Ingin Mendapatkan Beasiswa LPDP 2022? Begini Caranya -->

Kategori Berita

.

Ingin Mendapatkan Beasiswa LPDP 2022? Begini Caranya

Faisol abrori
Sabtu, 29 Januari 2022

LPDP atau singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan merupakan salah satu beasiswa yang sangat populer di Indonesia. Dapat dikatakan bahwa beasiswa LPDP termasuk dalam kategori beasiswa paling banyak diincar oleh mahasiswa. 

LPDP berkomitmen untuk mencetak pemimpin masa depan Indonesia, yang mana hal tersebut menjadikan beasiswa ini tidak selesai hanya dengan urusan pendanaan studi. Begitu masuk menjadi keluarga besar LPDP, maka awardee (penerima beasiswa) akan berjejaring dengan sesama awardee dan alumni LPDP di berbagai penjuru bumi. 

Baca juga : Persiapan Kuliah di Jepang Bersama Schoters

LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktor bagi putra putri terbaik Indonesia. Adapun beasiswa LPDP meliputi beasiswa afirmasi, targeted, reguler, dan kolaborasi. Seleksi beasiswa LPDP terdiri dari dua tahap yaitu tahap pertama, para peserta mendaftar secara online. 

Selanjutnya akan dilaksanakan seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, serta seleksi wawancara. Apabila pada tahap satu peserta calon penerima beasiswa LPDP dinyatakan lolos, maka akan lanjut ke tahap seleksi yang kedua. 

Pada tahap dua akan dilakukan seleksi seperti pada tahap pertama yang dimulai dari seleksi administrasi, seleksi substansi akademik dan kebangsaan, serta seleksi wawancara. Mengingat tingginya peminat dan periode pendaftaran yang hanya satu kali dalam satu tahun, maka anda membutuhkan persiapan yang sangat matang.  Pastikan anda dapat lolos terlebih dahulu pada tahap administrasi. 

Cara Mendapatkan Beasiswa LPDP 

Mari simak penjelasannya! 

Meraih skor tinggi pada TOEFL/IELTS 

Kemampuan berbahasa asing yang ditunjukkan melalui skor TOEFL/IELST/TOEIC/TOAFL merupakan satu dari beberapa persyaratan yang harus tuntas sebelum pendaftaran. Hal itu tentu saja membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya ekstra untuk mendapatkan skor yang tinggi. 

Dari sinilah perjuangan anda dimulai. Jika anda belum siap untuk belajar secara mandiri untuk memperoleh skor sesuai dengan persyaratan, maka salah satunya adalah dengan mengambil kursus. Saat ini banyak sekali kursus Bahasa Inggris yang menawarkan harga murah. 

Baca : 5 Situs untuk Belajar TOEFL Secara Gratis

Anda dapat mengikuti kursus Bahasa Inggris secara online atau langsung mendatangi tempat kursus. Persiapan ini akan sangat membantu anda untuk menghadapi tes bahasa asing yang bisa jadi membutuhkan usaha berulangkali sebelum mendapat skor yang diinginnkan. 

Baca : 7 Tips Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

LoA atau Letter of Acceptance 

Dokumen pendaftaran lain yang sebaiknya telah disiapkan adalah LoA atau Letter of Acceptance. LoA merupakan surat keterangan yang menyatakan bahwa perguruan tinggi yang dituju telah menerima anda. Sebenarnya LoA ini sifatnya tidak wajib diunggah dalam dokumen pendaftaran. Namun, adanya LoA bisa menjadi penguat anda dalam mendaftar beasiswa LPDP. 

Meskipun demikian, LoA bukan menjadi jaminan bahwa pendaftar akan langsung diterima sebagai awardee LPDP. Adanya LoA akan memudahkan pendaftar ketika sudah lulus serangkaian tes (seleksi administrasi dan substansi). Awardee yang telah memiliki LoA akan mendapatkan prioritas untuk mengikuti Persiapan Keberangkatan (PK) dan bisa mempersiapkan keberangkatan tanpa rasa gelisah. Sebaliknya bagi awardee yang belum mempunyai LoA, harus mendapatkan tiket masuk kampus yang dituju yaitu LoA dalam waktu satu tahun. 

Mau tidak mau, awardee harus mendapatkannya jika tidak ingin beasiswanya dicabut. LoA terdiri dari dua macam, yaitu Conditional (bersyarat) dan Unconditional (tanpa syarat). Jika anda mendaftar pada kampus yang berada di dalam negeri, maka anda harus memiliki LoA Conditional. 

Caranya adalah dengan mendaftar secara online, yang mana di dalamnya berisi rekomendasi dari profesor. Salah satu cara termudah untuk mendapatkan rekomendasi dari profesor adalah dengan adanya surat pengantar dari dosen pembimbing. Jadi, sebaiknya anda mempersiapkan hal-hal penting sebelum mendaftar beasiswa LPDP agar tidak panik saat pendaftaran beasiswa dimulai.