T05.19

Mengenal Cloud VPS Server, Kelebihan dan Kekurangannya

VPS atau virtual private server mungkin sudah tidak asing lagi bagi para pengembang layanan web hosting. Namun, bagi orang awam yang yang tidak begitu populer dengan istilah tersebut, istilah cloud VPS pasti terasa asing.

Cloud VPS server erat kaitannya dengan virtualization technology, dimana physical servernya akan diubah menjadi beberapa virtual machines sehingga dapat menjalankan sistem operasi dan aplikasi yang berbeda. 

Intinya, cloud VPS hampir mirip dengan shared hosting karena pada dasarnya ketika kamu menggunakannya masih berbagi satu server dengan pengguna lain. Namun, kamu tetap memiliki alokasi resources sendiri tanpa khawatir orang lain dapat mengakses data kamu. 

Lebih mudahnya kamu bisa membayangkan VPS tersebut sebagai rumah kontrakan. Dalam kontrakan tersebut kamu bebas menambahkan beberapa fitur dan dekorasi. Demikian pula dengan VPS, kamu bebas menggunakan slot VPS sesuai dengan kebutuhan website kamu. Namun, untuk menjalankannya kamu butuh keahlian teknis secara maksimal.

Jenis Cloud VPS Server

Setelah mengetahui pengertian tentang cloud VPS ini, kini saatnya kamu juga mengetahui tentang jenis-jenis dari cloud VPS ini. Seperti diketahui bahwa VPS hosting ini hadir dengan dua tipe yang berbeda, diantaranya adalah;

Managed VPS Hosting

Jenis VPS yang pertama ini, tim teknis profesional dari layanan hosting akan membantu kamu dalam mengelola server. Mulai dari backup, monitoring, pembaharuan sistem hingga pemasangan keamanan. Jenis ini cocok bagi kamu yang belum memiliki latar belakang IT yang mumpuni.

Unmanaged VPS Hosting

Kebalikan dari jenis yang pertama, penyedia layanan server hanya bertanggungjawab menyediakan koneksi jaringan. Mudahnya, seluruh pengoperasian, pengaturan hingga pemeliharaan VPS berada di tangan kamu sepenuhnya. Namun, untuk menguasai jenis VPS ini, kamu harus memiliki kemampuan teknis yang maksimal meskipun secara harga lebih murah.

Kelebihan Cloud VPS Server

Membicarakan tentang cloud VPS server tidak cukup hanya berkutat pada jenisnya saja, mengetahui tentang kelebihannya sehingga banyak yang menggunakannya juga tak kalah penting. Nah, berikut adalah beberapa kelebihannya;

Resources yang Lebih Terjamin

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya berdasar pengertiannya bahwa cloud VPS server tidak perlu berbagi resources dengan pengguna lain. Menggunakan VPS, sumber daya server seperti RAM hanya akan dialokasikan secara khusus untuk website kamu.

Performa Tidak Diragukan

Kelebihan selanjutnya yang dimiliki oleh VPS adalah hasil performa server yang lebih reliabel dan cepat. Dengan kelebihan ini kamu tidak perlu khawatir kalau virtual machine kamu akan mengalami downtime atau fluktuasi karena pengaruh pengguna lainnya.

Keamanan dan Privasi

Kelebihan lain yang tak kalah mengejutkan adalah adanya jaminan privasi dan keamanan untuk files atau database. Meski berada dalam satu server, kamu tidak perlu khawatir pengguna lain dapat mengakses data milik kamu, begitu pula sebaliknya. Selain itu terdapat pula fitur backup sehingga seluruh file akan terlindungi dengan baik dan bisa pulih secepatnya apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Skalabilitas

Keistimewaan dari VPS hosting adalah kamu hanya perlu membayar dan menyewa sumber daya server yang diperlukan. Jika nantinya website yang kamu kelola berkembang lebih pesat dan membutuhkan resources tambahan, kamu hanya perlu meningkatkan disk space, CPU atau sumber daya server lainnya dengan lebih mudah.

Pengontrolan Lebih Mudah

Jika suatu hari nanti, kamu perlu berbagi server dengan pengguna lain, kamu akan tetap mudah untuk mendapatkan root ke server kamu sendiri. Di samping itu, kamu juga bebas memilih sistem operasi dan aplikasi yang dipasang dan bebas mengatur kustomisasi sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Cloud VPS Server

Memiliki kelebihan VPS hosting juga tidak luput dari adanya kekurangan, yaitu;

Wajib Menguasai Kemampuan dan Pengetahuan Teknis

VPS hosting memberikan kebebasan dalam kustomisasi dan kontrol, tapi juga menuntut kamu untuk menguasai teknis pengoperasian servernya serta memahami aplikasi apa saja yang perlu dipasang. Namun, pemasangan konfigurasi server bisa berakibat fatal pada website dan rawan mendatangkan masalah keamanan jika tidak paham.

Sedangkan bagi penyedia layanan hosting, banyaknya server akan menyulitkan untuk memelihara dan menjaga uptime agar tetap stabil.

Harga

Dibandingkan dengan shared hosting, harga VPS hosting memang jauh lebih mahal. Bagi pemilik website dengan budget terbatas, tipe layanan ini kurang cocok dan kurang bersahabat meski memiliki banyak kelebihan.

Apakah VPS Hosting Pilihan Terbaik?

Membaca ulasan di atas, apakah tipe hosting tersebut telah sesuai dengan website kamu? Sebelum memutuskan untuk menggunakan VPS jenis tersebut beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan antara lain, ketika kamu merasa bahwa layanan shared hosting tidak bisa lagi menampung traffic website dengan pengunjung yang semakin banyak. Butuh resources yang lebih besar, ingin meningkatkan keamanan dan privasi serta ingin menghemat biaya penyewaan server, tapi tetap ingin memperoleh akses dan kontrol terhadap pemeliharaan server.

Jika hal tersebut telah menjadi prioritas dan sangat mendesak, tak ada salahnya apabila kamu beralih menggunakan cloud server Indonesia.

Related Posts