Potensi Aset Kreatif Semakin Tinggi, Ini Resolusi Cuan Versiku di Tahun 2022! -->

Kategori Berita

.

Potensi Aset Kreatif Semakin Tinggi, Ini Resolusi Cuan Versiku di Tahun 2022!

Faisol abrori
Jumat, 31 Desember 2021

Bagiku, 2021 adalah tahun dimana setiap orang berjuang untuk hidup. Mulai dari struglle dari wabah covid-19, hingga bertahan dari ekonomi yang tak menentu. Aku sendiri harus melakukan banyak inovasi untuk mempertahankan finansial selama setahun belakangan ini. 

Selain aku, ternyata semua orang begitu. Kita dipaksa untuk terus menghasilkan inovasi yang baru bagi perkembangan dunia, dalam segala bidang. Kalau tidak, justru kita yang akan tertinggal dan terbelakang.

Hal paling berarti yang bisa aku pelajari di Tahun 2021 ini adalah "cerdas melihat peluang". Nah, kecerdasan dalam melihat situasi dan kondisi inilah yang akan aku bahas di artikel kali ini, melalui sudut pandangku, kira-kira seberapa pentingnya memahami peluang itu?

Dimana Ada Peluang, Di Situ Ada Cuan!

Ketika bisnis yang kita geluti tidak menghasilkan suatu hal yang produktif, maka hal yang bisa kita lakukan adalah jeli melihat peluang-peluang yang ada di sekitar kita. Apa hal yang bisa kita manfaatkan dan laku di pasaran? 

Salah satu contohnya adalah teman satu kelas saat SMP dulu, namanya Wildan Ali Wafa, ia berani mengambil peluang untuk membuka jasa desain @sangardesaigners. Ya, sedari SMP dulu, memang ia memiliki ketertarikan khusus di bidang desain, dan ia juga berani take a chance untuk mengambil peluang ini.

Ia percaya bahwa kedepannya, dunia bisnis akan membutuhkan aset-aset kreatif yang memiliki daya tarik tersendiri. Pada 2018, ia mulai merintis usahanya tersebut, membuka kesempatan untuk bekerja sama dengan banyak pihak dalam hal desain logo, desain baju, desain CV, hingga jasa desain feed instagram. Hingga saat ini, Sangar Desaigners sudah melayani banyak klien yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Aset Kreatif : Bukan Sembarang Aset

Sangar Desaigners merupakan salah satu contoh brand yang memanfaatkan aset kreatif untuk menjadikan peluang usaha. Secara umum, aset kreatif berarti segala bentuk hasil dari ide atau imajinasi pikiran yang memiliki nilai jual dan bisa diperdagangkan. Misal, dalam bentuk tulisan, foto, video, desain, animasi, dan lain sebagainya.

Ditinjau dari urgensinya, aset kreatif sangat penting untuk hadir dalam ekosistem industri kreatif, dimana suatu perusahaan akan membutuhkan orang-orang yang memiliki keahlian di bidang-bidang tertentu untuk membantu mewujudkan target yang ingin dicapai.

Memiliki aset kreatif sangat menguntungkan sebagai bekal di masa yang akan datang. Seperti yang kita ketahui, sumber daya yang berbasis imajinasi dan kreativitas adalah sumber daya yang tidak akan pernah habis, dan terus menerus tumbuh sesuai dengan inovasi zaman yang ada. Dengan demikian, aku berpandangan bahwa keberadaan aset kreatif merupakan suatu keharusan sebagai bagian penting dari ekonomi bangsa.

Tahun 2022, Targetku Harus Bisa Memaksimalkan Aset Kreatif!

Aku sudah berkecimpung di industri kreatif sejak kecil, bahkan bibit-bibit kecintaan terhadap dunia tulis-menulis sudah ada sejak aku duduk di bangku SD, dan semakin bertambah semenjak mengenal dunia blog ketika duduk di bangku SMP. Berproses adalah salah satu hal yang terus aku tekuni hingga mencapai tahun 2021 ini. Tepat pada tahun 2022 kedepan, akan aku gunakan untuk melakukan promosi guna meningkatkan personal branding-ku khususnya sebagai seorang blogger.

Dalam mewujudkan resolusiku memaksimalkan potensi aset kreatif, aku menggunakan platform Kreatifhub, karena di sini, aku bisa mempromosikan jasa tulis dengan harga yang kompetitif tentunya.

Kehadiran Kreatifhub, Kebangkitan Aset Kreatif di Indonesia

Sebagai pelaku industri kreatif, kehadiran platform Kreatifhub dapat menjadi angin segar bagi kemajuan perdagangan aset kreatif di Indonesia. Pasalnya, melalui platform ini, kita bisa menjual jasa yang kita bisa, sepeti videografi, tulis-menulis, fotografi, MUA, dan lain sebagainya.Tak hanya itu saja, kita juga bisa menentukan sendiri berapa rate yang sesuai dengan jasa yang kita tawarkan. 

Bagi klien atau agensi, kehadiran Kreatifhub dapat mempermudah untuk mengkoneksikan dengan talent-talent yang berpengalaman, yang nantinya bisa disesuaikan juga, jika ingin mencari aset kreatif sesuai budget yang dimiliki. Misal nih, klien ingin mencari jasa foto produk, maka tinggal cari langsung di Kreatifhub, di bagian jasa foto, maka akan terdata siapa saja yang menawarkan jasa tersebut.

Akhir Kata

Kehadiran Kreatifhub dapat menjadi jembatan yang menghubungkan antara pemilik jasa dan orang atau perusahaan yang membutuhkan jasa tersebut. Dengan melihat semakin bertumbuhnya pelaku industri kreatif yang tersebar di seluruh Indonesia, hal itu berarti kita harus siap dengan potensi pasar kreatif guna memberikan lapangan kerja baru bagi generasi muda di Indonesia. Dengan Kreatifhub, kerja jauh lebih mudah.

Salam.