T20.18

Peran UNAIR dalam Pembangunan Berkelanjutan : Langkah Menuju Indonesia yang Lebih Baik

Kesejahteraan, kesetaraan, dan lingkungan, merupakan aspek fundamental yang harus dimiliki oleh negara-negara yang beradab. Dilansir dari www.sdg2030indonesia.org, terdapat 17 indikator yang hendak dicapai oleh petinggi-petinggi negara pada 2030 mendatang guna mewujudkan kehidupan manusia yang ideal. Untuk mencapai indikator-indikator tersebut, dalam suatu negara harus terjadi sinergi antara satu elemen dengan elemen lainnya, melalui program yang dikenal dengan Sustainable Development Goals (SDGs).

Melalui program SDGs, setiap manusia diharapkan memiliki tanggungjawab atas segala dampak yang ditimbulkan dari aktivitas setiap individu. Sehingga, menjadi fokus bagi dunia internasional untuk mengawasi dan memberikan dukungan bagi perkembangan peradaban. Dalam program ini, banyak desa-desa, lingkungan, komunitas, aktivis, bahkan perguruan tinggi turut ambil andil dalam menyukseskan program pembangunan berkelanjutan secara global.

Salah satu yang patut diapresiasi adalah Universitas Airlangga (UNAIR) yang mengambil peran dalam mendukung program mulia tersebut. Sebagai salah satu universitas terbaik yang dimiliki Indonesia, UNAIR memberikan progress yang membanggakan dalam menyongsong rencana aksi global. Hal tersebut dibuktikan dengan langkah-langkah yang telah dilalui UNAIR melalui beragam program yang progresif.

Sesuai dengan poin SDGs "No Poverty and Zero Hunger", pihak UNAIR mengambil langkah untuk menciptakan nilai-nilai kemanusiaan, dengan melakukan aktivitas membagikan makanan bagi orang yang membutuhkan. Manfaat kegiatan tersebut sesuai dengan tujuan SDGs yakni mengakhiri kemiskinan di manapun dan dalam bentuk apapun. Sehingga, masyarakat dapat merasakan dampak positif dari kegiatan yang ada.

Sebagai salah satu kampus World Class University di Indonesia, UNAIR juga turut andil dalam menegakkan kesetaraan gender dengan turut serta mewadahi keperluan riset dan pemberdayaan berbasis gender melalui program yang disebut rumah Griya Khadijah. Yang istimewa dari program ini, mahasiswi yang tinggal dalam rumah tersebut, dididik dengan sistem seperti pesantren. Selain itu juga, mahasiswi diberikan pembekalan mengenai wirausaha yang sangat bermanfaat di masa yang akan datang.

Dalam menciptakan "Indonesia yang Lebih Baik", tak lengkap rasanya jika kita belum "aware" terhadap isu-isu lingkungan, seperti ketersediaan air bersih. Seperti yang kita ketahui, air bersih adalah kebutuhan mendasar setiap insan, dan tugas kita adalah untuk menjaganya agar tetap ada untuk anak cucu kelak. Baru-baru ini, UNAIR mengadakan sosialisasi bertajuk “Kajian Kapasitas dan Kondisi Pendukung (Enabling Environment) Pencapaian Target Sanitasi Aman Jawa Timur 2021”. Yang diharapkan mampu memberikan inovasi atau gagasan baru untuk mencapai target sanitasi yang baik.

"Gebrakan" UNAIR dalam melaksanakan program SDGs, menjadi lanagkah yang mulia dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik kedepannya. Dengan memaksimalkan pemberdayaan, kesejahteraan, kesetaraan, dan lingkungan, UNAIR bisa menjadi role model perguruan tinggi dalam mencapai target 17 poin SDGs.

Related Posts