Minggu

MingguT05.47

Cara Memaksimalkan Teknologi Dalam Investasi dan Bisnis

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara memaksimalkan teknologi dalam investasi dan business. Indonesia merupakan salah satu negara yang semakin lama semakin mengalami perkembangan teknologi yang hampir menyentuh sebagian aspek dalam kehidupan. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa inovasi dalam teknologi semakin bermunculan dan tidak terbendung.

Financial Technology atau fintech merupakan salah satu bidang yang lahir dari hasil inovasi teknologi dalam bidang keuangan. Dalam hal ini bisa dilihat dari mudahnya akses keuangan yang bisa dilakukan dimana saja menggunakan m-banking, seperti membayar tagihan internet, listrik, telepon, tv berbayar, dan lain sebagainya. Sehingga kehidupan kita pun tidak bisa dilepaskan dari pentingnya teknologi informasi.

Pentingnya Memaksimalkan Teknologi Dalam Investasi dan Bisnis


Hampir seluruh perusahaan telah bergantung pada teknologi informasi, baik perusahaan skala kecil maupun besar. Teknologi informasi dapat digunakan sebagai media yang membantu peningkatan layanan bisnis yang dikelola. Saat ini banyak pelaku bisnis yang merasa perlu menerapkan teknologi informasi dalam lingkungan kerjanya karena kebutuhan efisien waktu dan biaya yang bisa didapat dengan menggunakan teknologi informasi. 

Simak 6 peran penting teknologi informasi dalam dunia bisnis berikut ini:

1. Mempermudah komunikasi

Saat ini untuk melakukan komunikasi semakin mudah, baik antara karyawan-atasan hingga produsen-pelanggan. Salah satu aplikasi atau media yang sering digunakan ialah email. Penggunaan email relatif lebih mudah untuk diakses daripada melakukan komunikasi melalui faksimile.

Sejumlah alat komunikasi juga berkembang dari tahun ke tahun yang bisa digunakan oleh banyak orang, seperti alat pertemuan online dengan sistem video yaitu webinar, sistem chat (chatting), voice over internet protocol (VOIP), dan lain sebagainya.

2. Sumber informasi yang lengkap

Saat ini semua informasi sudah bisa diakses dan didapatkan dengan mudah melalui internet, tak terkecuali informasi mengenai bisnis. Dengan banyaknya informasi mengenai bisnis yang dipelajari, kemungkinan besar akan membantu mengembangkan bisnis yang sedang dibangun. Selain itu akan mempermudah dalam memperoleh informasi mengenai kompetitor bisnis.

3. Manajemen data

Adanya sebuah inovasi bernama database, akan mempermudah perusahaan-perusahaan dalam menyimpan datanya. Sehingga beberapa perusahaan yang ada saat ini tidak memerlukan lagi lemari arsip yang berisikan dokumen-dokumen perusahaan.

Perangkat penyimpanan versi digital saat ini lebih dipilih oleh banyak perusahaan karena kelebihan-kelebihan yang didapatkan. Meskipun semua orang di perusahaan berada di lokasi geografis yang berbeda-beda, dokumen-dokumen yang tersimpan dalam server tetap dapat diakses dan tersedia.

4. Sistem Informasi Manajemen

Data yang dapat digunakan secara efektif dapat menguntungkan perusahaan. Data tersebut digunakan sebagai bagian dari proses perencanaan dan pelaksanaan strategis oleh perusahaan progresif. Perusahaan dapat melacak biaya, data penjualan hingga tingkat produktivitas dengan Sistem Informasi Manajemen.

Pelaku usaha bisa melacak profitabilitas dari waktu ke waktu, mengidentifikasi bidang yang perlu diperbaiki, dan memaksimalkan laba atas investasi dengan menggunakan sistem informasi tersebut. Penjualan dapat dilacak setiap saat oleh pihak manajer, sehingga penemuan angka yang lebih rendah dari perkiraan dapat langsung ditangani dengan mengurangi biaya item atau meningkatkan produktivitas karyawan.

5. Customer Relationship Management

Cara merancang dan mengelola hubungan terhadap pelanggan dapat perusahaan perbaiki dengan digunakannya teknologi informasi. Sebuah sistem yang bisa menangkap setiap interaksi yang dilakukan perusahaan dengan para pelanggannya, sehingga bagaikan data record, data kronologis pelanggan dapat tersimpan jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Contohnya saat terjadinya kesalahan pengiriman barang yang dipesan, lalu pelanggan menghubungi call center perusahaan mengenai barang yang dipesan. Dengan begitu transaksi yang pernah dilakukan dapat dengan mudah ditemukan karena seluruh interaksi yang dilakukan tersimpan dalam sistem CRM. Adanya CRM akan meningkatkan kinerja terhadap produktivitas dan memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Kamu harus baca : Apa itu P2P Peer to Peer Lending dalam Investasi

6. Aktivitas bisnis dapat dilakukan 24 jam

Tidak seperti toko offline yang aktivitas usahanya dibatasi oleh ruang dan waktu, kini dengan berkembangnya teknologi informasi akan memungkinkan para pelaku bisnis untuk melakukan kegiatan bisnisnya selama 24 jam. Para pelaku IT saat ini semakin gencar memanfaatkan kemajuan dan berkembangnya ilmu pengetahuan teknologi. Dengan tekonologi modern, bisnis bisa berjalan 24 jam, sehingga Anda bisa menghasilkan uang meski tidak sedang bekerja.

Untuk dapat terus berkembang, ada banyak persaingan yang sangat kompetitif di dunia bisnis yang harus dilewati. Agar bisa bersaing di dalamnya, dibutuhkan pengetahuan, kegigihan serta kreativitas yang harus terus diasah. Sudah sangat jelas bahwa kita juga membutuhkan teknologi informasi karena banyaknya fungsi dan manfaat yang bisa diperoleh.

Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Investasi

Banyak yang berpikir bahwa investasi hanya dapat dilakukan oleh orang-orang kaya yang memiliki banyak pengalaman. Kini sudah saatnya pemikiran seperti itu harus diubah. Nyatanya saat ini siapapun bisa melakukan investasi. Industri teknologi merupakan salah satu aspek yang membuat terjadinya perubahan tersebut.

Kita bisa dengan yakin dalam melanjutkan investasi karena sekarang sudah banyak aplikasi yang membantu dalam mengambil keputusan investasi. Dikutip dari laman entrepreneur.com, berikut ini beberapa pilihan jika ingin melakukan investasi dengan baik, yaitu:

Perangkat lunak perencanaan keuangan

Tak ada yang lebih penting mengenai pengetahuan komprehensif tentang situasi arus kas di dalam investasi. Kita akan mengalami kesulitan saat pemantauan saham dan investasi lainnya jika pemahaman yang dimiliki sangat minim. Sehingga resiko pengambilan keputusan yang berbahaya bagi portofolio akan lebih besar.

Dengan adanya inovasi berupa perangkat lunak perencanaan keuangan saat ini, dapat lebih memudahkan kita dalam melakukan aktivitas keuangan. Aplikasi yang ada saat ini memudahkan kita dalam menganalisis pasar, mengakses alat penganggaran dan berbagai fitur lainnya.

Melakukan komunikasi

Jika berhubungan dengan uang, kita harus melakukan komunikasi dengan penasihat keuangan yang sudah kompeten agar keuntungan yang didapat lebih optimal. Dengan dilakukannya komunikasi dengan pakar keuangan, secara khusus akan didapatkannya informasi terbaru mengenai apa yang terjadi di pasar.

Keamanan

Disarankan untuk lebih berhati-hati jika sebagian besar transaksi keuangan yang dilakukan melalui online. Hal tersebut dilakukan agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti serangan peretas dan pelanggaran keamanan lainnya yang bisa mengakibatkan kerugian finansial.

Dengan begitu lakukanlah pencegahan dalam menjaga keamanan data, seperti menggunakan password yang rumit atau lebih aman menggunakan verifikasi biometrik. Untuk mengurangi risiko intrusi, pastikan pula perangkat lunak telah diperbarui.

Baca selanjutnya : Mengenal Investasi Syariah yang Halal dan Menguntungkan 

Kesadaran Situasional

Untuk mendukung kegiatan investasi di pasar, disarankan untuk rajin membaca dan mencari informasi melalui internet. Saat ini kita bisa mencari berita dimana saja melalui ponsel atau PC menggunakan jaringan internet dan tidak perlu repot membaca koran seperti dulu. Kita juga bisa melacak berita utama yang dihubungkan dengan minat di aplikasi agregasi berita yang menggunakan AI di dalamnya.

Waktu yang dihabiskan dalam menjelajah internet tidak akan banyak karena aplikasi tersebut dapat membantu mengidentifikasi peluang secara otomatis. Dalam beberapa tahun ke depan pasar akan tampak berbeda dengan adanya potensi inovasi teknologi dalam merevolusi investasi.

Demikianlah artikel mengenai cara memaksimalkan teknologi dalam investasi dan business. semoga informasi yang dijelaskan dalam artikel ini dapat menambah pengetahuan pembaca, khususnya mengenai teknologi informasi dalam kegiatan investasi dan business.

Artikel selanjutnya : Daftar Aplikasi Investasi Emas Terbaik dan Terpercaya 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi