T16.38

Simak Cara Ganti Oli Mobil yang Benar dan Bisa Anda Coba

Oli mobil mempunyai fungsi penting dalam menjaga performa mobil. Setidaknya oli mobil diganti minimal 3 bulan sekali atau setiap 5000 km. Berikut ini cara ganti oli mobil yang benar. Simak penjelasan berikut supaya mengetahui informasi secara detail.

Sebenarnya cara mengganti oli bisa dipelajari dengan mudah. Anda perlu mengetahui hal apa saja yang harus dibongkar pasang serta menyiapkan wadah oli bekas dan oli yang baru. Tetapi jika Anda tidak tahu apa yang harus dibongkar pasang, sebaiknya dibawa ke bengkel.

Simak Cara Ganti Oli Mobil yang Benar

Untuk mengganti oli mobil tidak semudah mencuci mobil atau memoles baret yang halus. Mengganti oli mobil sendiri harus memiliki pengetahuan dasar tentang langkah-langkah yang wajib dipahami. Jika Anda ingin mengganti mobil sendiri tetapi ragu Anda bisa mengganti di bengkel ganti oli. Berikut cara ganti oli mobil yang benar.

Mempersiapkan Peralatan Ganti Oli

Sebelum mengganti oli sebaiknya Anda mempersiapkan peralatan terlebih dahulu. Agar nanti tidak terlalu ribet jika sudah mengganti oli. Pertama Anda butuh kunci pas serta wadah untuk menampung oli bekas.

Usahakan Temperatur Mesin Sesuai

Temperatur mesin yang ideal saat akan mengganti oli adalah hangat atau tidak dingin dan tidak panas. Jadi sebaiknya panasi mobil terlebih dahulu selama 2-3 menit supaya oli menghangat dan lebih encer, bahkan kotoran akan tercampur oli serta akan ikut terbuang. Selain itu oli akan mudah mengalir saat tutupnya dibuka karena sudah lebih encer.

Membuka Kap Mesin Serta knop Ganti Oli

Setelah membuka kap mesin, jangan lupa untuk membuka knop tempat pengisian oli. Karena metode ini merupakan proses pengurasan oli yang bisa berjalan dengan lancar dan cepat.

Buka baut Penguras Oli

Cara ganti oli mobil yang benar selanjutnya, tahap ini sedikit rumit, karena baut penguras harus dibuka dan posisi ada pada bagian bawah blok mesin. Cara membukanya bisa menggunakan kunci pas serta jangan lupa untuk melepaskan gasket atau ring. Jangan lupa untuk meletakkan baskom di bawah baut penguras oli, karena baskom tersebut berfungsi untuk menjadi wadah oli bekas yang mengalir.

Melepas Filter Oli

Langkah selanjutnya untuk mengganti oli mobil adalah membuka filter. Untuk membuka filter Anda bisa menggunakan kunci pas. Pada filter oli motor bentuknya bulat serta ada gasket. Jika Anda merasa filter sudah sangat kotor bisa diganti dengan filter yang baru.

Menguras Oli

Saat baut sudah terbuka serta filter ada di tangan Anda, biarkan oli lama pada mobil mengalir ke baskom. Proses ini sering disebut dengan proses menguras oli, jadi biarkan saja terus mengalir hingga habis.

Menutup Baut Penguras Oli

Sudah dikuras dan wadah akan penuh dengan oli bekas, jangan lupa untuk memasang kembali baut penguras oli serta gasket yang sudah dicopot untuk menghindari kebocoran. Setelah dipasang semua pastikan Apakah ada oli yang masih menetes atau tidak.

Memasang Filter Oli

Pasang kembali filter oli dengan benar, putar filter oli hingga kencang bisa dibantu menggunakan kunci pas. Ingat hati-hati saat akan memasang kembali bautnya, jika Anda memasang terlalu keras maka ulir akan rusak serta memiliki potensi oli bocor pada kemudian hari.

Menuang Oli Baru

Jika baut sudah terpasang hingga rapat, saatnya menuang oli baru pada lubang yang ada di mesin bagian atas. Perhatikan batas maksimal oli agar tidak kelebihan dan kekurangan. Setelah terisi tutup knop tempat ganti mobil lalu tutup kap mobil. Coba nyalakan mesin selama 3 menit terlebih dahulu sebelum digunakan.

Mengganti oli, tentunya memiliki beberapa manfaat untuk mobil. Berikut diantaranya:

Melindungi Suku Cadang Mesin

Mesin ada banyak bagian penting yang membuat mobil berjalan seperti poros engkol serta batang penghubung. Batang ini mengontrol piston mesin, dan bagian lain yaitu camshaft yang membantu untuk membuka tutup katup buang kendaraan. Dengan mengganti oli mesin kendaraan sangat penting untuk menjaga komponen tetap bergerak serta berjalan dengan baik. 

Membantu Performa Mesin Lebih Baik

Seringkali oli lama rusak karena terpapar panas, hal ini bisa menyebabkan kemampuan melumasi dinding silinder mesin hilang. Lumpur atau kerak pada mesin akan menumpuk pada area yang menghalangi aliran kebagian yang butuh dilumasi. Oli berfungsi untuk menarik panas dari bagian mesin. Jika mesin diselimuti kotoran serta kerak yang mengendap hal ini membuat mesin berjalan kurang efisien serta performa menurun.

Tarikan Gas Lebih Terasa Enteng

Cara kerja jarak tempuh dipengaruhi dengan jumlah faktor termasuk lingkungan kebiasaan berkendara, medan serta perawatan kendaraan. Tanpa perawatan yang sesuai semua kotoran akan menumpuk pada mesin mobil. Hal ini menyebabkan gesekan. Perlu Anda tahu, gesekan merupakan musuh kinerja mesin serta penghematan bahan bakar. Memastikan mesin mobil selalu memiliki oli bersih membantu mengurangi gesekan serta memungkinkan mesin berjalan lebih efisien.

Umur Mesin Jauh Lebih Lama

Oli merupakan kehidupan untuk kendaraan Anda. Oli melumasi serta melindungi mesin dan banyak bagian penting pada mesin dari keausan serta kerusakan. Tinggal memastikan oli serta filter mobil diganti sesuai spesifikasi Anda bisa menjaga mesin mobil tetap bersih dan terlindungi.

Itulah cara ganti oli mobil yang benar, Anda bisa menerapkanya di rumah. Tetapi jika Anda ragu bisa membawa ke bengkel. Hubungi segera https://otoklix.com/ untuk kebutuhan oli dan service berkala mobil Anda.

Related Posts