T08.46

Begini Cara Beli Saham Telkom, Mudah dan Praktis!

Bagi yang tertarik membeli saham Telkom pasti ingin segera mengetahui cara beli saham Telkom. Saham ini masih tergolong saham blue chip hingga saat ini. Artinya saham Telkom sudah mendapatkan kredibilitasnya cukup baik dimata publik sehingga prospek sahamnya pun sangat bagus untuk beberapa tahun ke depan.

Jika tertarik membeli saham Telkom, setidaknya ada 2 cara yang bisa dilakukan. Keduanya akan dibahas dalam artikel ini.

Cara Beli Saham Telkom Lewat Broker

Cara beli saham Telkom yang pertama yaitu melalui broker. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa saham Telkom diberi kode TLKM dengan harga Rp3.400 per lembarnya. Jika ingin membeli 1 lot, maka modal yang harus disiapkan yaitu Rp3,4 juta.

Saat ini sudah tersedia banyak broker yang menawarkan layanan investasi dan membeli saham secara online. Cara ini tentunya semakin memudahkan para investor yang ingin membeli saham. Berikut langkah-langkahnya:

  • Buat Akun Investasi. Pada broker online, investor harus memiliki akun investasi terlebih dahulu untuk bisa membeli saham Telkom. Cara daftarnya juga sangat mudah. Investor hanya perlu melengkapi data sesuai instruksi yang diminta.
  • Buka Rekening Saham. Rekening saham diperlukan sebagai dana untuk transaksi dan penyimpanan hasil investasi.
  • Pilih Saham Telkom dan Lakukan Pembayaran. Ada banyak pilihan saham yang bisa dibeli investor. Pilihlah saham Telkom dengan kode TLKM dan selesaikan proses pembayaran.

Cara membeli saham lewat broker online memang sangat mudah dan praktis. Karena membeli saham bisa dilakukan hanya melalui aplikasi smartphone maka investor bisa membeli saham kapan saja dan di mana saja.

Ketika saham Telkom sudah berhasil dibeli maka investor bisa melihat halaman portofolio untuk mengecek siapa saja kepemilikan dari saham Telkom. Jika nama investor tersebut sudah ada dalam daftar kepemilikan saham, maka investor sudah resmi menjadi pemegang saham TLKM.

Hal yang paling penting untuk diketahui dari membeli saham melalui broker online yaitu ada biaya tambahan atau fee dari setiap transaksi. Biaya ini tentunya berbeda di setiap broker. Adapun ketentuan mengenai biaya transaksi dianggap sebagai biaya atas layanan jual beli saham yang disediakan broker.

Cara Membeli Saham Telkom Lewat Reksadana

Selain membeli saham Telkom lewat broker online investor juga bisa membelinya melalui produk reksadana. Cara ini juga sangat direkomendasikan bagi investor pemula karena investasi dengan reksa dana memang lebih dianjurkan untuk investor yang belum berpengalaman dalam investasi.

Pengelolaan modal investasi juga tidak langsung dilakukan oleh investor. Ada yang namanya Manajer Investasi (MI) yang berperan merekomendasikan setiap langkah baik itu pembelian atau penjualan aset reksadana.

Jadi, dalam hal ini investor hanya tinggal memutuskan apakah setuju atau tidak dengan rekomendasi yang diberikan MI. Untuk lebih jelasnya, simak langkah-langkah pembelian saham Telkom lewat reksadana seperti berikut:

  • Pilih Sekuritas yang Menyediakan Produk Reksadana. Tidak semua sekuritas atau broker menawarkan produk reksadana untuk investor. Jadi, pastikan sekuritas yang dipilih terdapat juga produk reksadana yang bisa dibeli.
  • Pastikan Sekuritas yang Dipilih Menggunakan Jasa MI Kredibel. Karena pengelolaan dana investasi dilakukan oleh MI, maka pilihlah yang kredibel. Jangan sampai tertipu karena salah memilih sekuritas dan MI.
  • Pilih Reksadana yang Mencangkup Saham Telkom. Sebelum membeli, pastikan lagi bahwa produk reksadana yang dipilih mencangkup saham Telkom. Sebab, dalam 1 produk reksadana biasanya terdiri dari kombinasi beberapa instrumen saham.

Seperti itulah cara beli saham Telkom yang meliputi 2 cara, yaitu membeli langsung dari broker dan melalui produk reksadana. Mudah, bukan?

Related Posts