Selasa

SelasaT09.27

5 kelainan Tulang Belakang yang Perlu Kamu Ketahui

Source : alodokter

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang Spinal Disorder atau kelainan tulang belakang. Mulai dari pembahasan tentang Apa itu spinal Disorder, hingga macam-macam kelainan tulang belakang yang harus kalian ketahui.

Kelainan tulang belakang atau spinal Disorder merupakan satu kelainan yang terjadi pada tulang belakang yang mempengaruhi posisi atau kelengkungan tulang belakang. Fungsi tulang belakang antara lain sebagai penopang tubuh bagian atas serta pembentuk postur tubuh.

Pada tulang belakang yang sehat dan ideal akan memiliki sedikit lengkungan. Tetapi bila lengkungan tersebut berlebihan maka fungsi tulang belakang akan terganggu serta menyebabkan rasa tidak nyaman.

Tulang belakang mempunyai vertebrae atau 26 tulang yang memiliki fungsi sebagai pelindung serta penampang sumsum tulang belakang serta saraf. Jika terjadi kelainan tulang belakang maka akan timbul rasa nyeri yang mengganggu serta membatasi gerak tubuh. Berikut macam-macam kelainan pada tulang belakang.

Macam-macam Kelainan Tulang Belakang


1. Kifosis

kifosis dapat terlihat dari postur tubuh yang bungkuk. kelainan tulang ini disebabkan karena tulang belakang yang melengkung ke depan sehingga terlihat bungkuk. kondisi ini juga bisa menyebabkan tulang belakang terlihat lebih menonjol di punggung.

Kifosis dapat terjadi karena tulang keropos bisa juga karena terlalu membawa beban yang berat juga sikap tubuh yang salah ketika duduk, infeksi tulang belakang, spina bifida, osteoporosis, serta tumor pada tulang belakang. Kifosis juga menimbulkan rasa nyeri pada tulang belakang.

2. Lordosis

orang yang terkena lordosis memiliki tulang belakang yang melengkung berlebihan ke depan pada bagian punggung bawah. Lordosis sendiri sering dikenal dengan istilah swayback dan membuat bokong terlihat menonjol.

Garuda sendiri sering diakibatkan oleh beberapa hal antara lain obesitas cedera tulang postur tubuh yang buruk osteoporosis dan diskitis atau disebut peradangan ruang antara tulang belakang.

3. Skoliosis

pada penderita skoliosis tulang belakang cenderung melengkung secara berlebihan ke samping. Pada banyak kasus skoliosis memang cenderung ringan akan tetapi kondisinya dapat membuat semakin buruk seiring dengan bertambahnya usia. Kelainan ini mampu menyebabkan tulang belakang menjadi bengkok dan bisa memicu kelumpuhan atau juga gangguan fungsi paru-paru.

Salah satu jenis skoliosis yang disebut levoscoliosis menyebabkan tulang belakang bengkok menyerupai huruf C dimana posisi tulang belakang cenderung ke sisi kiri tubuh.

4. Spondylosis

spondylosis atau yang biasa dikenal dengan degenerasi tulang belakang ini tidak mempengaruhi tulang belakang, namun juga mempengaruhi bantalan tulang serta sendi. Kelainan ini umumnya disebabkan oleh gaya hidup sedentari obesitas serta kebiasaan merokok. Orang-orang yang sering melakukan olahraga yang melibatkan tekanan berulang pada punggung seperti atlet beban sepakbola dan senam memiliki resiko terkena spondylosis.

5. Spondylolisthesis

kelainan pada tulang belakang yang terakhir ini disebabkan karena pergeseran tulang belakang atau vertebrata dari posisinya karena struktur stres yang berulang-ulang. Bagian yang rawan terkena spondylolisthesis biasanya bagian punggung bawah.

Itulah kelima kelainan yang terjadi pada tulang belakang beserta penyebab-penyebabnya. Kalian bisa membaca lebih lengkapnya di artikel ini.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi