Rabu

RabuT11.40

Cara Ampuh Mengatasi Gatal Karena Jamur Kulit + Tips Mencegahnya

Jamur Kulit Tangan

Gambar : jamur kulit tangan

Halo guys? Pada kesempatan kali ini, aku akan berbagi informasi nih mengenai masalah kulit. Tentu banyak banget penyakit kulit, dan salah satu yang paling sering dialami yakni masalah jamur kulit. Infeksi yang ditimbulkan oleh jamur kulit membuat kulit gatal, sehingga harus dilakukan pengobatan. Kali ini akan dikupas mengenai bagaimana cara kita mencegah dan mengatasi masalah tersebut.

Apa itu Infeksi Jamur Kulit?

Jamur sendiri bisa tumbuh di mana saja jamur bisa ditemukan di tumbuhan tanah bahkan di permukaan kulit. Pada umumnya jamur yang tumbuh di kulit tidak menyebabkan masalah yang serius kecuali jika menyebar dengan cepat dibandingkan pertumbuhannya yang normal atau bisa juga karena masuknya jamur tersebut ke dalam lapisan kulit melalui luka.

Seperti yang kita ketahui, jamur cenderung mudah tumbuh di tempat yang hangat dan lembab sehingga infeksi jamur kulit juga biasanya terjadi pada area kulit yang mudah lembab. Contohnya dapat ditemukan di bagian kaki paha atau lipatan kulit.

Secara fisik, infeksi jamur terlihat seperti ruam atau ditandai dengan perubahan warna pada kulit yang juga disertai dengan gatal. Memang pada umumnya tidak menyebabkan masalah yang serius, akan tetapi dapat mengganggu karena sifatnya yang gatal.

jamur kulit bisa menyerang tubuh kita karena Infeksi jamur sendiri dapat menular akibat kontak langsung dengan jamur atau pakaian atau benda lainnya yang sudah terinfeksi sebelumnya. Kemudian Pertanyaan selanjutnya Bagaimana cara mencegah dan mengatasi infeksi jamur pada kulit? 

Cara Mencegah Tumbuhnya Jamur Kulit 

Jamur Kulit Kepala

Gambar : Jamur kulit kepala

1. Tetap jaga kebersihan 

2. Hindari menggunakan baju, handuk, atau pakaian yang digunakan oleh orang lain 

3. Pakai baju bersih setiap hari, terutama kaus kaki dan pakaian dalam

4. Pilih sepatu yang baik untuk sirkulasi udara

5. Keringkan badan dengan handuk yang kering

6. Hindari berjalan tanpa alas kaki

7. Lap dan bersihkan semua permukaan benda atau tempat yang digunakan oleh banyak orang. Seperti alat-alat gym atau matras

8. Hindari kontak langsung dengan hewan yang terindikasi terkena infeksi jamur kulit

Cara Mengobati Jamur Kulit

pengobatan anti jamur mampu bekerja dengan baik untuk mengobati infeksi jamur. Obat ini juga bisa membunuh jamur baik secara langsung maupun mencegahnya agar tidak tumbuh kembali. Krim anti jamur tersedia dalam bentuk obat otc atau pengobatan dengan resep. Jenisnya antara lain:

  • Krim/salep
  • Pil
  • Bedak
  • Spray/semprotan
  • Shampo

Obat OTC dapat membasmi jamur hingga bersih. Namun, jika infeksi jamur tersebut parah maka dokter memiliki rekomendasi obat anti jamur yang ampuh untuk mengatasi infeksi tersebut.

Selain menggunakan obat OTC atau obat dengan resep dokter, terdapat hal yang bisa dilakukan dirumah untuk menghilangkan infeksi jamur antara lain:

1. Menjaga area yang terkena infeksi jamur agar tetap kering dan bersih

2. Menggunakan pakaian baik sepatu kaos kaki ataupun pakaian lainnya yang berongga dan longgar sehingga kulit mudah bersirkulasi dengan baik.

Infeksi jamur memang Infeksi jamur mungkin tidak nyaman bagi kulit atau bahkan bisa terasa sakit dan perih. Dalam beberapa kasus, infeksi jamur bisa hilang dalam beberapa minggu atau bulan dengan pengobatan yang efektif.

Obat Jamur Kulit : Canesten

Canesten

Jika kalian mengalami infeksi jamur pada kulit, maka kalian bisa menggunakan canesten sebagai obat untuk mengatasi hal tersebut. Canesten sendiri merupakan salah satu produk dari Bayer yang dipercaya selama lebih dari 45 tahun untuk mengatasi gatal akibat jamur kulit dan telah digunakan di seluruh dunia. Untuk informasi lebih lengkap silakan kunjungi website resmi canesten untuk update lebih lanjut.


Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi