T17.18

4 Cara Mencari Lowongan Kerja Secara Online

Mencari pekerjaan itu gampang-gampang susah, ada kalanya Anda akan sering menerima info loker dan ada kalanya juga Anda akan kesulitan untuk mencari lowongan pekerjaan. Saat ini mencari lowongan pekerjaan bisa melalui berbagai macam cara. Dari mulai offline maupun memanfaatkan teknologi secara online.

Semakin berkembangnya teknologi, tentu saja pemanfaatannya semakin mudah  dan cepat saat digunakan. Temasuk ketika Anda mencari lowongan pekerjaan secara online.Dengan memanfaatkan teknologi online, Anda tidak perlu lagi repot atau membuang tenaga dengan mengelilingi perusahaan di kota satu persatu.

Cukup diam di rumah, persiapkan CV menarik, lamar pekerjaan, dan tunggu sampai adanya pemberitahuan lanjutan.

Keuntungan lainnya mencari lowongan pekerjaan melalui online adalah, fasilitasnya pasti sudah disiapkan. Misalnya menggunakan formulir pada Google, Anda tinggal mengisi data pada kolom yang sudah disiapkan.

Jika masih bingung cara mencari lowongan pekerjaan melalui online, Anda bisa ikuti beberapa cara di bawah ini :

1.     1. Manfaatkan sosial media

Sosial media adalah cara yang paling banyak digunakan untuk mencari lowongan pekerjaan. Anda bisa mengikuti akun-akun yang menyediakan jasa promosi lowongan pekerjaan. Dari pekerjaan tetap, pekerjaan di perusahaan BUMN, pekerjaan paruh waktu, hingga pekerjaan lepas bisa Anda temukan di sosial media. Selain dari akun informasi lowongan pekerjaan, Anda juga bisa mengikuti akun resmi dari perusahaan yang Anda tujuan atau Anda kenal.

Namun, dalam mencari informasi melalui sosial media, Anda diharapkan untuk berhati-hati. Karena rentan akan informasi penipuan.

2.     2. Manfaatkan Aplikasi/Situs Penyedia Lowongan Kerja

Selain sosial media, Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan secara online dengan memanfaatkan aplikasi atau situs penyedia lowongan kerja. Dengan menggunakan aplikasi atau situs penyedia ini Anda bisa langsung membuat akun dan melamar lowongan kerja yang tersedia di berbagai perusahaan.

Keuntungannya, tentu saja Anda bisa langsung terhubung dengan perusahaan terkait, dan Anda juga bisa memantau proses atau tahapan lamaran Anda. Selain mudah digunakan, aplikasi dan situs penyedia lowongan kerja juga dianggap sebagai cara mendaftar online yang aman, terjamin, bisa lebih dipercaya keaslian lamaran.

3.     3. Cari Situs yang Terpercaya

Masih dari situs, Anda juga bisa mencari lowongan pekerjaan dari situs-situs resmi dan pastinya sudah sangat terpercaya. Misalnya, Anda mendapatkan informasi mengenai lowongan  pekerjaan di perusahaan A, Anda bisa langsung menuju situs resmi perusahaan A untuk memastikannya.

Dari situs resmi dan terpercaya biasanya juga ada fitur untuk bertanya, sehingga Anda bisa untuk mengajukan pertanyaan jika masih bingungbingung mengenai proses perekrutan. Dengan selalu berpegang pada situs yang terpercaya, Anda akan terhindari dari adanya penipuan.

4.     4. Selalu Update

Kunci dari keberhasilan dalam mencari lowongan pekerjaan secara online adalah sikap dan perilaku yang selalu update. Anda harus sering mengecek perkembangan informasi lowongan pekerjaan yang sempat Anda dapatkan.

Selain itu, dengan selalu update, Anda juga bisa mendapatkan banyak informasi  pilihan lowongan  pekerjaan. Selalu update sangat dibutuhkan dalam proses lamaran pekerjaan, karena nantinya Anda bisa menjadi pelamar tercepat dan berkemungkinan besar untuk dipilih perusahaan.

Nah itu dia 4 cara untuk mencari lowongan pekerjaan secara online yang bisa Anda coba. Yang harus selalu diingat, dalam melamar pekerjaan secara online, pemenuhan kualifikasi yang diminta juga sangat penting. Sehingga disarankan untuk mendaftar pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda.

Related Posts