Minggu

MingguT12.49

Ketahui Cara Membeli Saham Blue Chip dengan Aman Berikut Ini

Saham Blue Chip merupakan jenis saham yang tergolong aman bagi investor maupun trader pemula. Bahkan kemungkinan adanya harga tidak stabil juga kecil terjadi dalam trend saham ini. Hal inilah yang akhirnya membuat Blue Chip menjadi jenis saham yang banyak dicari bahkan oleh pemula. Resiko yang lebih kecil tentu menjadi alasannya. Nah, lalu bagaimana cara membeli saham Blue Chip? Simak ulasan berikut ini:

Cara Membeli Saham Blue Chip dengan Aman

1. Mendaftar ke Broker

Mencari tahu terlebih dahulu tentang informasi broker yang terpercaya adalah langkah tepat yang harus diambil sebelum kemudian mulai mendaftarkan identitas. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan identitas atau bahkan penipuan saat dana sudah disetorkan. 

Apabila sudah mendapatkan broker yang tepat maka, selanjutnya silahkan mendaftar menggunakan KTP atau kartu identitas lain yang diminta. Pastikan bahwa data yang dicantumkan dalam formulir sesuai dengan kartu identitas. Tunggu beberapa saat hingga ada konfirmasi serta aktivasi email untuk melakukan penyetoran modal awal.

2. Setoran Deposit

Hal berikutnya adalah menyetorkan modal awal atau yang biasa disebut dengan deposit. Nantinya trader atau investor akan diminta untuk menyetorkan deposit RDN untuk digunakan dalam pembelian saham pertama. Setiap broker biasanya akan memiliki nilai penyetoran deposit yang berbeda. 

Pastikan bahwa uang yang digunakan bukanlah uang panas meskipun, pada dasarnya Blue Chip minim resiko namun tetap saja antisipasi terjadinya risiko tetap diperlukan. Gunakan uang yang sekiranya memang khusus untuk digunakan investasi supaya tidak berpengaruh pada aspek.

3. Lakukan Analisis Saham

Langkah berikutnya sebelum saham dibeli, akan ada baiknya bila investor atau trader mencari informasi tentang keadaan dari saham Blue Chip seperti UNVR, BBCA atau mungkin TLKM. Informasi ini bisa didapatkan melalui berita di media sosial tentang perusahaan. 

Cari tahu juga keadaan dari kinerja manajemen serta keuangan perusahaan. Tentunya harga dari saham juga penting diperhatikan kestabilannya supaya tidak menjadi blunder saat sudah membeli.  

4. Beli Saham

Cara membeli saham Blue Chip berikutnya adalah mulai melakukan transaksi beli saham kepada pihak terkait melalui broker. Lakukan pembelian saham saat harga dalam keadaan stabil atau bahkan murah. Jangan membeli pada saat harga saham sedang tinggi. Memperhatikan histogram dari pergerakan saham tentunya menjadi cara tepat untuk mempertimbangkan hal ini. 

Melakukan analisis terhadap saham yang akan dibeli juga menjadi salah satu cara jitu untuk menentukan saham mana yang nantinya bisa mendapatkan profit. Silakan lihat juga bagaimana keadaan kapitalisasi pasar dalam perusahaan.  

5. Persiapkan Strategi Saham yang Tepat

Mempersiapkan strategi saham yang tepat akan menjadi satu hal yang juga penting untuk dilakukan. Strategi saham bisa menjadi salah satu pendukung dalam mengambil keputusan selain menggunakan analisis dalam saham. Melakukan perencanaan yang tepat mulai dari modal bahkan hingga penjualan yang akan membutuhkan keputusan yang tepat. Nah, untuk itulah memiliki strategi dalam saham juga akan penting dalam pengambilan keputusan.  

6. Gunakan Manajemen Resiko

Bermain saham selalu memiliki resiko, tentunya hal ini juga dimiliki oleh saham Blue Chip meskipun pada dasarnya risiko pada saham ini termasuk kecil. Namun, tentunya tetap mempersiapkan manajemen resiko untuk back up bila mengalami kerugian akan penting dilakukan. Manajemen resiko dalam saham juga bisa membantu trader atau investor saat akan menentukan pembelian maupun penjualan saham. 

Begitulah tadi cara membeli saham Blue Chip dengan mudah dan aman. Tentunya mencari informasi yang valid tentang saham yang akan dibeli adalah penting dilakukan. Lakukan juga analisis pada saham saat akan melakukan pembelian maupun penjualan. Satu hal lain yang penting adalah tidak terburu-buru dalam melakukan transaksi. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan baik ya, jangan lupa berkunjung lagi