Jumat

JumatT12.57

Mengapa Kepadatan Tulang Menurun di Usia 30an? Ini Alasannya

Usia 30-an memang seringkali menjadi gambaran pencapaian hidup secara maksimal. Di usia ini, banyak terjadi pencapaian-pencapaian baik dalam lingkungan kerja maupun keluarga. Namun sayangnya, di usia itu juga metabolisme tubuh dan kepadatan tulang mulai mengalami penurunan.

Oleh karena itu, diperlukan perhatian ekstra untuk kesehatan tulang agar terhindar dari osteoporosis atau tulang keropos. Dan ternyata, penyakit osteoporosis tidak bisa dianggap remeh, karena itu dapat menyebabkan nyeri di daerah lutut maupun persendian.

Penyebab kepadatan tulang menurun yakni karena tubuh mengambil cadangan kalsium dari tulang. Terlebih lagi, pertumbuhan tulang baru lebih lambat dibanding kalsium yang diserap tubuh. Sehingga, tulang menjadi lebih berongga karena kandungan mineralnya semakin berkurang.

Ketahui faktor apa saja yang bisa mengurangi kepadatan tulang sehingga kita semua dapat mengantisipasi dan mengambil langkah pencegahan sejak dini. Berikut faktor-faktornya:

1. Kekurangan Kalsium dan Vitamin D

nutrisi sangat penting bagi kesehatan tubuh. Pola makan seseorang merupakan faktor utama yang mempengaruhi kepadatan tulang. Beberapa makanan yang mampu mensuplai kalsium yang berguna bagi tulang antara lain, ikan laut, keju, biji bunga matahari, serta bayam. Makan makanan tersebut akan sangat bermanfaat untuk mengurangi risiko terkena osteoporosis dan juga osteopenia sejak dini.

2. Merokok

tak dapat dipungkiri sebatang rokok memiliki banyak sekali kandungan yang berbahaya bagi tubuh. Selain menyebabkan gangguan pernafasan ternyata dengan merokok juga mampu membuat kehilangan kepadatan tulang dengan lebih cepat. Hal ini dikarenakan kandungan racun yang terdapat dalam rokok membuat tubuh tidak menyerap kalsium secara normal dari makanan yang dikonsumsi.

Sehingga tubuh menyerap kalsium yang terdapat dalam tulang karena tidak adanya asupan kalsium dari makanan yang terganggu tersebut. Oleh karena itu, berhenti merokok merupakan salah satu jalan terbaik untuk menjaga tulang sejak dini.

3. Jarang Berolahraga 

Siapa di sini yang jarang melakukan olahraga? olahraga ternyata tidak hanya baik untuk metabolisme tubuh saja, namun juga mampu menjaga kepadatan tulang jika di masa remaja sudah jarang Berolahraga, maka di usia 30 tahunan tulang akan lebih mudah Kehilangan kepadatannya.

Itulah tiga faktor yang mempengaruhi kepadatan tulang. Selain itu, Kalian juga bisa menghindari berbagai faktor tersebut dengan cara meminum suplemen yang mengandung kalsium, vitamin D vitamin C vitamin B6 serta mineral supaya kesehatan tulang tetap terjaga dan asupan mineral cukup untuk kebutuhan badan.

Contohnya kalian dapat mengkonsumsi CDR dengan strong bone formula yang diformulasikan untuk membantu mempertahankan kesehatan serta kepadatan tulang sebagai bagian vital yang menopang tubuh manusia CDR juga tersedia dengan berbagai rasa seperti rasa jeruk dan fruit Punch. Cek selengkapnya di situs resmi CDR ya! 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi