Ibu Muda Harus Sadar Akan Pentingnya Susu Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil -->

Kategori Berita

.

Ibu Muda Harus Sadar Akan Pentingnya Susu Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Faisol abrori
Selasa, 04 Januari 2022

Pentingnya susu untuk tumbuh kembang si kecil bisa dibilang menjadi salah satu sumber nutrisi penting, guna mendukung tumbuh kembang anak di masa balitanya karena terdapat beragam kandungan susu untuk tumbuh kembang si kecil. Setelah si kecil melalui masa-masa bersama ASI eksklusif, Anda sudah bisa menambahkan sumber nutrisi lain. 

Mengenal Kandungan-Kandungan Baik yang Terdapat Didalam Susu 

Balita membutuhkan dukungan nutrisi yang baik untuk masa pertumbuhanya ini. Penelitian menunjukkan bahwa susu bermanfaat dalam tahapan-tahapan atau proses pembentukan tulang untuk jangka panjang. 

Dikarenakan, kandungan yang ada didalamnya, kaya akan kalsium. Selain itu, ada kandungan gizi dari susu lainnya membantu menolong perkembangan si kecil sama halnya seperti beberapa kandungan berikut ini.

1. Protein 

Susu, merupakan bentuk tidak langsung dari komponen penting yang bisa digunakan menyempurnakan asupan nutrisi terutama bagi anak-anak. Pentingnya susu untuk tumbuh kembang si kecil tidak bisa diabaikan begitu saja. Termasuk ketika si kecil ada pada usia 1-3 tahun dan sangat memerlukan ASI atau susu. Susu menjadi salah satu dari sumber protein berjenis kualitas tinggi yang baik bagi pertumbuhan.

 Jenis protein tersebut adalah protein kasein yang aktif dalam tubuh balita dan whey yang membantu pertumbuhan. Sementara itu, kandungan lainya yaitu protein kasein bermanfaat dalam meningkatkan penyerapan mineral, seperti kalsium dan fosfor. Pentingnya susu untuk pertumbuhan si kecil dari sumber protein berkualitas tinggi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan kesehatan. 

Protein kasein, dijelaskan para ahli bermanfaat mengendalikan peningkatan proses penyerapan mineral, sedangkan protein whey dikatakan baik untuk pertumbuhan dan pemeliharaan otot berdasarkan penelitian ahli-ahli gizi. 

2. Lemak Susu 

Susu biasanya dikenal sebagai minuman penguat tulang dan gigi, ternyata setelah diungkit susu memiliki peran penting yang tidak bisa dipisahkan dalam perkembangan anak. Tetapi, sebenarnya dibalik fakta itu, susu kaya akan nutrisi misalnya; fosfor, zinc, vitamin A, vitamin D, vitamin B12, vitamin B2, asam amino, lemak susu dan asam pantotenat. 

Lemak susu merupakan salah satu lemak alami dan termasuk dalam kategori lemak kompleks. Pada anak-anak dan balita, lemak susu tersebut membantu tumbuh kembangnya. Lemak ini berbeda dengan lemak yang ada di makanan, dimana lemak ini akan berperan aktif dalam pembangunan fisik anak-anak. 

3. Vitamin Dan Mineral 

Susu adalah sumber vitamin dan mineral yang sangat baik, selain itu cara mendapatkanya mudah. Di antaranya adalah kandungan vitamin B12, kandungan kalsium, kandungan riboflavin, dan kandungan fosfor. Segelas susu memiliki kandungan 275 mg kalsium dan kaya akan vitamin D. Kalsium juga dibutuhkan guna memompa kesehatan tulang serta giginya untuk stabil dan terhindar dari penyakit. Tak hanya itu, kalsium berfungsi aktif menjaga saraf, otot dan jantung guna berfungsi dengan baik. Tujuan meminum susu adalah guna membantu proses pertumbuhan yang optimal, susu adalah pelengkap nutrisi yang sangat dibutuhkan bagi anak. Namun pemberian susu sebaiknya disesuaikan dengan anak. Berikut ini takaran bakunya: 

480 ml atau 2 gelas untuk anak usia 2 -3 tahun. 

600 ml atau sekitar 2-3 gelas anak usia 4-8 tahun. 

720 ml atau sekitar 3 gelas untuk anak usia 9 tahun ke atas.

Meminumnya sesuai aturan, diungkapkan para pakar kesehatan akan membantu bunda dalam mengontrol berat badan anak. Akan tetapi, selain nutrisi dari susu yang diberikan itu sendiri makanan yang seimbang juga akan membantu pertumbuhan anak. 

Manfaat Dari Susu Kaya Protein Bagi Anak-Anak 

Dalam masa pertumbuhan, anak wajib diberikan asupan makanan ditambah dengan gizi seimbang, seperti menu dalam piramida gizi. Melengkapinya dengan pemberian susu juga disarankan oleh para ahli, dengan maksud menambah asupan nutrisi bagi anak-anak yang dalam fase pertumbuhan. Menyadari manfaat dari susu akan membantu bunda memilih susu yang terbaik, serta menghindari si kecil dari alergi karena susu-susu tertentu yang bunda berikan. Apa kebaikan yang ditawarkan susu? Berikut ini beberapa diantaranya: 

Agar Anak Tumbuh Dengan Sehat Dalam susu balita, secara pasti terdapat komponen-komponen penting yang mampu mendukung tumbuh kembang anak. Diantaranya adalah prebiotic, sangat baik untuk memelihara kesehatan pencernaan anak. 

Agar Anak Tumbuh Tinggi Adapun kandungan kalsium, kandungan fosfor, kandungan magnesium dan kandungan protein mampu menjadi asupan gizi yang baik untuk anak agar anak tinggi. Tak hanya itu, minum susu sejak kecil dan dilakukan dengan rutin mampu membuat anak terhindar dari osteoporosis dini. Pencegahan ini lebih efektif dilakukan dan bisa meminimalisir kejadian tak terduga yang timbul nantinya. 

Ternyata dibalik pentingnya susu untuk tumbuh kembang si kecil, bunda juga wajib perhatian terhadap beberapa detail-detail khusus susu formula. Selain mempertimbangkan usia anak. Bunda yang memiliki buah hati dalam masa tumbuh kembang, wajib mempertimbangkan peran aktif susu