T12.02

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi? Ini Jawabannya

Apa Fungsi Fakta dalam Teks Eksplanasi

Halo teman-teman? Terkadang, dalam soal ujian, maupun pertanyaan dari guru Bahasa Indonesia kita, sering ditanyakan mengenai Teks Eksplanasi. Apalagi untuk sekolah-sekolah yang berbasis kurikulum 2013, juga akan dibahas tentang teks Eksplanasi yang di dalamnya memuat fakta-fakta yang terjadi. Sebenarnya, "APA FUNGSI FAKTA DALAM TEKS EKSPLANASI?"

Pengertian Teks Eksplanasi

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang fungsi fakta dalam Teks Eksplanasi, kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu teks Eksplanasi.

Teks Eksplanasi adalah teks yang membahas mengenai mengapa dan bagaimana terbentuknya suatu peristiwa atau kejadian alam, ilmu, sosial, dan lain sebagainya. Karena seperti yang kita ketahui, segala sesuatu yang terjadi merupakan gabungan dari sebab-sebab dan dengan melalui suatu proses.

Kejadian-kejadian itulah yang nantinya bisa dijadikan suatu teks, untuk dinarasikan, dan dipelajari sehingga menambah wawasan.

Tujuan dari teks Eksplanasi adalah untuk menjelaskan fenomena-fenomena alam maupun fenomena-fenomena sosial yang dibentuk oleh campur tangan manusia.

Mengenal Fungsi "Fakta" dalam Teks Eksplanasi

Fungsi "Fakta" dalam Teks Eksplanasi yakni untuk menjelaskan kepada pembaca tentang bagaimana terjadinya suatu fenomena alam maupun sosial, dengan bukti-bukti nyata yang benar adanya.

Sebagai penutup artikel ini, jadi kesimpulannya, fungsi fakta dalam Teks Eksplanasi agar pembaca dapat memahami teks yang menguraikan suatu fenomena (baik alam maupun sosial) disertai dengan suatu kenyataan.

Demikian artikel kali ini, jika ada yang ingin ditanyakan, silakan berkomentar di kolom yang disediakan. Terima kasih

Related Posts