Kamis

KamisT05.35

Cara Ternak Bebek Petelur Modern yang Simple serta Mudah

Cara ternak bebek petelur

Telur bebek menjadi salah satu bahan makanan favorit di Indonesia. Biasanya telur bebek diolah menjadi telur asin, isian martabak telur, hingga bahan utama kerak telor. Permintaan telur bebek yang semakin banyak, membuat banyak orang berpikir untuk membudidayakannya. Berikut cara ternak bebek petelur modern yang simple serta mudah:

1. Mempersiapkan Tempat Ternak Bebek Petelur

Pertama adalah mempersiapkan tempat atau lokasi ternak bebek petelur. Bebek merupakan unggas yang sensitif, terutama dalam hal teritorial. Jadi banyak kasus bebek mengejar manusia, karena merasa terancam.

Untuk itu carilah tempat beternak, yang jauh dari pemukiman. Selain jauh dari pemukiman, bebek petelur juga membutuhkan tempat yang luas. Hal itu bertujuan supaya bebek terhindar dari stres, dan bisa bergerak dengan bebas.

2. Membuat Kandang untuk Bebek Petelur

Membuat kandang menjadi cara ternak bebek petelur modern berikutnya. Bebek petelur harus mempunyai kandang yang kering, serta hangat supaya terhindar dari penyakit. Salah satu kandang yang paling disarankan ialah kandang panggung, karena kering dan lebih bersih. Kandang lain yang disarankan ialah kandang litter, dan sistem baterai.

Peternak bisa memilih salah satu jenis kandang, sesuai dengan besar atau kondisi lahan. Bebek petelur harus berada di suhu 35 sampai 40 derajat Celcius. Jangan lupa taruh tempat minum dan makanan dalam kandang, supaya bebek tidak kekurangan gizi.

3. Membeli Bibit Bebek Petelur

Setelah membuat kandangnya, berikutnya peternak bisa membeli indukan bebek petelur untuk mulai diternak. Ada dua jenis indukan bebek, pertama yang masih kecil dan yang kedua adalah yang sudah siap bereproduksi. Jika ingin dalam waktu singkat, maka pilihlah yang sudah siap berproduksi hingga bertelur. Ciri bebek petelur yang sehat adalah paruhnya mengkilap, bergerak lincah agresif, bulu halus, suara bagus, serta tidak ada cacat fisiknya.

4. Pemberian Pakan Buat Bebek Petelur

Pemberian pakan menjadi cara ternak bebek petelur modern yang harus diperhatikan. Pasalnya pakan bebek ini akan mempengaruhi bebek dan juga kualitas telurnya nanti. Jika peternak masih bingung dalam memilih pakannya, bisa langsung membelinya di toko khusus pakan unggas.

Pilihlah pakan yang bentuknya konsentrat. Tidak cuma makanan konsentrat, bebek juga bisa diberi makanan alami. Makanan alami yang bagus buat bebek petelur ialah biji-bijian, sayur, ikan, limbah ayam, keong, dan serangga.

5. Merawat Bebek Petelur

Tidak cuma memberi pakan, bebek petelur juga butuh perawatan lain. Perawatan yang paling penting ialah menjaga kebersihan serta kelembabannya. Kebersihan bisa mempengaruhi kesehatan bebek petelur, hingga hasil telurnya. Kelembaban dalam kandang bebek petelur juga harus dijaga, jangan terlalu kering maupun basah.

Sinar matahari juga harus diperhatikan, pastikan kandang bebek mendapat sinar matahari. Pisahkan bebek yang besar dan kecil, karena bebek besar sering menyerang bebek kecil. Jangan lupa pisahkan bebek yang sakit dengan yang sehat, supaya tidak tertular.

6. Memanen Telur Bebek

Memanen telur bebek menjadi cara ternak bebek petelur modern yang terakhir. Bebek akan mulai bertelur di usia 5 hingga 7 bulan. Biasanya bebek tidak bertelur dalam sekali, bisa berhari-hari. Jadi, peternak harus rajin memeriksa kandang, dan mengambil telur-telur itu. Dari seratus ekor bebek, peternak bisa mendapat 30 sampai 50 telur bebek. Biasanya jumlah telur akan bertambah, seiring usia bebek bertambah hingga mencapai usia produktif.

Tidak sulit bukan buat beternak bebek petelur? Cukup ikuti cara ternak bebek petelur modern diatas. Pastinya usaha ternak ini sangat menguntungkan. Hal ini karena, permintaan telur bebek sangat banyak di pasaran.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi