T12.23

Mengenal Apa Itu Ethereum dan Bagaimana Cara Kerjanya?

source image: investing

Apa itu Ethereum? 

Ethereum adalah sebuah platform komputasi terdesentralisasi yang difungsikan untuk menjalankan program yang disebut smart contract. Sama seperti bitcoin, dengan ethereum, kita dapat melakukan transfer uang digital tanpa bantuan pihak ketiga. 

Teknologi yang memungkinkan transfer uang digital tanpa perantara pihak ketiga dinamakan teknologi blockchain. Blockchain pada ethereum sendiri, berebeda dengan blockchain pada bitcoin. Pada ethereum, teknologi cenderung lebih fleksibel, karena memperbolehkan developer untuk membuat aplikasi bebas di atas teknologi blockchain ethereum.

Bagaimana Smart Contract Ethereum Bekerja?

Smart Contract merupakan sebuah sebutan untuk program yang dijalankan di atas blockchain ethereum. Jika suatu kondisi dalam program terpenuhi, maka smart contract menjalankan perintah melalui program yang sudah terpasang secara otomatis, baik untuk transfer dana, maupun keperluan transaksi lainnya.

Pada dasarnya, smart contract merupakan kode yang bisa digunakan untuk memprogram apa saja. Hanya saja, yang membedakannya dengan program komputer yang lain adalah smart contract yang dibangun di atas blockchain ethereum, akan permanen berada di dalamnya.

BACA JUGA : Daftar Aset Digital yang Menguntungkan di Masa Depan

Smart contract biasanya dipakai untuk mengaplikasikan pada pembuatan stablecoin. Ya, salah satu penerapan smart contract yakni untuk membuat stablecoin. Ya, stablecoin sendiri merupakan koin yang berbeda dengan altcoin lainnya. Crypto pada dasarnya memiliki sifat fluktuatif, sehingga nilai dasarnya dapat berubah dengan tajam. Sehingga, ada yang disebut stablecoin.

Stablecoin sendiri adalah koin yang nilainya dibuat sama dengan aset non-digital, sehingga nilainya stabil.Salah satu contoh stablecoin adalah RupiahToken (IDRT). Aset kripto yang satu ini dibuat di atas smart contract ethereum dan nilainya setara dengan nilai rupiah. Tujuan adanya IDRT yakni untuk mendigitalisasi rupiah dengancara memproduksi token yang setara dengan nilai rupiah untuk didepositkan oleh pengguna, dan masuk ke dalam dompet ethereum pengguna.

BACA JUGA : 5 Strategi Investasi Forex agar Berjalan Lancar

Kegunaan smart contract juga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan aplikasi untuk melakukan transaksi pinjam-meminjam seperti contohnya AAVE dan Compound. Smart contract juga bisa dimanfaatkan untuk membuat decentralized exchange (DEXs) seperti Uniswap dan Sushiswap, kedua app ini merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai exchange atau pertukaran ETH dengan koin apapun selama memenuhi standar token ERC-20.

Kesimpulannya, smart contract berfungsi untuk mempermudah transaksi yang dilakukan oleh pengguna, tanpa menggunakan pihak ketiga baik sistem perbankan, dan lain sebagainya, dan sifatnya final. Artinya, segala transaksi yang terjadi dalam blockchain bersifat final dan tidak bisa diubah.

Apa Bedanya Ethereum dan Bitcoin?

Bitcoin dan Ethereum pada umumnya memiliki fungsi yang sama, yakni sama-sama melakukan transaksi secara langsung antara satu dompet dengan dompet lainnya, yang tidak membutuhkan perantara pihak ketiga seperti bank dan lain sebagainya. Namun, ketika dipelajari lebih dalam, ternyata keduanya berbeda dalam menjalankan fungsi tersebut.

Bitcoin terkenal sebagai blockchain generasi pertama dan merupakan aset kripto pertama dalam dunia cryptocurrency, di mana memiliki bahasa pemrograman yang tidak cukup fleksibel untuk developer membuat aplikasi-aplikasi rumit di atasnya, tentunya dengan alasan keamanan.

Berbeda dengan Bitcoin, Ethereum memiliki teknologi smart contract yang memungkinkan developer untuk membuat aplikasi-aplikasi rumit di atasnya, seperti yang sebelumnya sudah saya jelaskan di atas. Nah, Ethereum memiliki koin yang dinamakan Ether (ETH) di mana merupakan salah satu koin dengan kapitalisasi yang cukup besar setelah bitcoin. Setiap orang dapat melakukan exchange ETH to IDR dengan harga pasar terbaru.  

BACA JUGA : 5 Pertimbangan Memilih Platform Exchange Kripto di Akhir Tahun

Demikian teman-teman, terima kasih telah membaca artikel ini, semoga memberikan manfaat untuk pembaca sekalian. Oh iya, kami membuka peluang untuk brand-brand yang ingin melakukan kerja sama untuk periklanan, bisa langsung hubungi email kami di : faisolabrori5@gmail.com

Related Posts