T17.26

Cara Mempromosikan Produk Secara Online yang Efektif

Perkembangan zaman telah merubah banyak hal, dan masa depan bukanlah lagi sesuatu yang tidak terbayangkan karena saat ini kita sudah merasakan beberapa di antaranya dan salah satu bukti masa depan semakin dekat dengan kita adalah dengan kehadiran internet. 

Hadirnya internet di era saat ini telah merubah banyak kehidupan manusia, mulai dari cara berkomunikasi, cara bekerja bahkan hingga cara berbelanja. Hal yang menandai perubahan cara berbelanja masyarakat adalah dengan menjamurnya platform e-commerce terutama di Indonesia dan salah satunya adalah LaDaRa.

Keunggulan Berjualan Online 

Bagi penjual tentu saja perkembangan di era internet ini sangat membantu mereka dalam melakukan penjualan karena memudahkan banyak hal-hal yang sebelumnya sulit diselesaikan dengan berjualan offline. Bagi konsumen hadirnya internet serta platform e-commerce telah memudahkan mereka dalam proses berbelanja karena tidak lagi harus repot-repot pergi ke toko untuk mencari barang yang dibutuhkan. Selain itu ada beberapa hal lain lagi yang menjadi keunggulan dari berjualan secara online dan berikut hal-hal tersebut. 

1. Jangkauan pasar yang luas 

Internet saat ini telah menjadi barang umum yang dimiliki oleh semua orang dan berhasil meruntuhkan batasan jarak yang biasanya menjadi penghambat untuk menjangkau pasar yang lebih luas saat berjualan secara offline. Kehadiran internet membuat penjual dapat menjangkau konsumen di manapun berada baik pasar domestik maupun pasar internasional. 

2. Mudah dijalankan 

Hanya dengan membuka akun dan menyeting toko di platform e-commerce kamu sudah bisa membuka tokomu sendiri dan berjualan secara online. Kemudahan ini tidak didapat dari berjualan secara offline  karena banyak pertimbangan yang harus kamu perhitungkan dan salah satu yang utama adalah modal untuk membuka toko. 

3. Tidak membutuhkan modal yang besar 

Dengan berjualan secara online kamu tidak perlu dipusingkan dengan sewa toko dan biaya operasional lain seperti listrik, air dan lain-lain. Tentu saja ini membuat pengeluaran dapat diminimalisir dan dapat difungsikan ke hal lain yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. 

4. Tidak memerlukan toko fisik 

Seperti yang sudah disinggung di poin sebelumnya salah satu kelebihan dari berjualan online adalah kamu tidak memerlukan toko fisik untuk memasarkan produk-mu Karena dengan hadirnya platform e-commerce kamu hanya tinggal membuka akun lalu membuka toko-mu di platform tersebut. 

5. Waktu yang fleksibel 

Berbeda dengan toko offline yang dibatasi oleh jam operasional maka sebaliknya di toko online kamu bisa menjual produk dari tokomu kapanpun. Konsumen pun dapat memesan produk di tokomu kapanpun ia mau dan kamu tinggal memprosesnya di jam operasional kamu.

Kekurangan Berjualan Online

Meskipun memiliki keunggulan, toko online juga memiliki kekurangan yang harus dipahami sebagai bahan analisa bagi kamu yang ingin membuka toko online. Berikut ini adalah hal-hal yang menjadi kekurangan dari toko online. 

1. Banyak kompetitor 

Karena mudahnya membuka toko dan berjualan secara online menggunakan platform e-commerce tak heran banyak orang yang tertarik untuk membuka toko online. Hal tersebut tentu saja membuat banyak para pemain baru yang sama-sama mencoba peruntungan dengan berjualan online dan hal ini membuat persaingan di usaha yang berbasis online ini menjadi ketat. 

2. Tingkat kepercayaan rendah 

Mungkin kamu sering mendengar penipuan belanja online yang terjadi dan hal ini tentu saja memiliki dampak kepada tingkat kepercayaan konsumen. Untuk menumbuhkan kepercayaan ini  dibutuhkan waktu yang lama serta konsistensi agar citra dan kredibilitas toko dan brand-mu dapat terbentuk di mata konsumen. 

3. Konektivitas internet 

Meskipun internet telah menjadi barang umum namun bagi sebagian orang yang tinggal di pelosok dan memiliki akses terbatas internet masih merupakan barang mewah. Hal itu tentu saja membuat jangkauan pasar ke lokasi-lokasi tersebut menjadi tidak memungkinkan. 

4. Pengiriman 

Selain internet hal lain yang umumnya  menjadi kendala adalah pengiriman, karena berjualan secara online identik dengan kirim mengirim yang menggunakan jasa pihak ketiga. Namun tidak semua pelayanan dari pihak ketiga tersebut sudah mampu mencakup pengiriman hingga ke pelosok yang sulit dijangkau dan tentu saja hal ini berdampak baik bagi penjual maupun pembeli. 

5. Digital marketing 

Dalam proses berjualan selain produk hal lain yang harus menjadi perhatian adalah strategi pemasaran. Dalam pemasaran secara online hal yang paling efektif untuk dilakukan adalah melakukan pemasaran menggunakan platform media sosial seperti instagram, twitter hingga facebook. Namun melakukan pemasaran secara online bukanlah perihal mudah karena kamu harus mempelajari seluk beluk dan penggunaan media sosial yang tepat untuk melakukan hal tersebut.

Baca juga : Kenali Pengertian dan Jenis-jenis Digital Marketing

Strategi Digital Marketing 

Seperti yang sudah dibahas di poin terakhir tentang kekurangan berjualan online, digital marketing merupakan hal yang sulit dilakukan karena memiliki format berbeda dari marketing konvensional pada umumnya. Namun meskipun sulit hal ini merupakan hal yang wajib untuk kamu pelajari karena digital marketing akan menentukan keberhasilan bisnis onlinemu 

Dalam mempelajari tentang digital marketing kamu bisa memulainya dengan memahami berbagai strategi digital marketing yang saat ini efektif untuk diaplikasikan. Berikut adalah beberapa strategi marketing yang penting untuk diketahui. 

Content marketing

Content marketing adalah tipe marketing yang menggunakan konten-konten menarik untuk membuat konsumen tertarik membeli produk kamu. Konten-konten tersebut dapat dibuat dalam berbagai bentuk baik itu foto, tulisan hingga video yang tentunya isi konten tersebut harus sesuai dengan produk apa yang kamu jual. 

Mobile marketing 

Tidak seperti dulu ketika handphone masih dikatakan sebagai barang mewah, saat ini hampir semua orang memiliki handphone dan hampir seluruh kegiatan dilakukan di piranti tersebut. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan, sosial hingga hiburan. Tidak heran jika mobile marketing menjadi salah satu strategi marketing yang efektif untuk dilakukan karena dapat menjangkau banyak orang. 

Continuous marketing 

Meskipun brand kamu sudah dikenali oleh konsumen bukan berarti kamu bisa berhenti untuk memasarkan produk-mu. Karena banyak contoh brand yang mati ketika ia memutuskan untuk tidak lagi melakukan promosi dan efeknya perlahan brand itu mulai dilupakan oleh konsumen. Selain agar dapat selalu diingat continuous marketing berguna agar brand kamu dapat menjadi pilihan utama dari konsumen. 

Visual marketing 

Menurut penelitian audience hanya membutuhkan waktu 2 detik untuk menentukan sebuah konten menarik bagi seseorang atau tidak. Maka dari itu penting untuk membuat konten unik yang efektif bagi audience dan hal paling mudah untuk melakukan hal tersebut adalah dengan membuat visual. Tak heran visual marketing merupakan hal yang wajib dilakukan bagi brand untuk memasarkan produknya terlebih jika menggunakan platform sosial media seperti instagram. 

Personalized marketing 

Personalized marketing adalah marketing yang ditujukan untuk target pasar spesifik yang sudah kamu tentukan sebelumnya. Konten ini disesuaikan dengan selera target pasar yang akan kamu tuju baik itu secara selera, umur, kelas sosial hingga gender.

Baca juga : 5 Email Marketing ToolsTerbaik untuk Strategi Bisnis

Sebelum kamu berjualan online, ketahui beberapa tips dibawah ini 

Jika kamu sudah mempelajari strategi marketing di atas maka saatnya kamu mengaplikasikan strategi tersebut untuk brand-mu. Hal penting lain selain strategi pemasaran yang tidak boleh terlewat adalah bagaimana kamu membentuk identitas dari brand-mu sendiri. Berikut tips yang dapat kamu aplikasikan untuk membangun identitas dari brand-mu. 

  • Pilih nama brand 

Nama pada brand merupakan identitas yang wajib dimiliki untuk memudahkan konsumen mengidentifikasi produk dari brand-mu. Dalam memilih nama diharuskan yang mudah diingat dan kreatif. 

  • Kelola sosial media dengan baik 

Media sosial merupakan platform yang efektif untuk digunakan sebagai sarana memasarkan produk dan berkomunikasi dengan konsumen. Maka dari itu penting bagi sebuah brand untuk mengelola media sosialnya dengan baik karena akan memiliki dampak pada citra dan identitas yang akan terbentuk di kemudian hari. 

  • Berikan diskon dan promo menarik 

Semua orang suka dengan barang murah apalagi gratis maka tak heran strategi dengan memberikan promosi merupakan hal yang paling efektif untuk menarik konsumen. Namun harus disesuaikan agar kamu tidak rugi juga ya! 

  • Sajikan foto yang menarik 

Kunci dari berjualan secara online adalah visual dan hal ini wajib juga diterapkan pada setiap katalog foto dari produk-mu. Karena bagaimana bisa kamu membuat konsumen yakin dengan kualitas produk-mu jika kamu saja tidak dapat merepresentasikan itu dengan baik secara visual. 

Itulah tadi beberapa keunggulan, kekurangan, strategi marketing serta tips yang dapat kamu aplikasikan untuk membangun brandmu yang akan dipasarkan secara online. Dalammemasarkannya kamu tidak perlu khawatir karena saat ini banyak platform e-commerce yang dapat membantu kamu dalam usaha memasarkan produkmu salah satu adalah LaDaRa

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam proses berjualan secara online.

Related Posts