Rabu

RabuT16.46

Tips Ternak Sapi Limosin Agar Cepat Gemuk

Cara ternak sapi limosin
Sapi limosin merupakan jenis sapi yang dapat berkembang sangat besar. Jenis sapi ini sering sekali digunakan sebagai hewan qurban karena ukurannya yang jumbo. Harga dari sapi ini pun cukup fantastis. Melakukan ternak sapi limosin tentu menjadi usaha yang sangat menjanjikan. Berikut ini adalah tips ternak sapi jenis limosin agar cepat gemuk:

1. Kondisi Kandang Harus Memadai

Kandang sapi menjadi poin penting dalam rangka menggemukkan sapi limosin. Umumnya, kandang sapi terbagi menjadi 2 bagian yaitu kandang secara kelompok dan kandang secara individu. Melakukan ternak sapi limosin tidak cocok jika harus menggunakan kandang kelompok. Hal ini karena, untuk makanannya harus bersaing dengan sapi yang lain sehingga jatah makannya  lebih sedikit.

Tips yang harus dilakukan oleh peternak adalah dengan membuatkan kandang secara individu. Jadi, sapi limosin dapat secara leluasa untuk memakan pakan yang disediakan. Kandang individu ini juga memungkinkan sapi untuk bergerak lebih bebas dan tidak mengalami stres ketika harus berada di dalam kandang.

2. Menyediakan Pakan yang Bergizi

Tidak hanya manusia saja yang membutuhkan makanan yang bergizi, sapi limosin juga harus mendapatkan makanan yang bergizi pula. Kebutuhan makanan untuk sapi ini harus memenuhi lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin. Makanan yang disajikan juga harus bersih dari bibit penyakit agar tidak merugikan sapi limosin.

Sapi limosin harus diberikan makanan berupa dedaunan hijau dan juga ramuan konsentrat yang digabung dengan daun hijau. Pakan tersebut terbukti efektif untuk menaikkan berat dari sapi ini dan menjadikannya tumbuh semakin sehat. Vitamin juga merupakan makanan yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh sapi limosin yang terkenal sering mengalami sakit.

3. Mencari Pakan Pada Waktu yang Tepat

Hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah memilih saat yang paling tepat untuk mendapatkan makan sapi. Pakan umum yang diberikan kepada sapi limosin adalah dedaunan hijau. Mencari daun tersebut tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena biasanya terdapat telur cacing yang menempel pada daun tersebut.

Waktu yang paling terbaik untuk mencari pakan ini adalah di sore hari atau di sore hari. Biasanya sudah tidak ada lagi telur cacing yang menetas sehingga sapi akan terbebas dari berbagai penyakit. Mencari pakan di pagi hari lebih dianjurkan karena kualitas dari daunnya juga masih bagus karena masih terkena embun.

4. Memberi Jamu Anti Cacing

Cacing terkadang bersarang di dalam tubuh sapi sehingga harus dibasmi agar sapi tersebut tidak terkena penyakit. Cara yang paling ampuh untuk membasmi cacing ini adalah dengan membuat ramuan jamu seperti temu ireng. Ramuan tersebut dianggap mujarab untuk membunuh cacing dan juga parasit yang sangat mengganggu sapi limosin.

5. Memberikan Vaksin

Dewasa ini tak hanya manusia saja yang membutuhkan vaksin, hewan pun membutuhkan vaksin agar terbebas dari penyakit yang berasal dari virus. Tips untuk merawat sapi ini adalah dengan melakukan vaksinasi. Proses vaksinasi ini tentu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang harus yang sudah ahli yaitu dokter hewan atau mantri hewan yang ada di wilayah tersebut.

Melakukan tips ternak sapi limosin agar cepat gemuk tersebut memang sangat mudah sekali. Segera siapkan budget yang cukup untuk membeli sapi tersebut dan membeli segala keperluan yang dibutuhkan. Melakukan ternak sapi ini sangat menjanjikan sekali sehingga sayang jika dilewatkan. Keuntungan akan semakin berlipat ketika musim qurban telah tiba.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi