T22.16

Cara Menabung Saham di BRI Secara Detail

Saham tergolong investasi yang sangat populer saat ini. Investor saham semakin lama semakin banyak karena tergiur dengan keuntungan yang akan didapat. Sayangnya, jika ingin memiliki saham harus menyediakan dana yang tidak sedikit. Tapi tenang saja, saat ini sudah disediakan cara menabung saham di BRI untuk para investor.

BRI sengaja memberikan layanan nabung saham agar nasabah bisa memiliki saham meski dengan cara mengumpulkan uang sedikit demi sedikit. Cara ini tergolong efektif untuk digunakan. Bagi yang ingin mulai menabung saham, berikut adalah rangkaian cara yang perlu dilakukan hingga bisa memiliki saham yang diinginkan:

1. Membuat Rekening Efek di BRI

Sebelum menabung saham, tentunya harus membuka rekening efek terlebih dahulu. Tujuan pembuatan rekening efek di BRI ini adalah untuk menyalurkan dana hasil pembagian deviden pada setiap pemilik saham. Cara pembuatannya sendiri tidaklah sulit. Hanya perlu menyiapkan data diri yang dimiliki.

Data diri yang diperlukan bisa diambil dari salinan KTP. Kemudian calon nasabah juga harus mengisi formulir yang disediakan. Kelengkapan data diri tersebut juga bisa diisikan dalam formulir ini. Semua hal ini harus dipersiapkan dan dilakukan saat proses pembuatan rekening efek di kantor BRI yang dituju saat pembuatan.

2. Tentukan Dana yang Ingin Ditabung

Setelah mengisi formulir yang diberikan pihak BRI, langkah selanjutnya adalah menentukan besaran dana yang akan ditabungkan. Pastikan dana yang ditabungkan sudah sesuai dengan kemampuan. Jangan sampai terlalu banyak namun ke depannya akan membebani. Hal ini akan membuat proses menabung tidak berjalan lancar.

3. Pilih Jenis Saham

Jika ingin menabung saham di BRI, maka harus tahu dulu jenis saham yang disediakan. Nantinya pihak BRI akan menjelaskan dua jenis ini secara detail. Pertama ada saham biasa. Kedua ada saham preferen. Dua jenis saham ini tentu saja berbeda dan mempunyai kekurangan keunggulan yang penting untuk diketahui.

Cara menabung saham di BRI yang ketiga ini harus diperhatikan dengan lebih baik. Jika masih bingung dengan dua jenis saham ini beserta karakteristiknya, tanyakan secara detail kepada pegawai BRI yang bertugas. Karena nantinya, para nasabah diharuskan memilih satu jenis untuk digunakan selama masa menabung saham.

4. Menabung Secara Rutin

Apabila sudah menyelesaikan semua langkah di atas sampai pemilihan jenis saham, maka pihak BRI akan memproses pembukaan. Setelah semua selesai, maka nasabah sudah bisa menabung sesuai dengan kemampuan. Pastikan untuk menabung secara rutin dengan nominal yang sudah disesuaikan untuk setiap kali menabung.

Jika menabung secara konsisten, maka uang yang yang ditabung akan mudah terkumpul. Semakin banyak uang yang terkumpul, maka saham yang bisa dibeli juga semakin banyak. Meski dana yang ditabungkan tidak terlalu besar tapi selalu konsisten, akan lebih baik daripada menabung banyak tapi hanya satu kali.

5. Melakukan Pembelian Saham

Saat uang yang ditabung sudah cukup, maka pembelian saham sudah bisa dilakukan sesuai dengan keinginan. Proses pembelian saham ini bisa diaplikasikan secara online maupun offline. Jika online, maka akan ada platform khusu untuk melakukan pembelian. Sedangkan jika offline maka akan langsung diarahkan oleh pihak BRI.

Lima proses atau cara menabung saham di BRI tersebut sudah dijelaskan secara rinci. Bagi yang ingin menabung saham, sangat dianjurkan untuk menyiapkan semua hal yang diperlukan. Setelah itu datangi kantor BRI terdekat dan ikuti setiap langkah di atas. Apabila memiliki pertanyaan, langsung tanyakan hingga paham.

Related Posts