6 Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri yang Paling Banyak Diminati, Apa Saja? -->

Kategori Berita

.

6 Beasiswa Kuliah Di Luar Negeri yang Paling Banyak Diminati, Apa Saja?

Faisol abrori
Minggu, 30 Januari 2022
beasiswa kuliah di luar negeri yang paling diminati


Beasiswa Kuliah di Luar Negeri - Apakah Kamu memiliki niatan untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri? Sama saya juga. Sebagai solusinya Kamu bisa mendaftarkan diri dalam beasiswa kuliah di luar negeri. Belajar di negara asing merupakan keistimewaan tersendiri bagi para mahasiswa, jadi tawaran ini sangat menarik. 


Kamu perlu mempersiapkan semua kebutuhan dengan maksimal sebelum melanjutkan pendidikan di luar negeri ya guys. Pasalnya belajar di negeri orang bukanlah suatu hal yang mudah, Kamu juga harus memahami bahasa yang mereka gunakan untuk sehari-hari. 


Terdapat beragam beasiswa yang bisa Kamu pakai supaya bisa berkuliah di luar negeri, loh. Berbagai beasiswa untuk kuliah di luar negeri tersebut, biasanya akan ditawarkan untuk para pelajar yang berprestasi. Seringkali para pelajar berprestasi di bidang akademik, maupun non akademik di Negara Indonesia mendapatkan tawaran untuk kuliah di luar negeri melalui beasiswa. 


Cara mendapatkan beasiswa untuk kuliah di luar negeri juga cukup mudah dilakukan. Kamu bisa mendaftarkan diri dalam beasiswa kuliah di negeri asing atau luar negeri, kemudian Kamu akan mengikuti beberapa seleksi untuk bisa masuk dalam universitas di luar negeri. 


Oleh karena itu, persiapkan semuanya dengan matang sebelum Kamu mendaftarkan diri untuk kuliah di luar negeri. Pada zaman yang serba modern kali ini, keinginan Kamu untuk kuliah di luar negeri akan dimudahkan melalui perkembangan teknologi. 


Baca : Begini Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP 2022, Mahasiswa Harus Tahu!


Kalian bisa mencari beberapa referensi beasiswa untuk kuliah di luar negeri, kemudian mendaftarkan diri. Jika berhasil dalam mendapatkan beasiswa tersebut, maka Kamu bisa langsung pergi ke universitas luar negeri. Pada dasarnya, sebagian universitas yang memberikan beasiswa bagi para pelajar dari Indonesia ke luar negeri, ada yang memberikan dana hidup dan sebaliknya. Semuanya tergantung dari kebijakan setiap universitas yang dipilih. 


Daftar Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Paling Diminati



1. Beasiswa Kuliah Monbukagakusho, Jepang 


Rekomendasi beasiswa untuk kuliah di luar negeri yang pertama adalah monbukagakusho, Jepang. Beasiswa monbukagakusho, Jepang sendiri diberikan langsung dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang. Jenis beasiswa kuliah di Negara Sakura ini menarik untuk didapatkan, karena Kamu akan mendapatkan biaya hidup selama tinggal di Jepang. 


Meskipun begitu, Kamu harus menguasai bahasa Jepang terlebih dahulu. Ketika berkuliah di Jepang melalui beasiswa ini, tidak ada ikatan dinas sama sekali. Sehingga Kamu bisa bebas menjalankan rencana apapun ketika sudah selesai kuliah. 


Sementara bagi lulusan tingkat SMA beasiswa kuliah di luar negeri khususnya di Jepang ini antara lain program profesional training college, college of technology serta undergraduate. 


Baca juga : Begini Persiapan Kuliah di Jepang yang Harus Kalian Ketahui


2. Beasiswa Australia Awards 


Di Negara Australia Beasiswa Australia awards diberikan langsung oleh Department of Foreign Affairs and Trade Australia. Beasiswa tersebut diberikan sebagai penawaran program Australia Awards Scholarships. Penawaran program Australia Awards Scholarships ditujukan kepada beberapa negara yang telah menjalin kerja sama, baik secara bilateral maupun regional dengan Negara Australia. 


Termasuk Negara Indonesia, banyak para pelajar di Indonesia yang ingin kuliah di Australia karena letaknya dekat serta ingin melanjutkan kuliah di jenjang magister. Namun jika Kamu ingin berkuliah di Australia, pastikan IPK Kamu tidak kurang dari 2.9 serta tingkatkan kemampuan berbicara bahasa inggris sebelum mendaftar dalam beasiswa Australia awards. 


3. Beasiswa fulbright scholarships, Amerika Serikat 


Rekomendasi beasiswa kuliah di luar negeri selanjutnya adalah beasiswa fulbright scholarships, Amerika Serikat. Beasiswa yang diberikan dari Negara Paman Sam tersebut khususnya bagi para mahasiswa S1. 


Di Negara Indonesia beasiswa tersebut telah dikelola langsung oleh American Indonesian Exchange Foundation atau AMINEF. Jika Kamu tertarik dengan beasiswa ini, Kamu harus mengikuti beberapa tes. 


4. Beasiswa Chevening, Inggris 


Jika Kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di Negara Inggris, maka Kamu bisa mengikuti program beasiswa chevening, Inggris. Namun program beasiswa ini hanya ditujukan untuk lulusan S1. 


Hal menarik jika Kamu menginginkan kuliah magister di Inggris melalui beasiswa ini, Kamu hanya membutuhkan waktu satu tahun saja untuk program studi. Kelebihan lainnya program beasiswa chevening akan memberikan biaya hidup bagi para penerima beasiswa selama tinggal dan berkuliah di Inggris.


Baca : 5 Situs untuk Belajar TOEFL Secara Gratis


 5. Beasiswa Turkiye Burslari, Turki 


Rekomendasi beasiswa kuliah di luar negeri selanjutnya adalah beasiswa turkiye burslari. Namun sayangnya beasiswa turkiye burslari di Negara Turki ini, hanya ditujukan bagi para mahasiswa lulusan S1, S2 dan S3 saja. 


Terdapat persyaratan usia calon mahasiswa yang wajib mengikuti program beasiswa kuliah di turki tidak lebih dari 21 tahun. Jika Kamu berminat mendaftar dalam program beasiswa turkiye burslari, Kamu bisa memantau serta mengunjungi laman website turkiyebursiari.gov.tr/. 


6. Beasiswa Russian Government Scholarships, Rusia 


Program beasiswa kuliah di negeri asing atau luar negeri yang terakhir adalah beasiswa russian government scholarships di Negara Rusia. Menariknya program beasiswa tersebut ditujukan untuk lulusan SMA atau SMK. 


Belajar dan berkuliah di Negeri Rusia tidak harus menggunakan bahasa Rusia, Namun kalian bisa mengambil kelas kuliah dengan bahasa inggris untuk kemudahan berkomunikasi.


Walaupun begitu melalui beasiswa kuliah di luar negeri seperti Rusia tersebut, Kamu juga harus mempelajari bahasa rusia. Pasalnya bahasa rusia akan membantu Kamu dalam berkomunikasi dengan orang lain ketika kelas kuliah telah selesai. Sebenarnya masih banyak jenis beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa Kamu ikuti. Namun sebelum mengikuti beasiswa tersebut, pastikan Kamu sudah mempersiapkan semuanya dengan matang.


Demikian, 6 daftar beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa kalian coba, silakan share artikel ini jika bermanfaat. Terima kasih