T13.59

Review Aplikasi Finku, Mudah Kelola Keuangan Melalui Smartphone

Halo teman-teman? Buat yang belum kenal aku, kenalin aku isol, nah kali ini aku akan review pengalaman pribadi menggunakan aplikasi Finku dalam mengelola keuangan. Nanti akan aku jelaskan dengan detail tentang aplikasi Finku, apa saja yang bisa kalian lakukan, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Simak hingga akhir artikel ya..

Aku dan Problem dalam Mengelola Keuangan

Mengelola keuangan memang menjadi suatu tantangan tersendiri bagi beberapa orang, termasuk salah satunya aku. Terlebih aku merupakan seorang mahasiswa yang kadang pendapatannya didapat dari nulis di blog, kadang dapet dari endorse produk di medsos. Akan tetapi, aku personally selalu kesulitan dalam mengelola keuangan yang baik dan benar, itulah kenapa aku mikir "keknya aku butuh aplikasi untuk mencatat keuanganku deh".

Beberapa waktu lalu, aku menemukan aplikasi Finku, yang kebetulan lewat via iklan di instagram. Karena aku penasaran dan merasa ini waktu yang tepat, jadi aku follow deh instagram finku, dan membaca-membaca tentang aplikasi ini, lalu memutuskan untuk mendownloadnya. So, here we go.

Aplikasi Finku - All Your Money in One


Aplikasi Finku adalah aplikasi personal financial yang membantu mengelola keuangan hanya melalui aplikasi. Dengan aplikasi ini, dapat mempermudah pengecekan keluar masuknya uang di berbagai bank, e-wallet, hingga aplikasi investasi.

Visi Finku adalah mendemokratisasi finansial untuk seluruh masyarakat Indonesia, mereka percaya bahwa setiap masyarakat Indonesia berhak untuk pengelolaan keuangan yang baik, sehingga Finku hadir untuk mewujudkan hal tersebut. Melalui visi tersebut, Finku berusaha untuk memberikan pelayanan finansial yang mudah dan transparan dalam satu aplikasi.

Review Pribadi Menggunakan Aplikasi Finku

Aplikasi ini membantu banget dalam mengelola keuanganku, karena di situ ada fitur "pengeluaran" yang memperlihatkan grafik pengeluaran kita sepanjang bulan. Jadi kelihatan persentasenya, penggunaan untuk apa saja, berapa nominalnya. Itu jelas, ya bagus dong, buat jadi "reminder" agar aku berhenti boros.

Selain itu, fitur yang gak kalah keren di aplikasi Finku, ada fitur "Budget". Sesuai namanya, fitur ini berfungsi sebagai "budgeting" apa saja pengeluaran yang harus dikeluarkan setiap bulannya, dialokasikan untuk apa saja. Ada juga fitur tagihan, pas banget buat jadi pengingat pembayaran tagihan kalian.

Ga hanya berhenti di situ, di dashboard awal, kita bisa melihat skor cash flow akun, buat memberitahukan seboros apa kita. :) Contohnya, di akunku, skor cash flowku hanya 38. Artinya, setiap bulan aku membelanjakan 87% dari total pemasukan. Cara naikinnya, harus semakin sering menabung yaa.

Kalau dari segi tampilan, oke. Aplikasi Finku terlihat eye-catching dengan perpaduan warna yang segar, ditambah grafisnya yang oke, jadi makin betah ngecek keuangan. Hanya saja, kadang ketika mau masuk, loading-nya agak lama, agak delay begitu, mungkin bisa diperbaiki untuk kedepannya. Tapi overall, it's very usefull. Fitur-fiturnya bermanfaat untuk membantu mengelola keuangan.

Apakah Aplikasi Finku Aman?

Keamanan pengguna merupakan prioritas bagi aplikasi Finku. Aplikasi Finku (PT. Sahabat Financial Kamu) sudah terdaftar di bawah KOMINFO dan Asosiasi FinTech Indonesia. Finku mengklaim sudah menggunakan teknologi 256-AES, yang setingkat dengan bank dan aplikasi fintech lainnya di dunia.

Aplikasi Finku menggunakan metode enkripsi, jadi hanya kamu yang tahu mengenai username dan password akun bank yang kamu masukkan. Jadi tenang saja. Selama ini aku fine-fine aja kok, nggak ada eror atau kesalahan yang fatal. 

Cara Mendaftar Finku

Perhatikan baik-baik step-by-stepnya ya.

  1. Unduh aplikasi Finku di Google Play Store/ Appstore
  2. Lalu klik "Buat Akun"
  3. Masukan data diri yang diminta. Untuk kolom referal masukkan "APPFINKU"
  4. Cek email, lalu masukkan kode yang dikirmkan melalui email
  5. Selesai, lanjutkan dengan login akun.

Cara Menghubungkan Akun Bank atau e-wallet di Finku

Setelah berhasil mendaftar dan masuk, langkah selanjutnya kalian bisa menghubungkan akun bank atau e-wallet. Berikut caranya:

  1. Klik tombol + berwarna kuning 
  2. Lalu pilih tambahkan bank atau e-wallet
  3. Tinggal memasukkan user id dan password
  4. selesai, kalian berhasil menghubungkan akun bank di aplikasi finku

Kesimpulan

Aplikasi Finku merupakan aplikasi yang membantu kita mengelola keuangan secara personal, dengan fitur-fitur yang dapat membantu kita untuk mencapai target keuangan bagi masa depan. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat. 

Related Posts