T13.43

7 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Surat lamaran kerja pada dasarnya adalah surat untuk meyakinkan HR tentang kelayakan Anda untuk posisi terbuka yang Anda lamar. Bersamaan dengan mengungkapkan minat Anda pada pekerjaan itu, surat itu akan menyoroti kualifikasi, keterampilan, pengalaman, dan pencapaian Anda. 

Tentunya akan menjelaskan mengapa Anda mungkin menjadi orang terbaik untuk pekerjaan itu dan meyakinkan HR untuk memilih Anda lanjut next step. Menulis surat lamaran kerja yang baik wajib mengekspresikan minat Anda pada posisi yang tersedia dan merinci mengapa Anda paling cocok untuk pekerjaan itu. 

Anda harus menyertakan kualifikasi pendidikan dan keterampilan serta pengalaman profesional Anda. Ikuti tips dibawah ini untuk menulis surat lamaran kerja  yang dapat meyakinkan HR untuk mempertimbangkan Anda: 

Membaca detail iklan lowongan kerja

 Setelah membaca iklan pekerjaan, buatlah catatan tentang persyaratan yang perusahaan butuhkan dan bandingkan dengan kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman kerja Anda. 

Perhatikan kata kunci yang digunakan untuk dimasukkan dalam surat lamaran pekerjaan Anda untuk memperjelas kepada HR bahwa Anda telah membaca lowongan pekerjaan dan memahami apa yang mereka inginkan. 

Menggunakan format surat yang profesional 

Membuat surat lamaran kerja tetap dalam profesional misalnya, Anda dapat menggunakan perataan kiri dengan spasi tunggal, margin satu inci, dan font profesional 10 hingga 12. Anda ingin format surat terlihat bersih dan mudah dibaca. Usahakan agar informasi tetap singkat dan sesuai topik. 

Tujukan surat tersebut ke alamat yang jelas

 Cari tahu nama HR dan kirimkan surat lamaran kepada mereka. Anda bisa menulis "Halo, Mr./Mrs./Ms." atau "Bapak/Ibu/Ibu yang terhormat." dan ikuti itu dengan nama mereka. Jika Anda tidak dapat menemukan namanya, gunakan "Dear Recruitment Team". Jadilah profesional dan sopan! Menyapa orang yang tepat dengan nama atau gelar mereka serta mengambil pendekatan yang profesional akan membantu mendapatkan perhatian mereka dan membuat mereka membaca lebih lanjut. 

Mulailah dengan menyatakan minat pada pekerjaan itu 

Di awal surat, sebutkan jabatan profesional Anda, posisi pekerjaan yang Anda lamar dan di mana Anda membaca iklan pekerjaan. Pada paragraf yang sama, Anda dapat merinci kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman kerja yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut. 

Jelaskan kelayakan Anda untuk pekerjaan itu 

Anda dapat menguraikan lebih lanjut tentang keterampilan dan pengalaman kerja Anda di paragraf berikutnya untuk menunjukkan mengapa Anda untuk memenuhi persyaratan pekerjaan. Anda dapat berbicara tentang proyek yang pernah Anda tangani di mana Anda berhasil melakukan tanggung jawab yang sama. Merinci pengalaman kerja Anda dengan cara ini akan memungkinkan HR untuk menilai kemampuan Anda terkait dengan posisi pekerjaan tanpa perlu melihat resume. Untuk lebih jelasnya, klik contoh surat lamaran kerja yang dapat Anda jadikan referensi : 

Sorot atribut Anda 

Untuk lebih menekankan pada kelayakan Anda untuk posisi pekerjaan, Anda dapat menyebutkan aspek pribadi tertentu yang sesuai dengan pekerjaan itu. Misalnya, Anda mungkin berbicara tentang bagaimana kepribadian Anda yang ramah membuat Anda mudah bergaul dengan kelompok orang yang berbeda. Anda bisa menjelaskan bagaimana keterampilan komunikasi yang kuat membuat Anda menjadi pemain tim yang baik. 

Akhiri surat dengan ucapan terima kasih

 Akhiri dengan berterima kasih kepada HR karena telah meluangkan waktu untuk membaca surat lamaran pekerjaan Anda. Anda dapat mengakhiri surat dengan "Saya menantikan kabar dari Anda", diikuti dengan "Hormat kami" atau "Salam Hormat" dan nama lengkap Anda di bawahnya. Jika Anda mengirimkan salinan kertas surat lamaran kerja, Anda harus menambahkan tanda tangan Anda di atas nama Anda. Anda juga dapat memasukkan tanda tangan digital di tempat jika Anda mengirim salinan PDF. Dengan surat lamaran email, Anda dapat menyertakan detail kontak di bawah nama Anda. 

Setelah melamar kerja, diharapkan Anda dapat bergabung dan menjadi pemain tim yang baik. Semakin baiknya Anda, akan semakin dihargai juga. Tentunya hal ini juga berkaitan dengan performa sekaligus gaji Anda. Berbicara tentang gaji, LinovHR memiliki aplikasi payroll perusahaan yang aman dan akurat tanpa harus takut tidak bayar pajak atau penghitungan yang tidak pas. Sudah terintegrasi dengan absensi yang real time tentunya membuat hal ini akan memudahkan HR! Semangat selalu dan semoga sukses!

Related Posts