Rabu

RabuT11.29

5 Cara Ternak Burung Lovebird dengan Mudah

Cara ternak burung lovebird

Memelihara hewan burung di zaman sekarang sudah tidak lagi hal biasa bagi sebagian orang. Pasalnya, banyak dari masyarakat luas yang gemar memelihara bahkan menjadikannya ternak yang sempurna. Salah satunya adalah burung lovebird. Selain menjadi primadona, burung ini juga menjadi rekomendasi dari budidaya ternak yang menjamin. Lalu bagaimana cara ternak burung lovebird ini? Berikut penjelasannya:

1. Pemilihan Tempat untuk Kandangnya

Pertama-tama yang harus diperhatikan sebelum memelihara lovebird ini adalah pemilihan kandang untuk mengembangbiakkan burung lovebird. Langkah utamanya adalah perkawinan antara burung lovebird. Bisa dengan menggunakan kandang size sedang yakni 60x44x40 cm.

Size tersebut cukup untuk mempersiapkan perkawinan antara burung lovebird jantan juga lovebird betina. Jangan lupa siapkan pula untuk penempatan kandang box home untuk dipakai lovebird sampai bertelur. Bagi pemula karena ada banyak sekali ukuran kandang, bisa langsung menanyakan ke toko terdekat mengenai ukuran pas untuk burung lovebirdnya.

2. Memilih Lovebird yang Akan Diternak

Kedua, untuk cara ternak burung lovebird selanjutnya adalah dengan memilih bibit burung lovebird. Usia yang terbaik untuk memilih lovebird kali ini adalah 7-8 bulan. Untuk lovebird yang jantan pilih yang usianya muda dari betina. Sebagai contoh, usia jantan adalah 7 bulan, maka untuk lovebird betina yang dapat dipilih adalah yang 8 bulan. Pasalnya perkawinan untuk lovebird betina tua dengan jantan lebih mudah hasilnya akan lebih bagus.

3. Kandang untuk Ternak Burung Lovebird

Ketiga, cara ternak burung lovebird yang baik adalah memilih kandang ternaknya. Pemilihan desain dan kandang yang baik merupakan hal utama untuk menghindari stress. Alangkah lebih baik simpan kandang burung di dekat pepohonan sepi.

Hal ini karena, akan lebih memberikan suasana yang baik untuk melakukan perkawinan. Proses perkawinannya pun sangat cepat sekitar 1 bulan lovebird ini akan bertelur. Jika sudah bertelur pastikan betina lovebird ini meninggalkan telurnya guna menghindari dimakan olehnya.

4. Makanan untuk Lovebird

Berikan lovebird jeni makanan yang layak dan kaya akan nutrisi dan protein. Pastikan untuk air minum selalu diperhatikan dengan persediaan air yang cukup. Makanannya bisa dengan biji-bijian seperti memilih jagung, kenari, ataupun sayur kangkung.

Selain memberikan nutrisi dan protein, bisa juga dengan memberikan biji kuaci maupun tauge. Pasalnya, agar burung lovebird tetap subur dan cepat dalam percepatan reproduksi. Burung yang subur akan semakin baik dalam proses perkembang biakkan.

5. Rahasia Bertelur Cepat

Terakhir dalam penjelasan cara ternak burung lovebird ini adalah rahasia bertelur cepat. Umumnya burung lovebird ini bertelur sama dengan burung lainnya loh. Akan tetapi, untuk lovebird sendiri akan bertelur dalam waktu 20 hari. Percepatan lainnya bisa dilengkapi dengan lampu pendukung untuk mempercepat penetasan.

Fungsi dari diadakannya penerangan ini yakni menjaga suhu didalamnya agar tidak terlalu kepanasan dan agar burung juga tidak terlalu stress. Tentunya juga agar burung selalu merasakan kenyamanan berikan suhu 20 derajat. Jangan lupa untuk tidak menyalakan lampu secara terus-menerus.

Di atas adalah penjelasan dari cara ternak burung lovebird yang bisa dilakukan atau dipraktekkan dengan mudah. Tentunya ini juga berlaku untuk pemula yang ingin beternak burung lovebird. Untuk siapapun yang ingin memelihara burung ini bisa juga menjadi rekomendasi awal sebelum beternak.

Biasanya dalam melakukan ternak burung lovebird ini, masih ada saja yang belum paham akan pemilihan awal dalam kandang dan juga tempat. Padahal hal itu sangat penting untuk proses kelanjutan hidup burung atau juga untuk perkembang biakkannya. Jangan sampai salah memilih.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi