T15.03

Ini Dia 6 Perbedaan Nintendo Switch dengan Switch Lite, Mana yang Paling Bagus?

Sumber: id.pinterest.com 

Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini, membuat para pengembang konsol banyak melakukan inovasi terbaru untuk memberikan kenyamanan bagi para pengguna dalam bermain game. Salah satunya yaitu Nintendo Switch. Konsol ini menghadirkan berbagai lintas game yang menyenangkan untuk dimainkan.

Nintendo Switch adalah konsol multifungsi yang bisa dimainkan baik portable maupun dihubungkan ke media seperti televisi. Bahkan, tidak sedikit orang yang sering memilih Nintendo Switch sebagai hiburan seru untuk menghabiskan waktu selama stay at home. Namun, karena harganya yang terbilang mahal, membuat beberapa orang seringkali mengurungkan niatnya untuk membeli Nintendo Switch.

Sebagai alternatif, Nintendo mengeluarkan Nintendo Switch Lite yang dibanderol dengan harga lebih murah dari konsol sebelumnya. Buat kamu yang merasa Nintendo Switch terlalu mahal, bisa memilih versi lite-nya. Perbedaan harga kedua konsol tersebut tentu memiliki spesifikasi dan fitur yang berbeda-beda. Ingin tahu apa saja perbedaannya tersebut? Simak berbagai perbedaan Nintendo Switch dengan Switch Lite yang telah kami rangkum di bawah ini yuk.

 

  1. Ukuran Layar

Sumber: id.pinterest.com 

Nintendo Switch hadir dengan layar sebesar 6.2 inci. Sedangkan, Switch Lite dibekali dengan layar berukuran mungil, yaitu 5.5 inci. Untuk resolusinya, kedua konsol ini sama-sama mempunyai layar beresolusi HD 1280 x 720 piksel.

Kedua konsol Nintendo ini juga dilengkapi dengan panel layar sentuh LCD. Jika dilihat sekilas, ukuran layar pada Switch Lite lebih mirip seperti layar ponsel pada umumnya.

  1. Aksesoris dan Controller

Sumber: id.pinterest.com

Hal yang paling signifikan antara Nintendo Switch dengan Lite adalah bagian controller dan berbagai aksesori pendukungnya. Nintendo Switch Lite memiliki mode pemakaian yang sangat terbatas, karena perangkat ini tidak dilengkapi dengan Joy Con. Hal ini membuatnya hanya dapat digunakan dalam mode handheld saja. Tidak seperti Nintendo Switch yang dapat digunakan dalam 3 mode, yaitu Tabletop, TV mode, dan Handheld.

Switch Lite juga tidak di support IR Motion Camera dan HD Rumble. Selain itu, pada paket pembelian tidak terdapat Nintendo Switch Dock. Jadi, kamu gak bisa menghubungkan Switch Lite ke televisi lewat HDMI atau dock. 

Baca : Bermain Game Penghilang Bosan Saat Pandemi, Coba Mainkan Game Ini!

  1. Kapasitas Baterai

Sumber: id.pinterest.com

Nintendo membekali Switch Lite dengan baterai berkapasitas 3570 mAh.  Sementara Nintendo Switch mempunyai kapasitas baterai sebesar 4310 mAh. Walaupun kapasitas baterainya cukup kecil, namun Switch Lite memiliki ketahanan daya yang jauh lebih baik dibandingkan Switch standar.

Misalnya, saat memainkan permainan The Legend of Zelda: Breath of the Wild, konsol Switch Lite mampu bertahan sampai 4 jam, sedangkan Switch standar hanya mampu 3 jam saja.

  1. Pilihan Game yang Ditawarkan

Sumber: id.pinterest.com

 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, jika Nintendo Switch menawarkan tiga mode game yang dapat dipilih, mulai dari TV mode, Tabletop, dan Handheld. Sementara, Switch Lite hanya memiliki satu opsi mode, yaitu handheld. Perbedaan tersebut mempengaruhi pilihan game yang bisa dimainkan. Dengan Switch Lite, kamu hanya bisa memainkan game dengan ikon mode Handheld saja.

Namun dengan Nintendo Switch, kamu bisa memainkan semua judul permainan yang diusung khusus untuk Nintendo Switch. Meski hanya bisa dimainkan di mode handheld, tapi Switch Lite masih tetap menawarkan banyak opsi game yang seru untuk dimainkan.

  1. Ukuran dan Berat

Sumber: id.pinterest.com 

Perbedaan yang terlihat jelas antara Nintendo Switch dengan Switch Lite adalah dari segi ukurannya. Switch Lite memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Switch standar. Konsol Switch dibekali spesifikasi ukuran tinggi 4 inci, tebal 0.55 inci, dan lebar 9.4 inci.

Kalau Switch Lite, dirancang dengan ketebalan 0.55 inci, tinggi 3.6 inci, dan lebar 8.2 inci. Ukurannya yang lebih kecil, menjadikan Switch Lite memiliki berat lebih ringan, yaitu 270 g. Sementara, Switch standar mempunyai berat 400 g.

  1. Harga Switch dan Switch Lite

Sumber: id.pinterest.com

Nintendo Switch Lite dikhususkan untuk konsumen yang memiliki budget terbatas, namun tetap ingin menikmati bermain game lewat konsol. Switch Lite dibanderol dengan harga $199 atau kisaran Rp 2.8 juta. Lebih terjangkau dari Nintendo Switch yang ditawarkan dengan harga $299 atau kisaran Rp 4 jutaan.

Itu dia tadi, ulasan tentang perbedaan Nintendo Switch dengan Switch Lite. Baik Nintendo Switch dan Switch Lite, keduanya sama-sama memiliki keseruan yang tak terbatas dalam bermain game. Jadi, sudah mempertimbangkan yang mana nih untuk mendukung aktivitas bermain game kamu?

Related Posts