T18.06

Tips dan Tutorial Membuat Smoothie Rumahan Terbaik, Mudah Dipraktekkan!

Jika Anda sedang mencari makanan yang kaya dengan nutrisi sekaligus booster untuk berolahrga, atau camilan enak yang dapat disantap dengan mudah, menu yang bisa Anda buat tidak terbatas jumlahnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor menjulang tingginya peluang usaha makanan, karena pilihan menu yang begitu banyak. Anda bisa menggunakan berbagai macam bahan makanan yang Anda inginkan atau yang harus Anda habiskan sebelum kadaluarsa. Dari sekian banyak kolaborasi menu yang bisa Anda buat, smoothie adalah salah satu jenis menu sehat dan dapat dibuat dengan mudah.

Cara Membuat Smoothie

Membuat smoothie untuk dikonsumi itu semudah menyampurkan bahan-bahan yang dibutuhkan ke dalam blender. Terdapat tiga elemen penting dalam pembuatan smoothie, yaitu cairan, buah atau sayur, dan faktor pendingin. Umumnya, faktor pendingin ini berupa buah atau sayuran beku yang sudah disimpan dalam kulkas atau freezer. Inilah cara membuat smoothie yang mudah dan simpel.

1. Masukkan buah beku dan/atau sayur ke dalam blender. Jika buah yang Anda pakai tidak beku, Anda bisa menambahkan beberapa es batu ke dalam blender. 

2. Tambahkan cairan ke dalam blender. Cairan yang dimaksud bisa berupa jus buah, susu, atau bahkan air putih biasa. 

3. Jika Anda ingin menambahkan buah atau sayur lain, Anda bisa memasukkannya ke dalam blender. Sedikit tekan bahan-bahan smoothie ke bawah agar bisa diblender dengan baik. 

4. Untuk sentuhan terakhir, tambahkan topping seperti bubuk protein, madu, atau kolagen yang dapat membantu menambahkan kandungan nutrisi dalam smoothie. 

5. Nyalakan blender mulai dari kecepatan rendah dan pelan-pelan tingkatkan sampai seluruh bahan tercampur dengan halus dan rata. 

6. Tuang ke dalam gelas dan smoothie sudah siap dikonsumsi.

Tips Membuat Smoothie

Pemilihan buah

Biasanya, orang-orang akan menggunakan stroberi, apel, buah bit, dan buah naga yang sudah dibekukan sebagai bahan dasar untuk membuat smoothie yang lembut saat sarapan. Untuk smoothie yang menyegarkan, Anda bisa memakai nanas, mangga atau pisang sebagai dorongan untuk rasa smoothie yang lebih menendang. Namun, tidak perlu khawatir. Tidak ada formula pasti yang harus Anda ikuti untuk membuat smoothie, karena Anda bisa menggunakan buah apapun yang Anda suka dan inginkan.

Tekstur smoothie

Untuk menyantap smoothie, disarankan Anda menggunakan buah yang beku. Smoothie akan tercampur lebih mudah dan menghasilkan minuman yang dingin tanpa perlu menambahkan es batu lagi. Jika Anda tidak memiliki buah beku, masukkan buah yang ingin Anda gunakan ke dalam freezer selama 30 sampai 40 menit sebelum dimasukkan ke dalam blender. Jika Anda ingin membuat smoothie tanpa menunggu buah untuk beku, cukup tambahkan beberapa es batu ke dalam blender dan campur hingga rata.

Kental atau cair?

Mayoritas orang lebih memilih untuk meminum smoothie dengan tekstur yang kental. Hal ini karena smoothie juga bisa dijadikan sebagai pengganti makan untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Oleh karena itu, teksturnya yang kental dapat membuat seseorang merasa lebih puas dan kenyang. Untuk membuat tekstur tersebut, Anda bisa menambahkan faktor pengental seperti Greek yogurt ke dalam campuran smoothie. Jika Anda bukan penyuka yoghurt, menambahkan selai kacang, mentega almond, atau yoghurt rasa lain juga bisa Anda jadikan pilihan.

Porsi smoothie

Dalam satu gelas smoothie, Anda bisa menggunakan lebih dari satu bahan dasar. Bahkan, orang-orang cenderung memakai lebih dari satu jenis buah dan sayur. Walau begitu, satu hal yang perlu diingat adalah untuk bisa mengontrol porsi yang akan diblender. Tergantung dari blender yang digunakan, pastikan Anda menambahkan bahan-bahan sesuai proporsi. Jangan lupa untuk tetap menyisakan sedikit ruang dalam blender agar smoothie dapat dibuat tanpa tumpah dan membuat dapur Anda berantakan.

Jumlah gula

Menu jenis ini merupakan salah satu menu yang enak disantap bila manisnya pas. Gula alami dari buah-buahan maupun sayur-sayuran sudah cukup untuk menutrisi tubuh dengan energi tambahan, khususnya di pagi hari. Oleh karena itu, resep ini cocok untuk Anda yang menyukai rasa manis. Namun, jika Anda merasa smoothie Anda masih kurang manis, cukup tambahkan madu sampai beberapa sendok dan jangan menambahkan gula. Anda juga bisa menggunakan buah-buahan yang sudah matang untuk rasa yang lebih manis lagi.

Cairan yang dipakai

Cairan ini berfungsi sebagai pengencer dalam smoothie Anda dan membantu bahan-bahan di dalam blender untuk tercampur lebih merata. Apabila Anda menyukai rasa kacang-kacangan, susu almond akan jadi pilihan yang cocok. Namun, jika Anda memilih untuk meminum smoothie yang segar, Anda bisa menggunakan air kelapa. Jus buah, seperti jus jeruk atau jus semangka juga bisa Anda coba gunakan jika Anda bukan penggemar susu. Pastikan untuk menyesuaikan jumlah cairan yang dituang dengan pengental. Jika Anda menggunakan sedikit pengental, cairan yang perlu dituang juga tidak perlu terlalu banyak.

Membeli jadi

Smoothie memang menjadi jawaban untuk orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk menyiapkan bekal. Mengetahui hal ini, terdapat banyak jumlah vendor yang menjual produk ini. Namun, sering ditemukan bahwa smoothie yang dijual mengandung gula yang tinggi. Alih-alih sehat, justru mengonsumi smoothie dengan kadar gula tinggi dapat mengganggu keseharian Anda. Oleh karena itu, Anda yang jarang sarapan disarankan untuk menyisakan sedikit waktu menyiapkan bahan-bahan dan membuat smoothie di malam sebelumnya. Sehingga, smoothie yang sudah jadi dapat disimpan dan langsung dibawa untuk pergi di pagi hari.

Related Posts