T10.30

Begini Cara Beli Saham Gojek Melalui e-IPO dengan Mudah

Melakukan pembelian saham Gojek memang  memiliki proses yang berbeda dengan pembelian saham lainnya. Hal ini karena saham Gojek berada pada pasar primer bukan pasar sekunder. Alasan inilah yang membuat saham Gojek masuk dalam kategori IPO. Cara beli saham Gojek melalui IPO sendiri kini bisa dilakukan lebih mudah oleh masyarakat. 

Teknologi yang digunakan IPO kini memungkinkan masyarakat lebih mudah melakukan pembelian saham. Prosedur menggunakan teknologi IPO ini diberi nama dengan e-IPO atau Elektronik IPO. Nah, lalu bagaimana sih cara beli saham Gojek di e-IPO? Simak ulasannya berikut ini: 

1. Masuk ke e-IPO 

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara beli saham Gojek di e-IPO adalah masuk terlebih dahulu ke situs e-IPO. Pastikan bahwa akun sudah terdaftar dan masih aktif beserta bisa digunakan untuk melakukan pembelian. Apabila masih belum mendaftar dan belum memiliki akun di e-IPO maka, silahkan mendaftar terlebih dahulu. 

Silakan masukkan data yang dibutuhkan oleh e-IPO untuk melakukan proses registrasi akun. Pastikan bahwa data yang dimasukkan sudah tepat dan benar serta tidak ada kesalahan supaya akun segera dapat di verifikasi. 

2. Login Akun e-IPO 

Apabila telah muncul konfirmasi bahwa akun telah aktif maka, tahap selanjutnya silahkan masuk ke akun e-IPO. Pilih menu login yang ada di bagian sisi pojok kanan atas dashboard e-IPO kemudian silakan masukkan alamat serta kata sandi yang telah dibuat sebelumnya. 

3. Lakukan Pembelian 

Tahap berikutnya setelah akun sudah berhasil masuk maka, silahkan search nama Gojek pada kolom pencarian e-IPO kemudian klik menu more info. Pada tahap ini silakan baca dengan teliti setiap informasi tentang saham Gojek sebelum kemudian melakukan pembelian. 

Nantinya investor akan diharuskan untuk mengisi formulir tentang pesanan setelah klik menu place order kemudian pilih menu send. Tunggu hingga ada kode OTP yang dikirimkan pada ponsel atau mungkin email terkait kode pesanan. Apabila kode sudah dikirimkan maka, silahkan masukkan kode pada kotak kolom tersedia untuk melakukan konfirmasi persetujuan pesanan saham Gojek. 

4. Konfirmasi Pesanan 

Konfirmasi pesanan untuk proses pembelian saham Gojek juga harus dilakukan dengan cara memilih menu active now kemudian view. Pada tahap ini nantinya investor akan diharuskan membaca prospektus sebagai prosedur pembelian. Apabila perspectus telah selesai dibaca maka silahkan pilih menu i have already read prospectus. 

Hal ini merupakan satu tahapan mutlak yang harus dilakukan investor untuk melakukan konfirmasi transaksi pesanan. Pada tahap ini pula nantinya investor akan diyakinkan tentang saham yang akan dibeli. 

5. Cek Status Saham 

Nah, langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah melakukan cek status saham yang telah dibeli pada akun e-IPO. Akan ada 4 jenis status saham yang kemungkinan salah satunya didapatkan oleh investor.

 Pada status pertama adalah allotted atau mendapatkan penjatahan. Allotted with scale book yang artinya mendapatkan penjatahan saham yang telah disesuaikan. Not allotted yang berarti tidak berhasil mendapatkan saham serta not carried over yang artinya proses penjatahan saham tidak diproses. 

Nah, itulah tadi cara beli saham Gojek melalui e-IPO yang kini bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Tentunya dengan prosedur yang tepat serta harus sabar karena jumlah pengguna serta peminat dari saham ini sangat banyak. Hal ini seringkali membuat investor harus mencoba berkali-kali hingga bisa mendapatkan salah satu lot saham Gojek. 

Related Posts