T19.58

Tips Memilih Hosting Murah untuk UKM

Media 2021, Indonesia berada pada kondisi sedang tidak baik-baik saja. Kondisi ini sudah terjadi sejak Maret 2020, saat kasus Covid 19 pertama ditemukan di Indonesia, hingga menjadi pandemi yang entah kapan akan berakhir.

Secara keseluruhan, semua kalangan merasakan dampak pandemi, tidak terkecuali Usaha Kecil Menengah (UKM) yang bergerak disektor ekonomi. Terjadi penurunan omset hingga lebih dari 50%. Belum lagi pembatasan-pembatasan yang diatur dalam aturan pemerintah yang membuat ruang gerak semakin mengerucut. Salah satu solusi terbaik yang harus dilakukan UKM adalah memasarkan produk secara daring.

Yup, UKM wajib melakukan inovasi dan mampu beradaptasi dengan cepat terhadap situasi dan kondisi agar tidak terus-terusan mengalami kerugian. UKM diharap bisa memanfaatkan kemajuan teknologi dengan beralih go digital atau menjajakan produk secara online. Oleh karena itu, UKM harus bisa memilih jasa hosting yang tepat dan terbaik, dengan harga terjangkau.

Pengertian Hosting

Sebelum memilih hosting yang tepat dan terbaik untuk UKM, sebaiknya kita berkenalan terlebih dadulu dengan hosting. Hosting adalah tempat dimana semua data website tersimpan. Data tersebut dapat dikelola oleh pemilik website dengan internet, berupa gambar, video, email, script, aplikasi, hingga database.

Setiap hosting memiliki kapasitas penyimpanan masing-masing menyesuaikan kebutuhan pengguna atau pemilik website. Semua jenis website menggunakan hosting yang berbeda, tergantung keperluan. Ada yang untuk keperluan pribadi berupa blog, website organisasi atau perusahaan, hingga website bisnis seperti UKM.

Tips Memilih Hosting Murah untuk UKM

Dikondisi sulit seperti sekarang, hosting murah menjadi pilihan terbaik bagi UKM. Namun, jangan asal murah, hosting yang dipilih harus credible dan mampu memberi nilai manfaat bagi keberlangsungan UKM dimasa pandemi dan diera globalisasi modern. Berikut tips memilih hosting murah untuk UKM.

Mampu Memberikan Layanan 24 Jam

Tidak hanya layanan 24 jam, sebaiknya pilih hosting yang tetap melayani konsultasi saat hari libur sekalipun. Apalagi, untuk UKM yang baru go digital, akan ada permasalahan yang akan ditemukan. Jadi, jika sewaktu-waktu website bermasalah dan menghadapi kendala, maka penyedia akan sigap membantu baik via live chat, email, hingga telepon.

Selain itu, lokasi server juga harus masuk dalam pertimbangan. Jasa web hosting yang berlokasi di Indonesia lebih diutamakan. Ini dikarenakan target pasar UKM lebih dominan pasar lokal. Lagi, sudah banyak penyedia hosting Indonesia yang kompeten dan berkualitas dengan harga murah.

Sesuaikan dengan Kegunaan dan Jenis Website

Seperti yang telah dijelaskan, setiap hosting memiliki kriteria berbeda disesuaikan kebutuhan dan tujuan. Ketika membuat website untuk UKM, maka pilih yang menyediakan layanan back up data, sehingga aman jika terjadi gangguan. Selain itu, pilih yang kapasitas penyimpanannya besar dan mampu memberikan layanan uptime 99,9% agar website bisa selalu aktif dan dapat diakses kapan saja. 

Kecepatan dan Keamanan

UKM sebaiknya memilih hosting yang berani memberikan garansi performance dengan kecepatan tinggi yang mendukung performa server. Selain itu, pilih hosting yang sudah dilengkapi SSL sehingga memberi perlindungan dari serangan DdoS atau malware, website security, dan lainnya. 

Sesuaikan dengan Fitur dan Konten Website

Karena ini merupakan website berbasis bisnis atau toko online, sebaiknya pilih fitur dan konten yang variatif. Semakin banyak fitur dan konten, maka akan semakin menarik. Bisa berupa gambar, video, animasi, dan lainnya, namun, yang perlu diingat kapasitas yang dibutuhkan juga cukup besar. 

Skalabilitas

Diantara banyaknya pilihan hosting yang mulai menjamur, pilih hosting yang dapat menunjang  performa website, serta membantu meningkatkan dan mencapai tujuan website agar dapat berkembang.

Kapasitas Hosting

Di atas kita sudah membahas tentang kapasitas. Pada akhirnya kapasitas hosting memengaruhi website. Semakin banyak fitur dan konten, maka akan semakin besar pula kapasitas hosting yang dibutuhkan. Hal ini dikarenakan hosting bisa menyimpan file dan database penting yang diperlukan dan dapat diakses sewaktu-waktu. 

Harga dan Budget

Setiap UKM pasti sudah mengalokasikan besaran budget untuk memilih hosting. Jangan sampai hosting yang dipilih diluar budget yang telah ditentukan. Sudah banyak paket hosting dari berbagai penyedia dengan harga kompetitif dan bersaing. Bahkan, diwaktu-waktu tertentu tidak jarang ada promo dan diskon.

Perhatikan Review dan Rekomendasi

Last, sebelum memutuskan memilih hosting tidak ada salahnya mencari tahu mengenai review  atau rekomendasi dari orang-orang. bisa juga dari testimony pelanggan sebelum. Ini menjadi bahan pertimbangan penting agar bisa memilih layanan hosting terbaik guna menunjang UKM yang lebih bersaing dimasa pandemi.

Pemanfaatan teknologi melalui hosting mampu membuat UKM di Indonesia tetap survive di tengah badai pandemi. Memilih hosting murah dengan kualitas membuat UKM tidak hanya dapat bertahan, namun dapat mengembangkan sayap lebih luas. Pun, hosting juga dapat menunjang strategi promosi yang menyentuh lebih banyak pelanggan, bahkan hingga ke pelosok sekalipun.

Related Posts