T16.56

Berapa Biaya Operasional Memiliki Mobil Per Tahun?

Mobil menjadi kendaraan pribadi yang diimpian banyak orang, bahkan banyak yang memiliki mobil lebih dari satu. Memiliki mobil menjadi kebanggaan tersendiri karena bebas bepergian kapan saja dengan keluarga. Sebelum memutuskan membeli mobil atau menambah mobil, Anda harus memperhatikan biaya operasional per tahun.

Ketahui Biaya Operasional dan Perawatan Mobil

 Source via: https://pixabay.com/id/illustrations/mobil-kendaraan-roda-mercedes-1880381/

Perlu diketahui, biaya punya mobil terbilang murah jika finansial Anda mencukupi. Tetapi jika perekonomian kurang, biaya tersebut menjadi beban perekonomian. Alhasil Anda harus memangkas biaya kebutuhan lain, berikut ada biaya operasional dan perawatan mobil yang harus dilakukan:

1. Biaya Membeli Mobil

 
Source via: https://pixabay.com/id/photos/ferrari-f430-ferrari-mobil-super-2930661/

Biaya mempunyai mobil utama adalah biaya yang Anda keluarkan saat membeli mobil. Baik mobil seken atau baru, umumnya harga jual mobil bervariasi. Harga mobil disesuaikan dengan desain mobil, jenis mobil dan kelengkapan mobil lainnya. semakin mewah mobil yang dibeli, harganya semakin mahal.

Sebaliknya, jika Anda membeli mobil dengan cicilan maka jumlah uang per tahun yang dikeluarkan semakin banyak. biaya tersebut disesuaikan dengan suku bunga dan tenor kredit. Intinya, semakin lama jangka waktu pembayaran maka biayanya semakin besar. 
Sah-sah saja Anda membeli mobil dengan kredit, tetapi pilihlah penyedia kredit terpercaya dan tidak memberlakukan suku bunga tinggi. Anda bisa mengajukan kredit mobil di Maybank Finance karena suku bunganya tidak tinggi, Anda bisa memilih jenis mobil sesuai kemampuan sehingga angsuran tidak menjadi beban.

2. Bahan Bakar


Biaya mempunyai mobil selanjutnya adalah biaya untuk bahan bakar minyak. Perhitungan konsumsi BBM setiap mobil berbeda sesuai merk mobil. Umumnya, Anda mengeluarkan biaya bahan bakar per bulan sekitar Rp600.000 sampai Rp2.000.000. biaya tersebut tergantung jarak tempuh bepergian Anda setiap hari, jika Anda menggunakan mobil untuk bekerja jarak jauh bisa saja biaya bahan bakarnya bertambah.

Tentunya, Anda bisa menghitung besaran biaya BBM per bulan sampai satu tahun. Anda harus siap mengeluarkan biaya bahan bakar agar mobil menunjang semua kegiatan.

3. Pajak Tahunan


Biaya ke 3 adalah biaya pajak tahunan. Besaran pajak tahunan disesuaikan dengan umur mobil, harga dan jenis mobil. Misalnya, untuk jenis mobil low MPV memerlukan pajak sekitar Rp3.5 juta sampai Rp4 jutaan per tahun. Tetapi untuk mobil lebih mewah atau kubikasi mesin tinggi memerlukan pajak Rp8 sampai 16 jutaan per tahun. 

Anda harus menyisihkan uang untuk pajak tahunan mobil agar pengeluaran tahunan tidak berat. Sisihkan sekitar ratusan ribu atau beberapa juta per bulan sehingga bisa membayar pajak tahunan tepat waktu.

4. Biaya service berkala


Anda harus menyiapkan biaya service berkala karena dalam satu tahun membutuhkan service beberapa kali. Tujuannya agar mobil Anda tetap bertenaga dan awet, untuk mobil baru umumnya memiliki waktu service pada kelipatan 5000 km dan beberapa titik km berikutnya. Yaitu di 20.000 km, 40.000 km, 100.000 km dan kelipatan berikutnya.
Bahkan, untuk beberapa jenis mobil tertentu harus menambah biaya service karena suku cadang harus diganti. Jangan sampai Anda mengabaikan biaya service berkala karena jika diabaikan menjadi beban perekonomian. Sebagai perhitungan, berikut ada daftar cairan mobil yang membutuhkan service. 

- oli mesin

Oli mesin adalah pelumas yang harus diganti secara berkala. Selain itu, memilih oli spesifikasinya harus tepat sehingga tidak mengganggu kinerja mobil. Jika salah memilih oli mesin maka fatal bagi mobil, umumnya biaya oli mesin sekitar Rp150.000 sampai Rp250.000 per liter. Tentunya Anda harus membeli oli kisaran liter sesuai kubikasi mesin mobil Anda.
Sebagai gambaran. Untuk sekali pergantian oli mesin mencapai Rp600.000 sampai 2.000.000. apalagi pergantian oli disarankan sesuai tiap jarak tempuh 5000 km sampai 10.000 km. Biasanya, oli mesin diganti sekitar 12 bulan sehingga mobil Anda harus ganti oli mesin 2 sampai 4 kali setiap tahun. 
Tetapi, jika mobil digunakan untuk bepergian jauh setiap hari maka pergantian oli lebih dari 4 kali. Bisa digambarkan, biaya pergantian oli mesin setiap tahunnya adalah Rp1.500.000 sampai Rp8.500.000. Belum lagi, biaya tersebut bisa bertambah sesuai kubikasi mesin mobil, spesifikasi oli yang dianjurkan pabrikan dan masalah lain yang mengharuskan mobil diganti oli.

- Oli transmisi

Walaupun oli transmisi jangka pergantiannya lebih lama dari oli mesin, tetapi harus diperhatikan. Umumnya, oli transmisi harus diganti pada jarak tempuh 30.000 km. Jika Anda menggunakan mobil untuk bepergian sewajarnya, oli transmisi bisa diganti sebanyak 2 sampai 3 tahun dengan biaya Rp400.000 sampai jutaan.
Selain mengganti oli secara berkala, Anda harus memperhatikan pergantian suku cadang fast moving. Sebagian suku cadang harus diganti berdasarkan jarak tempuh maupun umur penggunaan mobil, berikut ada ulasannya:

- Filter udara

Umumnya, Anda disarankan mengganti filter udara pada jarak tempuh 20.000 km. Tetapi waktu pergantian tersebut disesuaikan dengan pemakaian mobil, jika mobil digunakan pada jalanan berdebu maka pergantian filter udara semakin cepat.
Harga filter udara tergantung ukuran mesin mobil Anda sehingga biayanya berbeda setiap orang. Umumnya, biayanya sekitar Rp250.000 sampai 1 jutaan.

- Filter udara kabin
Jangan salah loh, semburan udara dari ventilasi AC mobil Anda memiliki filter yang harus diganti secara berkala. Anda bisa menggantinya selama 1 tahun dengan biaya Rp60.000 sampai Rp250.000.

- Filter BBM solar

Jika Anda memiliki mobil diesel, filter BBM solar harus diganti satu tahun sekali. Tetapi, jika menggunakan solar B20 maupun B30 lebih cepat diganti dalam hitungan bulan. Untuk harga filternya sekitar Rp70.000 sampai 500.000 an tergantung merk filter.
Sebenarnya, masih banyak biaya operasional maupun biaya perawatan memiliki mobil. Jika tidak keberatan dengan biaya punya mobil, Anda bisa membeli mobil cash atau sistem angsuran. Maybank Finance bisa dijadikan pilihan untuk kredit mobil impian Anda karena harganya bersaing.

Sumber:
https://www-cekpremi-com.cdn.ampproject.org/v/s/www.cekpremi.com/blog/estimasi-biaya-operasional-mobil-setahun/amp/?amp_js_v=a6&amp_gsa=1&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D#aoh=16333243277793&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.cekpremi.com%2Fblog%2Festimasi-biaya-operasional-mobil-setahun%2F

https://carusermagz.com/ingin-punya-mobil-ini-daftar-biaya-operasional-perawatan-dan-kepemilikan-yang-harus-diperhitungkan/


Related Posts