Begini Cara Investasi Real Estate Agar Raih Keuntungan yang Maksimal -->

Kategori Berita

.

Begini Cara Investasi Real Estate Agar Raih Keuntungan yang Maksimal

Faisol abrori
Rabu, 08 Desember 2021

Beberapa kalangan masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah investasi real estate. Investasi real estate ini memiliki banyak keuntungan. Sebelum Anda melakukan transaksi ini, hendaklah pahami terlebih dahulu cara investasi real estate agar untung maksimal. 

Secara kasat mata, bisa dilihat bahwa banyak keuntungan yang didapatkan oleh orang yang melakukan bisnis membeli tanah beserta rumah, gedung, proyek atau bangunan yang ada diatasnya. Biasanya harga yang ditawarkan cukup mahal, namun memang sudah terjamin fasilitasnya sesuai harga yang ditawarkan. 

Mengenal Investasi Real Estate Dan Perbedaannya Dengan Properti 

Investasi real estate memang hampir mirip dengan investasi properti. Hanya saja, investasi real estate ini hanya berfokus pada fisik bangunan saja tidak melibatkan kepemilikan tanah. Contohnya adalah Anda melakukan investasi real estate berupa pabrik, took ritel, perumahan, kondominium atau gedung kantor. Sedangkan investasi properti merupakan investasi kepemilikan tanah dan semua bangunan tetap yang ada di atasnya. Jadi, investasi properti ini jauh lebih besar dari pada real estate. Namun, keduanya sama–sama memiliki keuntungan.

Cara Investasi Real Estate Agar Untung Maksimal 

Keuntungan yang besar dari investasi real estate merupakan tujuan dan dambaan bagi setiap investor yang melakukan bisnis tersebut. Jika Anda menginginkan keuntungan yang maksimal, alangkah sebaiknya pahami terlebih dahulu cara investasi real estate agar untung maksimal seperti dibawah ini: 

1. Pilih Lokasi Yang Strategis 

Ketika Anda ditawari untuk melakukan investasi real estate berupa bangunan rumah, pabrik, toko ritel, atau gedung kantor, hendaklah pertimbangkan baik-baik dengan lokasi sekitarnya. Bagaimana jika lokasinya tidak strategis? Maka akibatnya keuntungan yang akan didapatkan tidak akan maksimal. 

2. Memperhitungkan Waktu dan Biaya Investasi 

Harga yang ditawarkan untuk investasi real estate ini akan terus naik turun. Sehingga Anda harus mempertimbangkan kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi. Perhatikan dengan baik mengenai kurva permintaan dan kurva penawaran yang sedang terjadi di pasar. Nah, Anda bisa menggunakan salah satu tools untuk menghitung biaya untuk berbisnis real estate seperti di bawah ini. Dengan begitu, Anda dapat mengetahui besaran biaya yang harus dikeluarkan setiap bulannya.  

3. Semangat Belajar Yang Tinggi 

Tidak ada seseorang yang handal dan ahli dalam bidang real estate tanpa melewati jatuh bangun terlebih dahulu. Sehingga, bagi Anda yang masih baru memulai investasi ini jangan patah semangat ketika mengalami sedikit kendala. Selalu belajar dari kegagalan merupakan hal terbaik. Memiliki semangat belajar yang tinggi terutama dari orang-orang yang sudah ahli dalam bisnis real estate merupakan jurus terbaik agar cepat mengerti. Anda juga bisa mempelajari tentang real estate ini dengan cara mengikuti seminar atau bimbingan dari para investor yang telah sukses. 

4. Ikhlas Berkorban Untuk Masa Depan 

Ketika Anda telah berikrar untuk melakukan investasi real estate, sebaiknya Anda siap untuk merelakan waktu dan harta Anda agar segera terpenuhi investasinya. Contohnya adalah Anda rela berkorban untuk hidup sederhana terlebih dahulu agar cicilan rumah atau bangunan yang Anda harapkan cepat terlunasi. 

BACA JUGA : Kota Baru Parahyangan Idaman Keluarga Yang Terjamin Di Masa Sekarang

5. Menjaga Rekapan Keuangan Dengan Baik 

Catatan keuangan yang merupakan rekapan dari uang masuk dan uang keluar adalah berkas yang penting untuk Anda jaga. Karena berkas tersebut bisa menjadi data yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui peluang keuntungan yang akan Anda ambil. Selain itu, dengan data keuangan tersebut Anda juga bisa mengetahui tingkat keuntungan dan kerugian yang didapatkan dari bisnis investasi real estate yang telah Anda jalani. Rekapan keuangan tersebut supaya disusun secara rinci dan rapi tanpa ada yang terlewatkan. 

Langkah Memulai Bisnis Investasi Real Estate Bagi Pemula 

Mungkin bagi Anda yang baru saja ingin bergabung untuk bisnis investasi real estate ini masih bingung dengan cara memulainya. Simak ulasan berikut ini agar Anda tidak salah langkah dalam memulai bisnis baru. Berikut beberapa ulasannya: 

1. Rencanakan Keuangan Dengan Matang 

Setiap bisnis investasi real estate itu tidak murah, dan bagi investor baru pasti diharuskan untuk membayar uang muka minimal 20%. Maka Anda perlu memiliki kas dan pendanaan keuangan yang sudah terjamin. Selain itu, pembelian properti akan membutuhkan biaya perbaikan. 

2. Memulai Berperan Aktif Dalam Investasi 

Peran aktif yang dimaksud dalam sebuah bisnis adalah setelah Anda membeli sebuah property, maka Anda mampu untuk menyewakan kepada orang lain. Terlebih lagi jika Anda berhasil membeli properti yang murah di bursa efek kemudian diperbaiki dan disewakan kembali dengan harga yang tinggi. 

BACA JUGA : 5 Passive Income Yang Menguntungkan Cocok Untuk Generasi milenial

3. Menjalin Hubungan Dengan Investor Lain 

Setelah Anda benar–benar terjun dalam dunia investasi, maka langkah selanjutnya adalah berusaha untuk memperbanyak teman sesame investor. Sehingga bisa saling bekerjasama dan bertukar pengalaman. Hal tersebut akan membuat Anda semakin ahli bisnis real estate. Bisnis investasi real estate memang memberikan keuntungan yang besar. Anda bisa memulai bisnis real estate dengan investasi rumah atau took ritel, hal yang terpenting sebelum Anda memulai bisnis ini adalah paham dengan cara investasi real estate agar untung maksimal.

BACA JUGA : Cara Mengelola Pinjaman Bank untuk Keperluan Bisnis dan Usaha