T05.41

Begini Cara Menghitung Pendapatan Per Kapita Suatu Negara

Pendapatan per kapita kebanyakan sering digunakan sebagai indikator kemajuan suatu negara. Cara menghitung pendapatan per kapita mudah dilakukan Secara umum pendapatan per kapita suatu negara merupakan pendapatan rata-rata dari penduduk satu negara untuk per kapitanya. 

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan per kapita suatu negara. Salah satu faktor yang mempengaruhi pendapatan per kapita suatu negara tersebut adalah jumlah penduduk dan pendapatan nasional. Bagi Anda yang ingin mempelajari cara menghitung pendapatan per kapita suatu negara, dapat menyimak beberapa penjelasan dan fungsi dari pendapatan per kapita di bawah ini.

Fungsi Dari Pendapatan Per Kapita 

Selain memiliki beberapa manfaat, ternyata pendapatan per kapita memiliki fungsi yang dapat membantu serta dapat digunakan untuk mengukur indeks kesejahteraan masyarakat dari suatu negara. Sebelum Anda menghitung pendapatan per kapita, lebih baiknya Anda mengetahui beberapa fungsi dari pendapatan per kapita suatu negara berikut ini.

1. Sebagai Alat Untuk Mengetahui Tingkat Kemakmuran Suatu Negara 

Fungsi dari pendapatan per kapita yang pertama adalah dapat digunakan sebagai alat untuk mengetahui tingkat kemakmuran suatu negara. Hal tersebut dikarenakan oleh pendapatan per kapita akan secara otomatis dapat menghasilkan kisaran dari rata-rata pendapatan dalam suatu negara. Hal tersebut juga secara otomatis akan memberikan gambaran apakah masyarakat dalam suatu negara sudah makmur atau belum. 

2. Sebagai Alat Untuk Mengetahui Hasil Rangkaian Kegiatan Ekonomi 

Pendapatan per kapita dalam suatu negara juga dapat berfungsi sebagai alat untuk mengetahui hasil kegiatan ekonomi selama satu tahun yang telah dijalani. Dalam kata lain perhitungan pendapatan per kapita juga dapat digunakan untuk mengetahui beberapa hasil dari kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu pemerintahan dan masyarakat dalam satu tahun lamanya. 

BACA JUGA : Cara Mengelola Pinjaman Bank untuk Keperluan Bisnis dan Usaha

3. Sebagai Alat Untuk Membuat Kebijakan Di Masa Mendatang 

Ketika menghitung pendapatan perkapita suatu negara, secara tidak sengaja hal tersebut juga akan memberikan kemudahan dalam membuat kebijakan di masa yang akan datang. Dengan kata lain fungsi dari pendapatan per kapita suatu negara dapat menentukan kebijakan pemerintah di masa mendatang. Hal itu karena pendapatan per kapita akan mencerminkan kondisi dari kesejahteraan suatu negara. 

4. Sebagai Alat Untuk Menggambarkan Situasi Ekonomi 

Pendapatan per kapita dapat dijadikan sebagai tolak ukur untuk menggambarkan situasi ekonomi suatu negara. Fungsi dari pendapatan per kapita dapat dijadikan sebagai sumber informasi ketika ingin menganalisis suasana ekonomi suatu negara. 

BACA JUGA : Cara Memaksimalkan Teknologi Dalam Investasi dan Bisnis

Cara Mudah Menghitung Pendapatan Per Kapita 

Dalam menghitung pendapatan perkapita suatu negara dapat menggunakan 2 cara yaitu dengan menghitung pendapatan per kapita nominal serta dapat menggunakan cara menghitung harga tetap atau konstan dari acuan pendapatan per kapita riil. 

Menghitung rata-rata pendapatan dalam suatu negara atau pendapatan per kapita dapat menggunakan rumus dasar membagi pendapatan nasional dengan semua jumlah penduduk dalam satu negara. Berikut beberapa cara menghitung pendapatan per kapita suatu negara yang dapat Anda pelajari secara mandiri.

1. Perhitungan Normal 

Cara menghitung pendapatan per kapita suatu negara yang pertama adalah dapat menggunakan perhitungan normal. Melalui cara ini dapat diketahui menggunakan Produk Nasional Bruto dengan harga yang telah ditetapkan. Ketika melakukan perhitungan menggunakan cara ini, Anda dapat melihat rumus Gross Domestic Product atau GDP. Rumus umumnya adalah harga yang berlaku dalam GDP dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara. Pembagian rumus tersebut akan menghasilkan pendapatan per kapita atau PKK dalam suatu negara. 

BACA JUGA : Apa Itu Point of Sale? Apa Fungsi dan Manfaatnya Bagi Pemilik Usaha?

2. Perhitungan Riil 

Perhitungan riil dapat digunakan sebagai cara menghitung pendapatan per kapita suatu negara. Usaha serta bisnis yang berkembang di suatu negara akan memberikan pengaruh besar terhadap pendapatan per kapita. Dalam konsep pendapatan per kapita riil ini, pengembangan usaha atau bisnis yang sedang dijalankan akan membantu perkembangan pendapatan per kapita suatu negara. Dengan kata lain Anda juga akan berkontribusi terhadap proses perhitungan pendapatan per kapita ini. 

Perhitungan riil dapat menggunakan rumus dasar produk nasional bruto untuk harga konstan atau tetap dibagi dengan jumlah penduduk suatu negara. Pembagian dari rumus tersebut akan menghasilkan jumlah pendapatan per kapita suatu negara. Jika suatu negara mengalami peningkatan dalam hal pendapatan per kapita untuk setiap tahunnya, maka secara otomatis tingkat kesejahteraan dan kemakmuran suatu negara akan meningkat. 

Pendapatan Perkapita Negara Indonesia 

Didasarkan oleh akun CNBC Indonesia resmi, Ida Fauziyah selaku Menteri Ketenagakerjaan Indonesia telah melaporkan bahwa Negara Indonesia memiliki tantangan dalam hal pendapatan per kapita untuk 5 tahun kedepannya. Hal tersebut juga telah disesuaikan dengan sasaran makro pembangunan tahun 2020 sampai 2024. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa fitur bisnis serta usaha yang Anda jalankan dapat memberikan pengaruh besar terhadap cara menghitung pendapatan perkapita suatu negara.

Related Posts