Rabu

RabuT05.45

Perhatikan Lima Hal Ini Sebelum Memulai Ternak Bebek Peking

Ternak Bebek Peking
Untuk memenuhi kebutuhan pangan termasuk protein bagi masyarakat, ternak bebek peking adalah salah satu peluang bisnis yang patut dicoba. Bebek peking adalah jenis bebek pedaging asal Tiongkok yang rasanya enak.

Ciri-ciri bebek peking bentuknya mirip angsa, leher pendek, warna bulu putih, warna paruh dan kaki oranye, postur tubuh tambun. Apa saja yang harus menjadi perhatian untuk menernak bebek jenis ini?Berikut uraiannya:

1. Memilih Day Old Duck

Salah satu hal penting dari ternak bebek peking adalah day old duck atau disingkat DOD. Kegiatan ini yaitu memilih bebek umur satu sampai tujuh hari yang punya kualitas bagus. Ini termasuk upaya pembibitan. Jumlah kebutuhan DOD banyak, bisa didapat dari penyuplai ataupun menetaskan telur sendiri.

Bebek peking nanti akan tumbuh besar lebih cepat dibanding itik lokal. Jadi, akan lebih menguntungkan untuk diternak. Ciri DOD yang unggul yaitu, bebek tidak cacat, tegap, bulunya berwarna kuning mengkilat, nafsu makan baik, aktif dan lincah, berbobot kurang lebih empat puluh gram dan mata bebek jernih.

2. Mempersiapkan Kandang Bebek

Ada dua macam kandang yang harus disiapkan. Pertama yang berbentuk box untuk menaruh DOD dari usia satu sampai tujuh hari hingga berumur tiga minggu. Kedua adalah sangkar pembesaran. Kandang box dibuat dari box berlantai kawat. Pada bagian dalamnya perlu diberi lampu pemanas 10 sampai 25 Watt disesuaikan suhu sekitar kandang. Sangkar pembesaran dipakai bila bebek telah berumur tiga minggu sampai tiba waktu dipanen.

Sangkar pembesaran bentuknya bisa sangkar postal alias semi terbuka ataupun sangkar cage atau sangkar panggung. Dua macam bentuk sangkar ini ada plus dan minusnya. Untuk meningkatkan banyak daging dapat dipakai kandang garing sistem postal. Daya tampung satu meter kandang adalah dua belas bebek. Ukuran sangkar sebaiknya diukur lebih dahulu saat kegiatan beternak dimulai.

3. Memperhatikan Pakan Ternak

Ternak bebek peking mesti memperhatikan makanan DOD (atau bebek kecil). Sebaiknya bebek diberi pakan buatan pabrik bernama voer ditambah konsentrat yang kualitasnya bagus. Beri pula obat antibiotik plus multivitamin serta probiotik. Memberi makan bebek harus mengikuti jadwal dan tepat pada waktunya.

Bila bebek sudah mencapai umur tiga minggu, berilah makanan campuran konsentrat dan pakan buatan, perbandingannya satu banding dua. Agar daging bebek tidak anyir pemberian tepung dari ikan paling banyak dua persen saja. Beri juga makanan lain seperti nasi keras/bekas, bekatul, tepung dari daun, tepung dari tulang, tepung dari ikan, tepung dari daging, daun kates dan siput.

4. Rutin Mengontrol Bebek

Agar bebek tetap sehat periksa kesehatannya pada waktu-waktu tertentu. Salah satu penyakit bebek dan cara mengatasinya adalah berak kapur, tandanya berak bebek warnanya hijau bercak putih karena bakteri Salmonella. Untuk menyembuhkan penyakit ini, berikan sulfa, nitrofuran dan antibiotik lain, campurkan dalam makanan.

Penyakit lain adalah kelumpuhan bebek, sebabnya mengkonsumsi makanan expired serta jamuran. Bisa diatasi dengan memberi bongkahan es batu cilik pada bebek. Penyakit kurang nafsu makan pada bebek diatasi dengan pemberian minum air dicampur probiotik.

5. Penetasan Telur

Dalam ternak bebek peking, ada dua metode prosedur penetasan telur bebek. Pertama adalah metode alami dimana telur bebek ditetaskan dengan menaruh telur bebek di sangkar ayam yang sedang mengerami telurnya. Hal ini karena bebek tidak punya kemampuan mengerami.

Jadi, setelah bebek bertelur, bebek itu akan meninggalkan telurnya begitu saja. Bila tidak bisa mendapat ayam yang mengerami, peternak bisa melakukan cara nomor dua yaitu pakai mesin tetas. Dengan mesin tetas, peternak bisa semakin banyak mendapatkan telur bebek.

Demikian sekilas tentang cara ternak bebek peking. Satu hal lagi yang mungkin perlu dimengerti dalam budidaya bebek peking pedaging agar memberi hasil lebih menguntungkan yaitu pilihlah bebek berjenis kelamin jantan . Hal ini karena, laju pertumbuhan bebek peking jantan lebih cepat dibandingkan dengan bebek betina.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi