Rabu

RabuT18.28

8 Metode Pembayaran Paling Populer dalam Transaksi Online

Metode Pembayaran Paling Populer dalam Transaksi Online

Selain mengedepankan kualitas produk atau jasa yang ditawarkan, salah satu hal penting yang harus dipertimbangkan dalam menjalankan bisnis online adalah metode pembayaran. Dengan banyaknya metode pembayaran yang dapat dipilih, pelanggan akan merasa senang berbelanja di toko Anda.

Beberapa jenis metode pembayaran paling populer yang biasa digunakan oleh pelanggan e-commerce atau toko online adalah:

  1. Cash on delivery (COD). Metode konvensional ini biasanya digunakan oleh para pembeli untuk meminimalisasi risiko kerugian akibat kecurangan atau ketidaksesuaian produk yang dipesan dengan produk yang dikirim. Meski terbilang aman karena pembeli dan penjual (kurir) dapat melakukan transaksi secara langsung, metode yang satu ini kurang efektif karena kedua belah pihak harus sama-sama meluangkan waktu untuk bertatap muka langsung.

  2. Transfer bank. Metode pembayaran yang dilakukan dengan mentransfer sejumlah uang dari rekening bank satu ke rekening bank lainnya ini paling banyak digunakan dalam transaksi online. Baik pembeli maupun penjual sama-sama tidak perlu meluangkan waktu dan tenaga untuk mengambil atau menyerahkan uang tunai. Namun, untuk melakukan metode ini, kedua belah pihak harus memiliki kepercayaan yang kuat satu sama lain agar terhindar dari risiko kerugian.

  3. Rekening bersama (rekber). Metode yang satu ini dilakukan atas kesepakatan bersama antara penjual dan pembeli. Setelah pembeli melakukan pembayaran pada penyedia rekening bersama, penjual tidak akan langsung menerima pembayaran. Jika produk yang dipesan sudah sampai di tangan pembeli, barulah penjual bisa menerima pembayaran dari rekening bersama yang digunakan. Metode ini biasanya digunakan untuk menghindari risiko penipuan dalam bertransaksi online.

  4. Kartu kredit. Selain transfer bank, kartu kredit juga menjadi salah satu metode pembayaran populer dalam transaksi online. Dengan kartu kredit, pembeli dapat lebih mudah melakukan pembelanjaan dengan jangkauan yang lebih luas, baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, pembeli juga tidak perlu membayar langsung tagihan belanja di waktu yang sama.

  5. Internet/mobile banking. Metode pembayaran yang paling sering digunakan saat belanja online ini lebih mudah dilakukan daripada transfer bank karena pembeli tidak harus mentransfer uangnya lewat mesin ATM, tetapi melalui situs atau aplikasi perbankan di smartphone yang sudah terintegrasi dengan sistem perbankan bank yang dituju.

  6. Virtual account. Hampir mirip dengan m-banking, metode pembayaran ini juga memerlukan aplikasi perbankan di smartphone. Dengan adanya virtual account, pembeli tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran karena setiap pembeli akan mendapatkan ID pelanggan yang sudah dimasukkan ke dalam sistem bank dan toko online yang bersangkutan. Metode ini dianggap cepat dan praktis sehingga cukup sering digunakan.

  7. E-money. Sistem pembayaran elektronik (e-payment) ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi tanpa harus mengakses akun perbankan. Pembeli bisa langsung melakukan pembayaran dengan mudah tanpa harus membuka aplikasi m-banking atau e-banking mereka karena biasanya, e-money sudah terintegrasi dengan sejumlah merchants.

  8. Cicilan tanpa kartu kredit (online credit). Metode pembayaran yang dilakukan dengan cara mencicil ini biasanya digunakan pembeli yang ingin melakukan kredit tanpa perlu memiliki kartu kredit. Beberapa jenis cicilan tanpa kartu kredit yang biasa digunakan antara lain adalah Akulaku, Kredivo, dan Indodana. 

Itulah beberapa metode pembayaran yang sering digunakan pelanggan saat berbelanja online. Untuk dapat mengakomodasi kebutuhan pembayaran tersebut, Anda sebagai pemilik toko online bisa menggunakan payment gateway Indonesia terpercaya seperti Midtrans. Layanan yang satu ini memudahkan Anda untuk menerima pembayaran secara cepat, mudah, dan aman melalui 24 metode pembayaran yang tersedia. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi