T05.23

5 Pertimbangan Memilih Platform Exchange Kripto di Akhir Tahun

Perkembangan Investasi Kripto di Indonesia akhir - akhir ini telah mencengangkan banyak penggiat Investasi. Naiknya lalu lintas nilai transaksi aset kripto yang mencapai Rp. 478, 5 triliun per Juli 2021 kemarin menggambarkan antusiasme masyarakat Indonesia pada Investasi Kripto, naik 8 kali lipat dari nilai transaksinya di tahun 2020. Bagaimana tidak? Dengan pengguna kripto sebanyak 7,4 juta orang, pengguna kripto di Indonesia meningkat dua kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan terus bertambah.

Perkembangan ini tentunya merupakan hal yang positif dan prospek cerah kripto sepertinya juga masih akan terus berlanjut dengan banyaknya dukungan dari perusahaan raksasa dunia teknologi seperti Tesla, inc. Alphabet, inc. Dan raksasa FinTech seperti Square inc dan Paypal Holding.

Dengan momentum seperti ini, sekarang saatnya kamu masuk untuk ikut dalam investasi kripto. Inilah yang harus kamu pertimbangkan ketika kamu memilih aset untuk menanamkan modal kamu.

Mudah Digunakan 

Apakah anda familiar dengan trading? Investor pemula mungkin akan merasa terintimidasi dengan pertukaran yang diperlihatkan pada buku pemesanan dan interface yang kompleks dengan banyak grafik, bagan, dan informasi lainnya. Jika memang begitu, maka pilihlah platform exchange yang ramah pada pemula. 

Beberapa website exchange kripto memiliki tampilan basic dan advance untuk memudahkan pengguna memilih layout yang dirasa cocok. Sisanya memang sengaja dibuat supaya ramah pada pemula untuk menghindari kebingungan.

Likuiditas 

Mengerti peran likuiditas dalam kripto merupakan hal pertama yang harus dimengerti dalam investasi kripto. Trader perlu likuiditas, sehingga mereka bisa melakukan pertukaran kapanpun tanpa memindahkan pasar. Maksudnya adalah, sebuah exchange atau pertukaran dalam suatu platform harus memiliki volume permintaan yang cukup tinggi di buku permintaannya kapanpun waktunya.

Pilihan Aset 

Cari informasi tentang platform exchange yang anda pilih. Apakah platform tersebut memiliki aset yang anda inginkan? Ada ribuan aset tersedia di pasar uang kripto, tidak ada satupun exchange yang memiliki semua aset kripto dalam sistem mereka. 

Jadi, pilihlah platform exchange yang memiliki kebanyakan aset yang anda inginkan. Sebagai aset populer, Bitcoin dan Ethereum sudah pasti ada di kebanyakan Platform Exchange. Sedangkan aset yang tidak populer seperti Alice crypto misalnya, tidak tersedia di beberapa Platform Exchange. 

Baca juga: Apa itu Ethereum dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Sekuritas 

Kebutuhan akan keamanan dalam pertukaran uang kripto adalah hal jelas. Dengan menyimpan dana di sebuah exchange berarti anda mempercayai orang yang mengelola exchange tempat anda bernaung tersebut. Dalam banyak kasus, jika platform exchange terkena hack atau dicuri pegawai exchange, seringkali para pengguna kehilangan uangnya dalam waktu singkat dan tidak akan kembali.

Kebanyakan Exchange akan menjelaskan sekuritas mereka di websitenya. Perlu diingat bahwa tidak ada sekuritas yang aman 100 % dan mencari sekuritas mana yang paling aman itu sulit. Oleh karena itu, untuk bahan pertimbangan kamu, kamu bisa mencari tahu usia sebuah platform exchange, banyaknya pengguna yang terdaftar di sana, dan  platform mana yang memiliki masalah paling sedikit.

Dukungan Kepada Pengguna dan Pelanggan 

Terlibat masalah adalah hal yang biasa ketika menggunakan aplikasi exchange  kripto. Pengguna baru misalnya, pasti memiliki banyak pertanyaan mengenai pengetahuan dasar tentang kripto dan cara kerja Exchange kripto. Terkadang, customer support membutuhkan aksi yang cepat dengan uang yang jadi taruhannya. Pasa kripto yang berubah dengan cepat. Dan menunggu balasan berhari - hari dari customer support or service dapat berakibat fatal pada finansial anda. 

Oleh karena itu, investor harus mencari tahu reputasi dari customer service dari sebuah platform exchange, demi kenyamanan anda dalam berinvestasi kripto. Jadi, tertarik membuat akun Bitcoin? Kunjungi website Pintu. 

Pintu adalah aplikasi jual beli bitcoin dan aset crypto lainnya yang telah terdaftar resmi di Bappebti. Di Pintu, kamu bisa mengecek pergerakan harga aset, membaca berita-berita terbaru tentang crypto serta melakukan investasi dan trading hanya mulai dari Rp11.000 saja, lho. Download Pintu lewat Play Store dan App Store kamu!

Related Posts