Senin

SeninT07.47

Contoh Teks Persuasi Singkat Tentang Pendidikan, Propaganda, dan Advertensi

Contoh Teks Persuasi Singkat
Di artikel sebelumnya, kita telah membahas tentang pengertian teks persuasi. Sudah dikupas tuntas hingga strukturnya, Jenis-jenis, dan lain sebagainya. Kini, kita akan membahas tentang "Contoh Teks Persuasi Singkat" dengan berbagai tema.

1. Contoh Teks Persuasi Propaganda 


Saat ini, banyak lahan pertanian yang semakin tak produktif. Itu lantaran kesuburannya semakin berkurang. Kenapa itu bisa terjadi?

Petani terlalu bergantung pada penggunaan pupuk kimia. Penggunaannya berlebihan dan tak tepat. Dosis pupuk yang mereka berikan tak sesuai anjuran. Pemberian pupuk juga tak berjadwal. Asal saja. Akibatnya, tanah menjadi masam dan strukturnya rusak alias tak gembur lagi.

Penggunaan pupuk kimia haruslah diimbangi dengan penggunaan pupuk organik. Misal kompos, humus, dan kotoran binatang. Pupuk organik tak hanya menambah nutrisi dalam tanah. Tapi juga mampu membuat struktur tanah membaik. Tanah jadi gembur dan oksigen dalam tanah terpenuhi. Karena itu, mulai sekarang hindarilah penggunaan pupuk kimia secara berlebihan. 

2. Contoh Teks Persuasi Politik


Calon pemimpin memberi janji manis sudah biasa. Tapi memilih Golput bukanlah pilihan bijak. Seburuk apapun dinamika pemilihan umum yang sudah terjadi, tak boleh membuat kita putus asa. Mari tetap gunakan hak pilih kita. Sebab hak pilih yang tak digunakan acap kali dimanfaatkan oleh oknum-oknum tak bertanggujawab.

Mari ikut berpartisipasi menentukan masa depan negara Indonesia. Caranya dengan mengikuti Pemilu dan menggunakan hak pilih kita. Pilihlah calon pemimpin yang menurut kita tepat.  Bijak, tegas, tak membuai rakyat dengan harapan palsu, serta tak memihak kepentingan apapun. Say no to Golput.

3. Contoh Teks Persuasi Advertensi


Menggunakan lulur merupakan tradisi turun-temurun yang sudah ada sejak jaman dahulu. Banyak permaisuri dan putri kerajaan yang melakukan perawatan kecantikan dengan luluran. Sudah seharusnya tradisi ini kita jaga agar tak tergerus modernisasi.

Lulur Mustika Kencana terbuat dari bahan-bahan alami  pilihan dan teruji klinis. Karenanya aman bagi kulit meski digunakan dalam jangka panjang. Rutin menggunakan lulur dari Mustika Kencana bisa membuat kulit lebih halus,cerah, dan lembut.

Ingin kulit cantik seperti putri keraton? Gunakan lulur Mustika Kencana dari sekarang. 

4. Contoh Teks Persuasi Pendidikan


Masih banyak orang tua yang memarahi anaknya karena hal-hal kecil. Misal saat anak jatuh atau tak sengaja merusak suatu barang. Padahal, memarahi anak tak boleh dilakukan sembarangan. Itu bisa berakibat buruk pada perkembangan psikologinya.

Anak yang selalu dimarahi akan merasa bahwa semua tindakannya tak ada yang benar. Kemudian yang terjadi, anak menjadi pembangkang. Lebih buruk lagi, anak malah jadi penakut dan tak percaya diri akan kemampuannya.

Sebelum memarahi anak, ada baiknya orang tua berpikir ulang. Apakah latar belakang yang membuat anak bersikap menjengkelkan? Ketimbang memarahi anak sebaiknya orang tua membuka ruang diskusi. Bimbing anak agar memahami apa yang patut dan tidak patut. Dengan begitu anak bisa menjadi lebih dewasa dan paham bagaimana harus bersikap. 


Langkah-Langkah Pembuatan Teks Persuasi

Selain keempat contoh teks persuasi di atas, saya juga akan membagikan cara membuat teks persuasi. Langkah-langkah pembuatan teks persuasi sangatlah mudah. Sedikit banyak sama dengan cara pembuatan teks-teks lainnya. Berikut penjelasan lengkapnya!

1. Memahami Target Pembaca 

Dalam teks persuasi, pembacalah yang ingin kita pengaruhi. Karenanya penting menelaah target pembaca. Apa latar belakangnya, kebiasaannya, serta kepercayaannya. Sehingga kita bisa menulis teks persuasi dengan tepat. 

2. Menentukan Topik

Topik pembahasan ini perlu kita sesuaikan dengan tujuan kita. Misal kita ingin membuat teks persuasi iklan air mineral. Maka kita perlu mencari topik terkait air mineral. Misal apa saja ciri-ciri air mineral yang baik?

3. Membuat Kerangka Karangan 

Langkah selanjutnya membuat kerangka karangan. Cara membuatnya cukup mengacu kepada struktur teks persuasi saja. Tuliskan poin apa saja yang akan kita bahas di bagian pembuka, inti, ajakan, dan penegasan. 

4. Menulis Teks Persuasi Sesuai Kerangka Karangan

Kerangka karangan akan membantu kita menulis secara lancar. Serta tak keluar dari topik pembahasan yang sudah kita tentukan. Tulisan pun tak melebar ke mana-mana.

Demikian, artikel tentang Contoh Teks Persuasif Singkat, semoga dapat membantu teman-teman dalam belajar. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan langsung berkomentar di kolom yang disediakan.

Baca selanjutnya : Pengertian Teks Persuasi, Struktur, Beserta Contohnya

Related Posts

2 komentar:

  1. Terima kasih kak, sangat membantu. Contoh Teks Persuasi Singkat ini bisa dipahami dengan baik. Makasih banyak

    BalasHapus

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi