T23.29

Kini Siapapun Bisa Kelola Stress secara Bijak dengan Platform Mindtera

 "Sedikit-sedikit emosi, temperamen!" Ya. Saya memang memiliki masalah dalam mengelola emosi. Seringkali tiba-tiba marah tanpa alasan, bahkan banyak yang mengatakan bahwa saya sangat temperamen. Awalnya, saya pikir itu adalah hal wajar, dan mungkin sudah mendarahdaging pada diri ini. Namun, ketika dipikir-pikir lagi, perasaan mudah emosi merupakan hal buruk yang harus diubah secara perlahan. Terlebih, saya tidak ingin emosi tersebut berdampak pada produktivitas saya sehari-hari. Saya harus mencari solusi.

 Tepat pada Jumat, 1 Oktober 2021 saya mengikuti event secara daring bersama Mindtera dengan tema #SEMUABISADIKELOLA Dengan Aplikasi Mindtera: Kelola Stress Dengan Berkesadaran yang dipandu langsung . Event ini membantu saya dalam mengelola stress, di tengah pandemi dan kuliah daring yang tak berkesudahan, dan hal itu memberi impact yang luar biasa terhadap perubahan mindset saya.

Ketika berbicara emosi, tak luput dari istilah stres. Stres sendiri merupakan reaksi fisik maupun emosional kita saat menghadapi berbagai perubahan yang memaksa untuk menyesuaikan diri. Memang pada dasarnya, dan merupakan hal yang normal sebagai reaksi manusia. Akan tetapi, yang jadi masalah adalah ketika stres itu berlebihan.

Dari Stress Jadi Burnout: Waspada!

Stres adalah suatu hal yang tidak dapat dihindari, namun bisa dikontrol. Setiap orang tingkat stress yang berbeda dengan penyebab yang berbeda-beda juga. Bisa karena terlalu banyak melakukan beberapa pekerjaan dalam satu waktu, adanya deadline yang menumpuk, perasaan yang tidak dapat diucapkan, kurang ruang privasi, atau bahkan karena stres itu sendiri.

Dalam pekerjaan, stres cukup mengganggu ketika ia sudah berada di tahap Burnout. Kondisi ini, menggambarkan stres berat karena pekerjaan yang sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. Tiga indikator stres bisa dikatakan burnout yakni tubuh yang kelelahan, ketidakefektifan yang menimbulkan turunnya produktivitas, dan sinisme dalam pekerjaan.

Dua dari tiga tanda tersebut telah saya alami. Saya merasa kadang cape sendiri, malas dan tidak mood untuk melakukan pekerjaan yang seharusnya dikerjakan. Ini sangat mengganggu saya, terlebih banyak pekerjaan yang harus saya selesaikan di waktu yang bersamaan. Dan pada event kali ini, saya bertemu aplikasi yang sangat membantu mengatur emosi, yakni Aplikasi Mindtera.

Mengenal Platform Mindtera : Aplikasi Edutech Dengan Multiple Intelligence Pertama di Indonesia

Wahyu Bhaskoro, Co-Founder Mindtera menegaskan, bahwa adanya aplikasi Mindtera bertujuan agar masyarakat semakin "aware" dengan multiple intelligence. 

Related Posts