Jumat

JumatT18.03

Tips Pemasangan Instalasi Listrik di Rumah


Pemerataan listrik yang mulai dilaksanakan di Indonesia menjadi program wajib yang bisa diikuti. Dengan adanya pemerataan tersebut anak-anak yang dibiasakan belajar dalam keadaan gelap kini bisa dengan mudah belajar dengan lampu menyala. Meskipun begitu, ada tips pemasangan instalasi listrik yang bisa dijadikan acuan bagi kamu yang mau terhindar dari resiko konsleting listrik. Tapi sebelum itu, jangan lupa baca sampai akhir untuk menambah wawasan. Simak dalam tips-tips berikut ini;

Sesuaikan Instalasi Listrik Dengan Ruangan

Memiliki rumah yang baru, ataupun rumah yang lama keduanya sama-sama memerlukan aliran listrik. Ketika ruangan yang belum teraliri listrik belum memiliki stop kontak maka akan lebih baik menyesuaikan dengan letak pintu dan area yang mudah dijangkau saat hendak memasuki ruangan. Misalkan dikamar tidur sediakanlah dua lokasi listrik, dimana yang satu berada di dekat pintu dan yang satunya berada didekat ranjang. Fungsinya untuk mempermudah menghidupkan listrik ketika mau tidur dan meninggalkan ruangan.

Sebagian besar kasus kebakaran diakibatkan karena lokasi listrik yang tidak tepat. Lokasi yang terjangkau akan meminimalisir kejadian yang tidak di inginkan. Keuntungan lainya, lokasi tersebut akan menghindari kamu terjatuh akibat menjari stop kontak  pastikan juga menggunakan komponen yang aman serta berstandar SNI. Melakukan tips pemasangan instalasi listrik ini, menjadi cara mudah pertama yang bisa dilakukan.

Beri Perhatian Khusus Pada Kabel Listrik

Penyebab utama dari terjadinya kebakaran adalah konsleting listrik. Fakta tersebut didukung dengan adanya kasus-kasus yang ditemukan di kota-kota besar yang berkaitan dengan kebakaran. Meskipun kebanyakan kasus yang terjadi di kota besar tidak menutup kemungkinan untuk terjadi di daerah pedesaan. Cara terhindar dari hal tersebut adalah dengan memisahkan kabel listrik yang satu dengan yang lain. 

Dan perhatian khusus yang diberikan pada kabel listrik yaitu dengan memisahkanya. Maka kedua benda beraliran listrik besar tersebut dapat dihindarkan apabila salah satunya mengelupas. Bayangkan saja apabila kabel di rumah kamu satu dengan yang lain saling bertumpang tindih. Bila ditemukan salah satu kabel mengelupas. Maka, resiko terjadinya kebakaran akan semakin besar. Utamanya, karena kedua kabel tersebut sama-sama memiliki arus listrik yang besar.

Menggunakan Sistem Pabrik, Membedakan Kabel Berdasarkan Kekuatan Arus Listriknya

Setelah melakukan upaya dengan tidak mencampuradukkan beberapa kabel dalam satu jalur sekaligus. Terdapat pertimbangan pada jenis aliran listrik yang bisa dialirkan melalui kabel. Yakni dengan membedakan kabel listrik berdasarkan arus yang dimiliki. Terkadang, kita sering lupa terhadap tegangan arus listrik yang bisa diakses melalui stop kontak. Tidak bisa dipungkiri, hal itu rawan terhadap konsleting listrik pada beberapa alat elektronik, serta hal tersebutlah yang akan memicu hal-hal yang berbahaya bagi orang lain ataupun diri kita sendiri.

Setelah mengetahui kekuatan listrik dari suatu kabel, akan lebih baik bila mendukung arus listrik tersebut dengan kabel yang sesuai. Misalnya saja, semakin besar kekuatan listrik maka daya hantar yang dibutuhkan pun juga harus disesuaikan dengan arus yang dimiliki. Jangan sampai kamu memberikan kabel dengan ukuran arus listrik kecil dan membuat kesalahan fatal di rumah idaman. Mengenai pemilihan kabel kamu dapat mencari informasi nya lebih lanjut dengan bertanya pada ahlinya, bisa dengan menghubungi PLN atau teknisi yang kamu percaya.

Memilih Komponen Listrik Berstandar Nasional

Pernahkah kamu menemukan komponen alat listrik yang tidak memenuhi standar nasional atau SNI? Nah, bila menemukanya kamu harus waspada. Tips pemasangan instalasi listrik selanjutnya berkaitan dengan pemilihan alat. Komponen yang sudah melalui standar nasional, maka sudah terbukti lebih aman bila dibandingkan dengan komponen yang tidak berstandar.  

Maka mulai dari sekarang, bila ingin mengganti komponen listrik, baik alat, kabel, ataupun stop kontak  akan lebih baik bila bertanya kepada pembeli apakah barang tersebut sudah berstandar SNI atau belum. Bila belum berstandar SNI, maka carilah barang yang sudah berstandar SNI. Apabila sudah menemukan selanjutnya adalah membayarnya dan memasangnya secara benar, serta mulai menikmati manfaat listrik.

Cek Kualitas Listrik

Bila listrik rumah kamu sudah terpasang selama beberapa tahun bahkan bisa mencapai usia kamu, akan lebih baik saat ini memeriksa kualitas listrik yang mengalir di rumah. Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengetahui apakah aliran listrik yang ada benar-benar aman atau tidak. Dengan begitu kamu akan mengetahui bila menemukan berbagai kejanggalan pada aliran listrik. Diharapkan pemeriksaan ini dapat dilakukan secara merata bukan hanya pada aliran listrik utama saja tetapi pada stop kontak pendukung yang terpasang di rumah. Cara inilah yang kemudian akan memberi tahu kamu apabila terdapat kabel ataupun stop kontak yang tidak sehat.

Menimbang penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat. Maka akan lebih baik bila menggunakannya secara bijak dan juga bisa melakukan kontrol diri. Sehingga, dapat menghemat tenaga listrik. Beberapa tips tadi semoga bermanfaat. Demikian informasi tips pemasangan instalasi listrik yang bijak. Selamat mencoba.

Related Posts

There is no other posts in this category.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi