T03.44

7 Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Apa saja sih yang harus dilakukan orang tua supaya anak bisa cepat lancar berbahasa Inggris? Perlukah anak ikut kursus bahasa inggris di Jakarta? Sejak usia berapa sebaiknya anak belajar bahasa Inggris? 

Banyak sekali rentetan pertanyaan yang harus dipecahkan oleh Mama Papa untuk pendidikan Si Kecil.Sedini mungkin anak harus cepat mempelajari bahasa Inggris karena dapat membantu kemampuan dalam memecahkan masalah dan meningkatkan memori. 

Mempelajari dua bahasa juga mampu mengasah kreativitas anak dan sangat membantu dalam akademiknya nanti. Usia yang paling tepat untuk Si Kecil mulai mempelajarinya adalah 3 tahun dan maksimal 11 tahun. 

Lalu apa saja yang perlu dilakukan supaya kemampuan bahasa Inggrisnya cepat berkembang? 

Tips Supaya Kemampuan Bahasa Inggris Anak Cepat Meningkat

Di saat usia muda, anak masih belum mengenal banyak rasa takut. Sehingga mereka akan berani mempelajari hal baru. Inilah yang membuat mereka lebih cepat untuk mempelajari sesuatu termasuk bahasa. 

Hal inilah yang perlu dimanfaatkan Mama Papa supaya kemampuan bahasa Inggris Si Kecil cepat meningkat. Ikuti tujuh tips berikut ini yang akan membantu perkembangannya. 

Memilih Tempat Les Bahasa Inggris yang Berkualitas

Tips pertama yang wajib diperhatikan adalah mencari tempat kursus bahasa inggris di Jakarta yang kualitasnya baik. Saat ini ada begitu banyak tempat kursus khusus untuk anak dengan berbagai macam tingkatan. 

Anak lebih cepat belajar di kursus bahasa Inggris di Jakarta
Anak yang sedang belajar bersama guru di kelas

Link Source : https://unsplash.com/photos/KV9F7Ypl2N0 

Saat memilihnya, Mama Papa perlu memperhatikan beberapa hal. Pertama adalah lokasi, jika terlalu jauh bisa memilih kursus bahasa Inggris online di Jakarta. Kedua adalah fasilitas atau fitur yang disediakan, terakhir adalah kualitas materi yang disampaikan. 

Pastikan juga bahwa tenaga pengajar dari tempat kursus yang berpengalaman serta sabar. Mama Papa bisa juga menengok kelas trial terlebih dahulu untuk tahu seberapa jauh kualitas pengajarannya. 

Menggunakan Bahasa Inggris di Rumah

Tips selanjutnya adalah untuk membiasakan Si Kecil menggunakan bahasa Inggris ketika ingin meminta sesuatu atau menyampaikan pendapat. Penting bagi mereka untuk terbiasa menggunakan bahasa yang masih asing. 

Bergantung rutinitas dari tempat kursus bahasa inggris di Jakarta saja tidak cukup. Kebiasaan berbicara langsung di rumah akan membuat mereka lebih nyaman ketika membentuk kata dan mengucapkan dengan benar. 

Membaca Buku Berbahasa Inggris

Perbendaharaan kata yang dimiliki anak akan meningkat jika mereka rajin membaca. Oleh karena itu Mama Papa bisa membelikan buku cerita dengan bahasa Inggris yang lengkap. Untuk membeli buku yang tepat, coba tanyakan kepada guru les bahasa Inggris di Jakarta terlebih dahulu. 

Kemampuan anak akan meningkat dengan membaca buku bahasa Inggris
Buku berbahasa Inggris akan memperluas kosakata yang bisa dihafalkan oleh anak.

Link Source : https://unsplash.com/photos/p_KJvKVsH14 

Sehingga buku yang disiapkan sudah sesuai dengan kebutuhan Si Kecil. Apakah Si Kecil masih perlu dibelikan buku cerita bergambar atau justru kumpulan cerita pendek dengan banyak kata. 

Menulis Buku Harian dengan Bahasa Inggris

Ajak juga Si Kecil untuk memiliki kebiasaan menulis buku harian. Kebiasaan menulis sangat penting untuk meningkatkan kemampuannya dalam merangkai kata dan mengungkapkan pendapat. Ajari mereka untuk menulis hal-hal yang telah dilakukan setiap hari. 

Jangan lupa untuk mengecek hasil tulisan mereka untuk tahu perkembangannya. Tunjukan buku harian Si Kecil kepada pengajar kursus bahasa inggris di Jakarta. Di sana guru juga akan tahu apa saja kekurangan yang harus dipelajari ulang oleh Si Kecil dalam hal penulisan. 

Ajak Mereka Bermain Games Seru

Supaya kemampuan meningkat dan Si Kecil tidak bosan, Mama Papa juga perlu mempersiapkan permainan seru di rumah. Ada banyak permainan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris seperti scrabble. 

Game yang berbentuk papan dan Mama Papa bisa bersaing dengan anak untuk menyusun kata yang tepat. Scrabble bisa dimainkan dua hingga empat orang. Ada juga permainan pictionary yaitu game tebak kata dengan gambar yang tak kalah seru. 

Ajak Juga Menyanyikan Lagu

Selain bermain game, anak juga perlu diajak untuk bernyanyi dalam bahasa Inggris. Apabila Si Kecil masih merasa kesulitan menghafal kosakata atau alphabet, banyak jenis nyanyian yang bisa membantu mereka menghafalkan. 

Apabila Mama Papa masih kesulitan mencari lagi, bisa juga menanyakan langsung kepada tenaga pengajar kursus bahasa inggris di Jakarta. Pastinya di tempat kursus, ada beberapa lagu yang dinyanyikan supaya murid-murid bisa cepat hafal dengan riang. 

Menyediakan Kamus yang Lengkap

Sudahkah Mama Papa menyediakan kamus bahasa Inggris yang lengkap? Saat ini ada banyak kamus yang tersedia seperti kamus saku, buku kamus hingga kamus online. Lengkapi koleksi kamus yang dibutuhkan oleh Si Kecil. 

Jadi kapan saja mereka tidak tahu kosakata baru bisa langsung mengeceknya di kamus. Menyediakan kamus juga menjadi alternatif untuk memperluas kosakata untuk dihafalkan. 

Selain ketujuh tips di atas, Mama Papa juga perlu memantau bagaimana perkembangan kemampuan anak. Supaya tidak salah langkah dalam pengajaran bahasa Inggrisnya. Kiddo.id menjadi aplikasi tepat untuk memantau perkembangannya. 

Hadirnya fitur baru yaitu Milestone Tracker akan memudahkan Mama Papa untuk tahu bagaimana perkembangan Si Kecil sesuai dengan usia. Potensi Si Kecil pun bisa diketahui secara maksimal di sini. 

Ada beberapa hal yang bisa didapatkan seperti tes potensi kemampuan anak sesuai dengan 8 kecerdasan majemuk. Selain itu juga banyak panduan kegiatan dari anak usia 0 sampai 12 tahun. Mama Papa yang pastinya bisa mendapatkan jurnal tumbuh kembang anak dengan sangat lengkap. 

Nah., lebih enaknya lagi, di Kiddo.id ada juga kursus bahasa Inggris di Jakarta pilihan secara online dengan harga terjangkau. Masih banyak juga kursus lainnya yang diselenggarakan online dan aktivitas yang bisa diikuti. 

Mama Papa yang masih bingung soal parenting juga bisa mendapatkan konten-konten yang bermanfaat. Supaya tak salah langkah, yuk segera gunakan aplikasi Kiddo.id. 

Sumber

https://www.sehatq.com/artikel/sejak-usia-berapa-anak-boleh-belajar-bahasa-inggris-ini-penjelasannya

https://www.orami.co.id/magazine/5-cara-meningkatkan-kemampuan-bahasa-inggris-anak-yuk-disimak/

https://www.haibunda.com/parenting/20171204113847-61-10687/4-cara-agar-anak-cepat-bisa-berbahasa-inggris

Related Posts