T07.51

Mengenal Profil, Cara Beli Saham Pertamina, Serta Tips Investasinya agar Untung

Bagi investor pemula mungkin masih belum mengetahui bagaimana cara beli saham Pertamina. Saham BUMN memang saat ini cukup banyak diincar oleh para investor.

Hal ini dikarenakan perusahaan BUMN cenderung memiliki omzet dan laba yang stabil sehingga harga sahamnya pun jarang sekali anjlok. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara membeli saham Pertamina, ada baiknya mengenal profil perusahaan BUMN terlebih dahulu.

Mengenal Saham dan Profil Pertamina

Pertamina adalah salah satu perusahaan terbesar di tanah air. Perusahaan yang berfokus di sektor Minyak dan Gas ini sering disebut-sebut sebagai perusahaan monopoli. Bagaimana tidak, selama Pertamina beroperasi belum ada perusahaan kompetitor asal Indonesia yang muncul dan bersaing.

Karena merupakan satu-satunya BUMN Migas yang paling diandalkan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Maka, profit serta omzet perusahaan tidak perlu dikhawatirkan lagi. Sudah jelas bahwa profit Pertamina selalu stabil, bahkan tak jarang mengalami peningkatan.

Meskipun demikian saham ini tidak diperjual belikan ke publik, sehingga investor harus melakukan cara-cara tertentu untuk bisa membelinya. Namun sebagai masyarakat biasa investor pemula pun tentu bisa membeli saham Pertamina.

Seorang investor yang telah memiliki saham Pertamina maka secara legal investor tersebut sudah dianggap menjadi pemilik perusahaan. Meskipun investor hanya membeli saham beberapa lot, tetapi secara hukum investor tersebut sudah dianggap sebagai bagian dari pemilik Pertamina.

Bagaimana Cara Membeli Saham Pertamina?

Berbeda dengan saham dari perusahaan BUMN lainnya, saham Pertamina hingga saat ini belum diperjual belikan bebas ke publik. Jadi, investor tidak bisa membelinya melalui sekuritas atau broker karena saham ini tidak tersedia di Bursa Efek.

Lalu bagaimana cara beli saham Pertamina? Ada cara khusus yang bisa dilakukan untuk membelinya. Yaitu membeli langsung dari PT Perusahaan Gas Negara (PGAS). Perusahaan ini merupakan pemegang saham terbesar dari saham Pertamina.

Jadi, untuk memiliki saham Pertamina, investor bisa membeli saham PGAS di sekuritas atau broker. Berikut panduannya:

  • Daftar akun Investasi/Trading di sekuritas online.
  • Ikuti petunjuk registrasi hingga akun terverifikasi.
  • Buka rekening saham.
  • Deposit dana untuk modal investasi.
  • Cari saham PGAS.
  • Beli saham PGAS.

Itulah cara lain untuk bisa mendapatkan bagian dari saham Pertamina. Karena PGAS merupakan pemilik terbesar dari saham Pertamina, maka dengan memiliki saham PGAS investor juga mendapat bagian dari kepemilikan Pertamina.

Selama saham Pertamina belum melantai di Bursa Efek, maka investor belum bisa membeli saham Pertamina secara langsung. Jika ingin membeli saham Pertamina langsung, maka investor masih harus menunggu hingga saham tersebut diperjual belikan untuk publik.

Tips Investasi Agar Untung

Setiap orang yang bermain saham dan berinvestasi pastinya ingin meraup keuntungan. Namun, mungkin tidak semua orang mengetahui tipsnya agar bisa untung dalam berinvestasi. Setidaknya ada 2 tips yang tak boleh diabaikan, yaitu:

1. Beli Saham Saat Harganya Stabil

Harga saham sering berubah seiring dengan berjalannya waktu. Ada banyak faktor yang bisa membuat harga saham anjlok ataupun meroket. Jika ingin main aman, sebaiknya membeli saham ketika harganya stabil. Yaitu, tidak bergerak naik atau turun secara signifikan.

2. Jangan Langsung Membeli Saham dalam Jumlah Banyak

Bagi investor pemula harus bisa menahan nafsu untuk membeli saham dalam jumlah yang banyak. Meskipun modal yang disiapkan cukup besar, sebaiknya jangan langsung membeli dalam jumlah besar.

Mulailah dengan jumlah sedikit dan jika prospeknya sudah terlihat bagus, investor bisa menambah jumlah saham. Membeli saham dalam jumlah besar tanpa disertai analisis dan prediksi harga akan memperbesar tingkat risiko.

Demikian informasi mengenai profil, cara beli saham Pertamina serta tips investasi agar untung. Semoga informasi tersebut bermanfaat, khususnya bagi yang tertarik memiliki saham Pertamina.

Related Posts