadhan sama halnya dengan menunggu buka puasa, ngabuburit umum digunakan oleh masyarakat Sunda ketika sedang keluar rumah saat sore hari.

Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Ketika Ngabuburit Di Bulan Suci Ramadhan?

Terkadang masyarakat bosan jika kegiatan ngabuburit hanya itu itu saja, atau hanya menunggu saat buka puasa, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan saat ngabuburit yang tentunya positif dan meningkatkan keberkahan di bulan suci Ramadhan, diantaranya adalah :

Memasak Untuk Berbuka Puasa

Memasak adalah hal yang cukup menyenangkan bagi sebagian orang, terlebih bagi ibu rumah tangga memasak merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Selain meningkatkan kemampuan dalam hal memasak, kegiatan ini juga membuat waktu cepat berlalu. Tentu kegiatan ini sangat menarik untuk dilakukan karena secara tidak langsung akan mempercepat dalam menunggu waktu buka puasa, apalagi masakan yang dihasilkan akan terasa sempurna karena dilakukan dengan penih keikhlasan.

Berburu Takjil

Takjil merupakan makanan manis yang biasa dimakan saat berbuka puasa, saat Ramadahan penjual takjil menjamur dimana mana. Bahkan, terdapat pula yang sengaja membagikan pada pengguna jalan, para musafir yang kebetulan sedang di masjid atau di tempat tempat lain. Istilah berburu takjil kerap digunakan karena kegiatannya yang seru hingga tak terasa waktu berbuka telah tiba. Jika ingin berburu takjil, bisa di pinggir perempatan jalan, ujung komplek hingga masjid masjid.

Mengikuti Kegiatan Sosial

Tak hanya berburu takjil, mengikuti kegiatan sosial adalah kegiatan ngabuburit yang seru dan bermakna. Jika sebelumnya berburu takjil, kini dapat dilakukan dengan membagikan takjil kepada masyarakat. Tidak hanya waktu yang cepat berlalu, hal ini juga mampu memberikan keberkahan dan juga pahala terlebih di bulan Ramadhan.

Hunting Foto dan Video

Bagi yang tertarik dalam dunia fotografi dan videografi, hal ini merupakan cara yang pas untuk mengisi waktu ngabuburit. Dimana saat sore, banyak sekali objek objek yang menarik untuk diabadikan dalam foto maupun video. Sambil menunggu buka puasa, momen momen senja atau suasana langit yang indah dapat diabadikan.

Bisa juga sesi foto dalam event" Ramadhan, misal saat buka bersama teman-teman, dan lain sebagainya menggunakan outfit seragam batik, misalnya, tentu akan menjadi memori yang sangat mengesankan. 

Berbicara batik, banyak sekali batik nusantara yang bagus dan menarik, namun tentu harus memperhatikan cara untuk mencuci batik dengan baik dan benar. 

Mengadakan Buka Bersama

Buka Bersama atau bukber kerap kali dilakukan saat bulan Ramadhan. Kegiatan bukber merupakan kegiatan buka Bersama dengan keluarga, teman hingga orang lain yang memungkinkan. Selain menjalin silaturahim kegiatan bukber dapat menambah suasana buka puasa semakin bermakna.

Makanan Khas Saat Ngabuburit Di Bulan Suci Ramadhan 

Ada beberapa makanan yang pasti ditemukan saat ngabuburit baik ketika berburu takjil maupun buka puasa dirumah yang dapat menambah kenikmatan saat berbuka puasa, makanan tersebut diantaranya adalah :

Kolak 

Rasanya kurang afdhol jika berbuka puasa tanpa ditemani dengan semangkuk kolak. Rasa manis dari gula jawa dapat menambah kenikmatan saat membatalkan puasa. Terlebih tekstur ubi dan pisang yang cenderung mengenyangkan, dapat membantu menghindari kenyang berlebih saat makan berat.

Es Buah

Saat berpuasa tentu tenggorokan hingga kerongkongan terasa sangat kering, alangkah segarnya jika saat berbuka puasa minum yang manis dan segar seperti es buah. Saat Ramadhan pula mendadak para penjual es buah menjamur di sudut sudut jalan hingga pusat berbelanjaan jadi cukup mudah untuk menemukan minuman pelepas dahaga ini.

Makanan Manis

Sama halnya dengan kedua makanan diatas, makanan manis banyak dijumpai saat menjelang berbuka puasa. Sesuai dengan sunah yakni berbukalah dengan yang manis, maka banyak penjual kue kue manis hingga buah buahan di tepi jalan dan juga pasar petang. Kue kue yang dijual meliputi jajanan pasar, kolak, cendol, dan kue kue manis lainnya. Pembeli memilih kue kue ini biasanya agar dapat menunda lapar atau sekedar  mengganjal perut terlebih saat sedang melakukan perjalanan jauh.

Selain itu, kalian juga masih bisa berbisnis sembari menunggu waktu berbuka puasa, lho. Bisa dengan sambil menjadi agen pulsa di rumah masing-masing. Mudah, tidak ribet, dan yang terpenting menguntungkan. Kalian bisa memanfaatkan agen pulsa termurah rajapay.com 

Rajapay adalah aplikasi Agen Pulsa dan Pembayaran tagihan PPOB Termurah. Tersedia produk yang lengkap seperti pulsa all operator, Token PLN, Paket Data, PLN Pascabayar, BPJS, PDAM, Telkom, Multifinance,PGN dengan harga yang relatif murah.

Nah, jadi uraian diatas merupakan asal usul kata ngabuburit dan juga suasana khas saat ngabuburit bulan suci Ramadhan. Bagaimana sudah tak sabar bukan, dalam menyambut bulan yang penuh berkah ini, semoga senantiasa mampu memberikan keberkahan dan juga pahala yang melimpah. Jangan lupa untuk terus mengisi Ramadhan dengan kegiatan positif seperti diatas, atau dapat melakukan kegiatan yang positif lainnya. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Related Posts

1 komentar:

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi