Rabu

RabuT13.00

Apa Itu Point of Sale? Apa Fungsi dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha?

Apa itu Point of Sale

Istilah Point of Sale (POS) pasti sudah tidak asing bagi para pengusaha. Betapa tidak, kehadiran dari Point of Sales ini sangatlah dibutuhkan untuk menjamin kegiatan usaha berjalan dengan baik. Namun, jika Anda belum mengetahui apa itu Point of Sale, tak heran jika sedikit asing dengan istilah ini. Oleh karena itu, artikel ini akan mengupas tuntas tentang apa itu Point of Sales, apa saja fungsinya, dan bagaimana manfaat Point of Sales bagi seorang pengusaha. Berikut ulasannya!

Apa itu Point of Sale? 

Point of Sales adalah sebuah sistem elektronik yang digunakan untuk menyelesaikan transaksi antara penjual dan pembeli. Sesuai namanya, Point of Sales adalah titik penjualan di mana transaksi diselesaikan. Dengan kata lain, Point of Sales adalah tempat kasir yang dilengkapi dengan mesin kasir.

Fungsi Point of Sale

1. Mencatat dan memproses transaksi

Sistem kasir mampu mencatat segala transaksi yang Anda input secara otomatis. Anda tidak perlu lagi mencatat setiap transaksi secara manual di dalam sebuah buku tebal karena seluruh penjualan sudah terekam dalam sistem. Dengan demikian, transaksi di toko Anda bisa berjalan dengan lebih cepat.

2. Mencatat stok barang yang tersedia

Pencatatan stok barang bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para pengusaha. Selain karena membutuhkan ketelitian yang tinggi, pencatatan stok produk juga sangat mempengaruhi cash flow usaha Anda. Untuk itu, setiap pengusaha yang memiliki modal berupa barang wajib memiliki sistem Point of Sale untuk mencatat stok barang dengan lebih baik.

3. Mengolah data penjualan secara langsung

Laporan penjualan adalah kunci untuk mengetahui performa usaha Anda. Tak hanya itu, laporan penjualan juga krusial dalam merancang strategi penjualan berikutnya. Dengan sistem kasir digital, transaksi-transaksi tercatat akan langsung diolah oleh sistem dan disajikan dalam bentuk laporan penjualan yang sangat mudah untuk dipahami.

4. Mengubah menu bisa jadi lebih mudah

Mesin kasir konvensional harus diprogram ulang untuk mengubah, menghapus, atau menambahkan item produk. Ketiadaan antarmuka yang intuitif membuat proses ini jadi cukup merepotkan. Hal ini tidak akan Anda temukan lagi jika menggunakan Point of Sales digital karena menambah, mengubah, dan menghapus menu semudah menambahkan kontak pada smartphone Anda.

5. Mencetak struk pembelian

Katakan selamat tinggal pada pencatatan struk dan kwitansi secara manual karena sistem Point of Sale yang sudah terhubung pada printer struk akan melakukannya untuk Anda. Hanya dengan beberapa sentuhan pada layar tablet, struk akan langsung tercetak dan bisa langsung diserahkan kepada pembeli. Praktis, bukan?

Manfaat Point of Sale Bagi Pengusaha

 Seluruh fungsi-fungsi Point of Sale di atas akan mendatangkan banyak manfaat bagi Anda selaku pengusaha. Berikut ini manfaat Point of Sales bagi usaha Anda.

1. Pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan

Dengan adanya aplikasi kasir mumpuni, proses transaksi bisa selesai dengan lebih cepat karena sistem yang sudah teroptimasi. Terlebih lagi jika Anda menggunakan Point of Sale Moka POS yang aplikasi kasirnya sangat mudah untuk digunakan. Dengan demikian, pelanggan Anda tidak perlu menunggu lama hanya untuk melakukan pembayaran.

2. Bantu meningkatkan penjualan toko

Sistem Point of Sales dapat mengolah dan menyajikan data penjualan dengan komprehensif sehingga Anda bisa membuat strategi penjualan yang lebih tepat untuk konsumen Anda. Dengan demikian, penjualan toko pun akan semakin baik karena cara pemasaran yang lebih tepat.

3. Toko berjalan dengan lebih efisien dan efektif

Kemampuan sistem aplikasi kasir yang dapat mencatat dan melakukan update stok bahan baku membuat Anda bisa tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan restock. Dengan demikian, Anda bisa memastikan belanja modal bahan baku bisa lebih efektif dan efisien. Tak hanya itu, Anda juga bisa mengetahui item apa saja yang paling laku dan yang tidak laku. Jadi, Anda tidak perlu buang-buang waktu lagi dengan produk yang kurang laku.

4. Membuat pelanggan jadi lebih setia

Point of Sale seperti Moka POS sudah dibekali dengan fitur Loyalty Program sehingga mampu merekam siapa saja pelanggan setia di toko Anda beserta item apa saja yang paling sering mereka beli. Dengan demikian, Anda bisa membuat promo khusus bagi para pelanggan setia sehingga semakin mendorong mereka untuk repeat order di toko Anda.

5. Bantu memproses berbagai macam pembayaran

Pembayaran kini sudah tidak hanya menggunakan uang tunai saja. Kini sudah banyak pembeli yang lebih memilih pembayaran secara digital dengan dompet elektronik ataupun dengan kartu debit dan kredit. Sistem Point of Sale seperti Moka POS sudah mampu mengakomodir itu semua, sehingga bisa semakin meningkatkan kenyamanan berbelanja pelanggan Anda.

Itu dia definisi, fungsi, dan manfaat Point of Sale yang harus Anda ketahui sebagai pengusaha. Seluruh fungsi dan manfaat di atas bisa Anda dapatkan dalam aplikasi Moka. Selain itu, Moka juga memiliki berbagai fitur lainnya yang sangat memudahkan para pengusaha. Mulai dari loyalty program, CRM Pro, Inventory Stock, hingga akses ke permodalan.

Tunggu apa lagi? Ayo gunakan aplikasi Moka untuk dukung usaha Anda dengan menikmati coba GRATIS Moka selama 14 hari di sini!


Related Posts

1 komentar:

  1. mau juga dong bang faizal tulisin buat rekalaba.com, rekalaba lebih bagus CS nya & lebih murah dari pada moka, berapa bayarannya? makasi

    kalau berminat buat rekalaba langsung kontek cs nya aja di websitenya: https://rekalaba.com

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi